Dark
Light

Cara Jitu Kelola Pelanggan Lewat Customer Relationship Management

by
1 min read
November 17, 2021
Apa Itu Customer Relationship Management dan Manfaatnya

Pelanggan merupakan salah satu kunci dari kesuksesan bisnis. Untuk menjaga keloyalan mereka, perusahaan harus bisa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Perusahaan dituntut dapat mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan mereka. Pengelolaan hubungan ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan. Tapi, apa itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management (CRM) merupakan langkah yang dilakukan oleh perusahan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan, meningkatkan pendapatan dan keuntungan, serta mengurangi pengeluaran. Strategi ini tidak hanya dilakukan untuk kepuasan pelanggan semata, namun untuk meningkatkan bisnis perusahaan. CRM dapat mengurangi biaya produksi serta bisa mendapatkan pendapatan secara optimal.

Selain itu, CRM juga memiliki manfaat lain seperti, mendorong loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan informasi pelanggan mulai dari call center, website, hingga staf pemasaran, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional kerja karena mempu memberikan kemudahan dalam penawaran produk, yakni dengan memaksimalkan penggunaan berbagai macam channel yang ada.

Salah satu cara bentuk dari CRM yaitu menggunakan email marketing. Penggunaan email marketing ini bisa menjadi sebuah campaign sehingga marketer dapat menjangkau audiens lebih jauh dengan menitik beratkan pada kedekatan secara personal. Cara ini dapat dilakukan untuk menggaet audiens yang belum melakukan pembelian menjadi pembeli, dan pembeli bisa menjadi pelanggan. Penggunaan email marketing terbilang cukup efektif, sebab hampir 90 persen pelaku bisnis menggunakan email marketing untuk peningkatan penjualan. Return of Investment (ROI) juga bisa dicapai dengan maksimal.

Untuk bisnis B2B, email marketing terbilang efektif untuk digunakan dan terbukti dapat meningkatkan penjualan dibandingkan channel lainnya. Sebesar 87% B2B marketer menggunakan email marketing untuk men-generate leads baru, sementara 31% dari B2B marketer menyatakan bahwa email marketing adalah channel yang memberikan dampak terbesar pada peningkatan revenue.

Itulah penjelasan dari pertanyaan “Apa itu Customer Relationship Management?”. Penggunaan CRM dapat mengelola hubungan customer terasa menjadi lebih mudah dan dapat mewujudkan sistem manajemen yang dapat mengelola, serta melayani setiap kebutuhan customer yang terkait dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Previous Story

Logitech Luncurkan G303 Shroud Edition, Digarap Langsung Bersama Sang Streamer

Balmuda Phone
Next Story

Balmuda Phone Adalah Smartphone Android Berlayar 4,9 Inci, Lebih Kecil dari iPhone 13 mini

Latest from Blog

Don't Miss

5 Rekomendasi Tools Email Marketing Automation

5 Rekomendasi Tools Email Marketing Automation

Beberapa perusahaan di Indonesia, masih banyak yang menggunakan cara marketing
Email Terus Eksis Sebagai Kanal Komunikasi dengan Pelanggan

Email Terus Eksis Sebagai Kanal Komunikasi dengan Pelanggan

Digital marketing telah mengalami perubahan dramatis selama beberapa tahun terakhir,