30 October 2019

by Bambang Winarso

Cara Menerjemahkan Teks atau Pesan Secara Real-time di Aplikasi Keyboard SwiftKey

Percakapan dua orang dengan bahasa yang berbeda kini bisa terjadi tanpa kendala

Apa yang akan Anda lakukan saat diminta untuk bekerjasama dengan rekanan yang berbahasa asing, sementara kemampuan bahasa asing Anda tak terlalu bagus? Bagaimana cara Anda berkomunikasi, misalnya ketika harus menggunakan aplikasi pesan singkat atau email?

Google Translate, oke. Pilihan yang bagus tapi tentu Anda akan repot jika harus beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Bing Translate? Sama saja, Anda juga akan kerepotan.

Untungnya saya punya solusi yang tepat untuk Anda. Yaitu dengan menggunakan aplikasi keyboard SwiftKey.

Mengapa?

Karena di SwiftKey, sekarang sudah ada fitur terjemahan secara langsung tanpa harus repot menyalin teks kemudian membuka Google Translate atau Bing Translate kemudian kembali lagi ke aplikasi pesan untuk mengirimkan hasil terjemahannya.

  • Jika Anda belum punya aplikasinya, download dulu dari Play Store.
  • Setelah terinstal, sekarang buka aplikasi pesan yang Anda pergunakan untuk berkomunikasi dalam bahasa asing.
  • Kemudian setelah aplikasi keyboard muncul, tap ikon translate seperti ini.

  • Maka akan muncul dua bilah bahasa, di mana bagian kiri adalah bahasa asal dan sebelah kanan adalah bahasa yang dipilih untuk hasil akhir terjemahan.

  • Tentu saja Anda bisa memilih jenis bahasa lain, tinggal tap bahasa di salah satu sisi dan pilih satu dari sekian opsi yang tersedia.

  • Sekarang saya akan mencoba menerjemahkan bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, caranya cukup posisikan kursor ke dalam keyboard dan ketikkan kalimat yang ingin Anda kirim. Secara otomatis, kalimat Anda akan diterjemahkan ke bahasa pilihan dan ditampilkan di dalam kolom aplikasi pesan.

  • Selanjutnya tinggal tap tombol Kirim.
  • Seandainya Anda ingin menggunakan bahasa yang lain, bisa juga. Saya coba menerjemahkan bahasa Indonesia ke Bahasa Afrika, hasilnya seperti ini.

Mudah dan ringkas. Dengan fitur ini, perbedaan bahasa semestinya bukan lagi kendala untuk berkomunikasi.

Gambar header Techcrunch.