2 June 2016

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Bagaimana Cara Membuat Backup di Windows 7?

Backup mempunyai banyak kegunaan, yang paling utama ia menjadi cadangan ketika komputer bermasalah

Halo, kolom mingguan Ask the Expert kembali lagi dengan ulasan seputar cara membuat backup di komputer berbasis Windows 7. Pertanyaan ini diajukan oleh Cindy di Tangerang yang mengalami kesulitan melakukannya.

Pertanyaan

Halo min, tolong dong kasih tutorial cara membackup komputer. Komputer saya menggunakan OS Windows 7 dan banyak data di dalamnya. Khawatir juga kalau terjadi sesuatu nantinya. Terima kasih

Cindy

Jawaban

Terima kasih Cindy atas pertanyaannya. Anda benar sekali, backup memang sangat penting. Terutama jika komputer yang Anda gunakan menyimpan data yang jumlahnya sangat besar dan penting. Sebagai sebuah perangkat yang dipakai setiap hari, kerusakan bukanlah sesuatu yang mustahil. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Langkah pertama buka Control Panel dan klik System and Security - Back up your computer.

Jalankan control panel di komputer Anda

  • Apabila panel backup Anda terlihat seperti ini, tandanya backup pernah berjalan tetapi gagal. Maka, klik tombol Options. Jika tidak ada tombol options, Anda bisa langsung mengklik tombol Backup Nowdan silahkan lompat ke gambar nomor 3.

Panel jendela backup terdepan

  • Berikutnya silahkan pilih disk untuk menyimpan hasil backup. Opsi ini bisa juga menggunakan hard disk eksternal atau flash disk dengan catatan kapasitasnya mencukupi.

Pilih hard disk atau jika ada gunakan hard disk eksternal

  • Pilih opsi pertama kemudian klik tombol Next.

  • Terakhir langsung saja klik Save settings dan run Backup.

Langkah selanjutnya Anda hanya harus menunggu proses backup yang memakan waktu cukup lama.

Sumber gambar headerĀ cmsdistribution.