Dark
Light

Cara Menghindari Situs yang Terserang Virus Heartbleed di Chrome dengan Ekstensi Trend Micro

1 min read
May 6, 2014

Virus Heartbleed sempat menjadi perbincangan di berbagai medi,  bahkan hingga kini serangannya masih dikhawatirkan. Tak heran jika sejumlah perusahaan keamanan khususnya di ranah dunia maya ramai-ramai merilis alat bantu pencegahan. Salah satunya adalah Trend Micro yang meluncurkan ekstensi untuk Chrome dan aplikasi untuk perangkat Android.

Di artikel ini kita akan coba menggunakan ekstensi Chrome yang ditawarkan oleh Trend Micro, serta mengetahui bagaimana cara kerja ekstensi tersebut.

Tapi sebelum masuk ke tutorial, sedikit saya ulas apa itu Heartbleed. Sejatinya Heartbleed itu bukan virus melainkan lubang keamanan di ekstensi OpenSSL yang bernama Heartbeat. Melalui celah inilah hacker dapat membaca data di dalam server yang diproteksi oleh OpenSSL. Akibatnya hacker dapat mencuri data-data penting pengguna di dalam database di mana biasanya berupa kata pengguna, kata sandi dan sebagainya.

 

Info Menarik: BlackBerry Z3 – Jakarta Edition Akan Diluncurkan di Jakarta Tanggal 13 Mei 2014

 

  • Sebelum dapat menggunakan tool dari Trend Micro Anda harus memasang ekstensi ke Chrome Anda. Klik tautan ini dan langsung klik tombol (+) Free untuk mengunduh dan meng-instal ekstensi.

heatbleed_1

  • Ketika muncul jendela popup meminta konfirmasi, klik tombol Add.

heatbleed_2

  • Tunggu proses instalasi dan jika sudah selesai Anda akan menerima pesan seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya buka tab baru.

heatbleed_3

Info Menarik: Microsoft Kirim Undangan Event Dengan Embel-embel ‘Small’, Mungkinkah Rilis Surface Mini?

  • Temukan ikon kubus berlabel Apps dengan kombinasi warna cerah di sudut kiri atas peramban Chrome Anda, atau temukan di layar desktop karena tool juga akan membuat sebuah shortcut terpisah untuk Anda.

  heatbleed_4

  • Jika Anda klik ikon tersebut Anda akan dihantarkan ke halaman seperti ini, klik saja menu ekstensi Trend Micro heartbleed.

heatbleed_5

Info Menarik: [Rumor] Seperti Inikah Perbandingan Model iPhone 6 dengan 5S dan 4S?

  • Setelah itu akan muncul jendela popup baru di peramban Anda, di jendela ini Anda dapat memasukkan alamat web yang sekiranya Anda aktif menggunakannya, baik untuk berbelanja atau bercengkrama dengan teman. Contoh paling mudah adalah situs Facebook, masukkan alamat web kemudian klik tombol Check Now. Jika aman maka akan muncul pesan berlatar hijau muda You are safe to visit this website, jika tidak aman maka akan ada pesan dengan latar merah dengan tanda silang besar.

heatbleed_6

Dengan tool ini, sekarang Anda tidak perlu merasa khawatir atau bisa juga untuk langkah pencegahan jika Anda kerap beraktivitas di dunia maya, baik di jejaring sosial atau berbelanja online. Tidak ada salahnya kan sedia payung sebelum hujan, jika ternyata situs yang biasa Anda kunjungi tidak lolos pemeriksaan, maka Anda dapat melakukan tindakan lanjutan misalnya merubah kata sandi.

Sumber gambar header Mashable.

Previous Story

Baca Sekaligus Menghafal Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an Langsung di Smartphone Dengan Quranesia

Next Story

N20 dan N20p Adalah Chromebook Baru Besutan Lenovo

Latest from Blog

Don't Miss

Chrome Nvidia 4K upscaling

Google Chrome Terbaru Dukung Upscaling 4K dari NVIDIA

Salah satu teknologi yang dielu-elukan dalam industri video game terutama

[Panduan Pemula] Cara Convert Dokumen Word ke PDF Langsung dari Microsoft Word 2007

Di artikel cara convert dokumen word ke PDF sebelumnya (ini