Google Forms kerap jadi pilihan yang murah dan mudah ketika seseorang membutuhkan tools untuk mengumpulkan data dari banyak orang entah itu untuk keperluan acara atau penelitian. Sayangnya, Google Forms tidak secara default menyediakan tool untuk membatasi jumlah pendaftar atau audiens, sehingga perlu sedikit trik agar sistem secara otomatis menolak pendaftar yang sudah melampaui kuota.
Caranya tidak terlalu sulit, kita hanya butuh sedikit bantuan dari addon atau pengaya.
- Login ke Google Forms seperti biasa kemudian login ke akun Anda dan buat atau buka salah satu form yang sudah pernah dibuat.
- Selanjutnya klik tiga titik vertikal di kanan atas, dan klik menu pengaya atau addons.
- Ketika muncul jendela popup baru berisikan berbagai pilihan pengaya, ketikkan di kolom pencarian “limit form” kemudian enter.
- Ketika muncul hasil pencarian, temukan formLimiter lalu klik tombol Gratis.
- Setelah berhasil terpasang, addon akan meminta Anda untuk login ke email yang digunakan, lalu berikan izin dengan mengklik tombol Izinkan.
- Maka selanjutnya akan muncul sebuah panel sebelah kanan dengan label FORMLIMITER, seperti terlihat di screenshot ini.
- Di panel ini, Anda bisa mengatur batasan yang diinginkan, yang pertama misalnya membatasi jumlah pendaftar yang masuk. Maka, pilih Limit Type-nya Number of form responses. Kemudian di bagian When responses are greater than, isikan dengan batas maksimal peserta, misalnya 50 atau 100. Artinya, jika angka ini tercapai maka form akan secara otomatis menolak pendaftar baru.
- Sebuah pesan akan ditampilkan di layar, dan beri tanda centang jika Anda ingin diberitahu saat batasan ini tercapai.
- Selain membatasi jumlah pendaftar, Anda juga bisa membatasi formulir dengan acuan tanggal dan jam.
- Pilih Limit Type-nya: date and time, kemudian tentukan tanggal dan waktu batas pengisian formulir. Lainnya sama, isikan pesan bahwa formulir sudah ditutup dan beri tanda centang untuk notifikasi kepada diri Anda bahwa formulir sudah ditutup.
- Terakhir klik tombol Save and enable.
Addon ini sangat membantu Anda untuk mencegah kesalah-pahaman di kalangan peserta dengan asumsi peminat event Anda banyak sementara kuota terbatas. Dengan adanya batasan yang jelas, audiens akan lebih mengerti ketimbang form tetap dibuka tetapi ditolak saat hari H.
Semoga membantu, silahkan dipraktikkan sendiri.
Sumber gambar header Kissflow.