Dark
Light

Beginilah Cara Orang Indonesia Menggunakan Smartphone

1 min read
March 2, 2020

Lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan ponsel! Mungkin frasa ini yang sering didengar oleh para pengguna smartphone di Indonesia. Perangkat yang satu ini memang sudah menjadi sebuah kebutuhan utama selain sandang, pangan, dan papan. Hal tersebut dikarenakan oleh hausnya para pemilik smartphone akan informasi.

Unik? Tentu saja! Perangkat yang satu ini memang sudah mengubah kebiasaan orang dalam menjalankan kehidupannya setiap hari. Kita pun sering melihat orang memfoto makanannya sebelum menyantapnya, memposting ke sosial media walau ada teman didekatnya, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana sih sebenarnya perilaku orang Indonesia dalam menggunakan perangkat komunikasinya tersebut? Jakpat saat ini sudah melakukan riset mengenai perilaku pengguna perangkat smartphone di Indonesia.

Ternyata, dalam kesehariannya, pemakaian smartphone cukup berbeda antara mereka yang berjenis kelamin pria mau pun wanita. Ternyata, laki-laki cenderung menggunakan smartphone untuk bermain game. Sedangkan perempuan menggunakan perangkatnya untuk mengakses sosial media.

Survey Kebiasaan Smartphone 1

Aktivitas harian dalam menggunakan smartphone juga berbeda pada saat hari kerja dan akhir pekan. Yang sama adalah aplikasi-aplikasi yang selalu digunakan sehari-hari seperti instant messenger, media sosial, e-commerce, dan streaming video. Aplikasi perbankan yang biasanya digunakan pada setiap hari kerja. Namun pada akhir pekan, game, aplikasi editor foto dan video, serta streaming banyak digunakan.

Survey Kebiasaan Smartphone 2

Kebutuhan akan kecepatan internet juga cukup berbeda-beda. Dari semua responden yang ditanyakan, kebanyakan masih menggunakan mobile data untuk mengakses internet. Akses internet berbasis kartu SIM ini memang digunakan untuk semua kegiatan seperti bermain game, melakukan panggilan video dan suara, serta streaming musik dan video.

Survey Kebiasaan Smartphone 3

Seperti yang sudah dikatakan, para responden memang lebih baik ketinggalan dompetnya daripada smartphone mereka. Sebanyak lebih dari 50% mengatakan hal tersebut, baik yang berjenis kelamin pria mau pun wanita. Hal ini juga disetujui oleh semua responden di segala rentang umur.

Survey Kebiasaan Smartphone 4

Terakhir, apa yang dilakukan oleh orang-orang pada saat pertama kali bangun tidur? Lagu “Bangun tidur ku terus mandi” mungkin saat ini sudah tidak lagi relevan. Hal tersebut harus diubah menjadi “Bangun tidur ku terus lihat smartphone“. Hal tersebut dilakukan oleh 39% responden.

Survey Kebiasaan Smartphone 5

Nah, dengan mengetahui perilaku penggunaan smartphone, apakah Anda sama seperti para responden di atas? Jika iya, tenang saja, Anda tidak sendirian.

Sumber: Jakpat Blog

Dimas Galih W.

Tempat bertanya segala macam spesifikasi teknis, suka banget GCam, review gadget dan PC adalah koentji. Hampir 95% foto yang saya terbitkan menggunakan GCam.

Previous Story

Siapa yang Diuntungkan dengan Model Game as a Service?

OY! Indonesia Remitansi
Next Story

Perkaya Fitur, OY! Indonesia Luncurkan Layanan Remitansi

Latest from Blog

Don't Miss

WhatsApp Kembangkan Fitur AI untuk Membuat Avatar

Rencana Meta dalam mengintegrasikan AI generatif ke dalam berbagai produknya
Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai