21 July 2022

by Daniel Hamiaz

Simak Cara Kepoin Siapa Saja yang Melihat Profil TikTok Anda

Berbeda dengan media sosial lain, seperti FaceBook, Twitter, Instagram, dlsb, TikTok memiliki fitur yang memampukan pengguna untuk memeriksa, siapa saja yang telah melihat akun Anda.

Apakah Anda penasaran bagaimana cara mengetahui siapa saja yang melihat profil TikTok Anda? Inilah caranya.

TikTok merupakan salah satu media sosial yang sangat digandrungi baik dari usia muda hingga dewasa. Platform dengan media utama video ini, memberikan setiap orang sarana untuk menuangkan ide mereka dalam bentuk video pendek.

Walaupun sudah dipakai dari berbagai kalangan, TikTok ternyata memiliki sebuah fitur rahasia, yaitu pengguna dapat melihat siapa saja yang telah melihat akun pengguna. Fitur ini disebut View Profile History. Berbeda dengan media sosial lain yang cenderung merahasiakan hal ini, TikTok malah menyediakan sarana bagi mereka yang "kepo".

Sebelum masuk ke cara membuka tersebut, ada beberapa syarat yang perlu diperiksa, jika fitur ini tidak tersedia di akun Anda:

  • Berusia 16 tahun atau lebih.
  • Memiliki Follower di bawah 5 ribu.
  • Profile View History hanya bisa dilihat dalam jangka 30 hari terakhir.
  • Telah membuka opsi Profile View History.
  • Akun tidak berstatus "Private".

Jika persyaratan di atas terpenuhi, maka opsi Profile View History bisa digunakan. Yang bisa melihat History ini hanyalah pengguna akun itu sendiri, jadi privasi Anda tetap terjaga.

Perlu diperhatikan juga, bahwa TikTok juga tidak akan menampilkan semua akun yang telah melihat Profile Anda. Hanya akun yang sudah membuka Profile View History-lah yang akan ditampilkan di akun Anda. Sebaliknya, akun Anda juga akan terlihat, jika Anda sedang melihat akun yang telah mengaktifkan fitur tersebut.

Ada 3 metode untuk mengaktifkan fitur Profile View History, yaitu:

Dari Privacy Setting

  1. Buka Setting dan Privacy, lalu pilih Privacy.

  1. Di bagian Safety, buka Profile Views. dan nyalakan Profile View History.

Dari Halaman Profile View

  1. Buka ikon "mata" di sebelah tombol menu di dalam Profile.

  1. Lalu nyalakan fitur dengan menekan tombol "Turn on" di bawah.

Dari Inbox

  1. Dalam menu Inbox, terdapat tulisan "Profile Views" di bagian Activities. Pilih tulisan tersebut.

  1. Setelah itu, Anda akan dipindahkan ke menu Profile View History, lalu tekan "Turn On" di bagian bawah.

Itulah tadi 3 cara untuk menyalakan fitur Profile View History. Lalu, bagaimana cara mengetahui hasil dari fitur ini? Anda bisa memeriksanya di ikon "mata" di sebelah menu. Dari situ, bisa Anda periksa, siapa saja yang telah melihat-lihat akun Anda.

Selain memeriksa manual, akan muncul juga notifikasi yang akan memberitahu Anda, jika ada orang yang telah membuka akun Anda.

Cara mematikan Profile View History

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini, tombol untuk mematikannya berada di menu yang sama saat menyalakannya. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sama di atas. Secara default, fitur ini akan dimatikan di akun masing-masing TikTokers.

Itulah tadi cara mengaktifkan fitur Profile View History untuk melihat siapa saja yang melihat profil Anda di TikTok. Semoga bermanfaat.

--

Oh iya, dengan kian populernya influencer di berbagai media sosial, termasuk TikTok, apakah regulasi terkait influencer sekarang diperlukan? Kami pernah menuliskan analisa dan pembahasan lengkapnya beberapa waktu lalu.