Dark
Light

Cantik dan Pintar, Payung Oombrella ‘Sulit Anda Lupakan’

1 min read
March 22, 2016

Bagi penduduk negara tropis, harus berhadapan dengan hujan adalah hal yang lumrah. Untuk menghidari basah, biasanya kita memakai payung. Sejarah mencatat, payung sudah digunakan manusia sejak ribuan tahun silam. Dan dengan menanamkan teknologi modern ke desain tradisional ini, tim bernama Wezzoo mencoba mengubah hujan jadi hal menyenangkan.

Untuk merealisasikan visi tersebut, developer asal kota Paris itu memperkenalkan Oombrella, payung pintar dengan wujud cantik yang ‘sulit dilupakan’. Wezzoo merancangnya sebagai solusi atas masalah umum terkait payung: seringkali lupa dibawa saat diperlukan. Selain melindungi pengguna dari terpaan air (serta terjangan sinar matahari), Oombrella akan mengingatkan kita kapan hujan turun.

Oombrella 03

Oombrella memanfaatkan data cuaca dan dapat membaca lokasi. Informasi serta notifikasi tersuguh up-to-date. Selain itu, ia akan melacak segala aktivitas kita dan mengingat keadaan udara dalam perjalanan Anda berkat rangkaian sensor yang ditanamkan ke bagian gagangnya. Ia bisa mendeteksi temperatur, tekanan udara, kelembaban dan cahaya. Data-data tersebut dirangkum dan dijadikan notifikasi, misalnya berbunyi, “Jangan lupa bawa saya. Akan hujan dalam 15 menit lagi.”

Oombrella dipersenjatai platform buatan Wezzoo sendiri, sebuah layanan jejaring sosial berbasis informasi cuaca. Dengan app, pengguna dapat saling berbagi data keadaan udara di tempat mereka. Servis ini diintegrasikan ke dalam Oombrella dan disajikan secara seamless. Tiap unit payung pintar otomatis mengumpulkan data, lalu menyesuaikan dan men-sharing-nya ke seisi komunitas sehingga jadi lebih akurat.

Pernahkah Anda lupa dan meninggalkan payung di tempat-tempat umum, misalnya halte atau restoran? Sistem Oombrella turut memastikan tidak ada lagi insiden seperti ini.

Oombrella 01

Penampilan Oombrella sangat menarik. Kanopi terbuat dari material mengilap; selain kuat, ia juga mampu meredam suara air hujan. Bagian ini dirancang agar tahan tiupan angin dan mampu memproteksi Anda dari sinar ultraviolet. Wezzoo menyediakan tiga pilihan kanopi, yaitu White Edition, Black Edition, dan Shiny Edition – yang memberikan efek pelangi di bahan transparan.

Untuk memperkuat struktur, jari-jari dibuat dari bahan Kevlar, memastikan Oombrella sanggup menahan angin kencang dan badai. Buat gagang, Wezzoo mengusung plastik anti-air; demi melindungi kapsul berisi komponen elektronik seperti sensor dan buzzer. Ada dua opsi ukuran Oombrella: ‘klasik’ sepanjang 95cm, dan payung lipat mungil berukuran 25cm.

Oombrella dapat Anda pesan di platform crowdfunding Kickstarter. First Edition-nya ditawarkan seharga € 60 atau kisaran US$ 68. Pengiriman pada backer akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 nanti.

Previous Story

Cuuveed Sajikan Layanan Pembuatan CV Online dan Offline

Next Story

iPad Pro 9,7 Inci, Kecil Tapi Tetap Bertenaga

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

AI banyak dipakai dalam pembuatan game Firmament

AI Banyak Dipakai dalam Pembuatan Game Ini, Sejumlah Pemainnya Kecewa

Penggunaan generative AI di industri video game terus menuai kontroversi.

Snack Video Punya 43 Juta Pengguna di Indonesia, Siap Ungguli para Pesaingnya

Siapa yang saat ini tidak mengakses aplikasi berbasis video pendek?