Gadget News
for SEO
Gadget News

Canon R5 C Resmi Hadir di Indonesia Bersama dengan Lensa Untuk Bikin Konten Virtual Reality

13 May 2022Wiku Baskoro

Canon R5 C adalah kamera hybrid yang hadirkan fitur premium untuk pengambilan video dan foto

Canon resmi menghadirkan kamera mirorless full-frame EOS R5 C. Lewat distributor tunggal Datascrip, kamera hybrid ini sudah bisa dipesan. Selama pemesanan, ada diskon dari harga normal serta berbagai bonus untuk pembeli. 

Canon R5 C disebut sebagai kamera hybrid, yang membawa sistem EOS Cinema dan teknologi EOS R5. Kamera ini menyasar mereka yang mencari kamera berkualitas untuk video namun tetap bisa memberikan hasil foto maksimal. 

Untuk resolusi sendiri, EOS R5 C bisa merekam kualitas 8K untuk video (8K/60p RAW) dan bisa memfoto dengan resolusi 45 megapiksel. Bisa merekam slow motion sampai dengan 4K/120fps. 

Canon EOS R5 C

Beberapa fitur unggulan lainnya dari kamera Canon EOS R5 C ini berikut saya rangkum dalam daftar singkat berikut ini:

  • memiliki sensor 8K CMOS full-frame 45 megapiksel
  • Slot kartu ganda yang memungkinkan penggabungan CF-Express Tipe B dan SD UHS II
  • Perekaman internal 8K/60P RAW
  • 4K/120P dalam 4:2:2, resolusi 10-bit, C-log 3, dukungan HDR dengan format HLG dan PQ
  • Kipas interbal untuk rekam video nonstop
  • HybridX podcast
  • Prosesor gambar DIGIC X berkecepatan tinggi dan high speed continuous shooting yang stabil, mode continuous still shooting dengan kecepatan 20 fps pada resolusi penuh
  • Dual Pixel CMOS AF II dan EOS iTR AF X, termasuk Eye Detection AF dan Animal Detection AF 
  • Performa low light dengan sensitivitas ISO hingga 51.200 dan rentang kecerahan fokus hingga EV-6
  • Beberapa mode AF, antara lain Dual Pixel Focus Guide 
  • LCD layar sentuh vari-angle
  • Format perekaman Cinema RAW Light (12-bit)
  • Juga format XF-AVC dan format MP4 HEVC/H.264
  • Dual system untuk tampilan antarmuka, berbeda untuk foto dan video
  • Fitur terminal Timecode
  • Bodi ringan (680g) dengan material magnesium alloy 
  • Tahan debu dan tetesan air

Canon cukup menonjolkan kata hybrid di kamera EOS R5 C ini, dengan segmentasi yang menyasar pengguna yang ingin mendapatkan hasil video kelas atas tetapi juga membutuhkan hasil potret yang juga baik. Beberapa kesan hybrid juga terasa pada fiturnya, misalnya saja dual system untuk antar muka atau dukungan spesifikasi untuk kemampuan yang mumpuni dalam kedua kegiatan, video dan foto. 

Monica Aryasetuawan – Director of Canon Business Unit PT Datascrip lewat rilis mengatakan, “EOS R5 C ini merupakan kamera hybrid yang dapat diandalkan untuk pengambilan gambar berkualitas tinggi, baik video maupun foto. Kamera ini merupakan paket lengkap yang ideal untuk berbagai alur pekerjaan, mulai dari multimedia jurnalis dan bidang lain yang memerlukan kualitas gambar yang memukau, seperti dokumentasi seremonial pernikahan, produksi video dan foto iklan, hingga pembuatan film seri.”

Diperkenalkan juga lensa untuk produksi konten VR

Selain kamera EOS R5 C, Canon lewat Datasript juga menghadirkan lensa dual fisheye yang juga sudah bisa dipesan. 

Lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye adalah lensa yang bisa digunakan untuk membuat konten VR alias Virtual Reality. Dalam rilisnya disebutkan bahwa lensa untuk kamera lensa lepas tukar ini adalah yang pertama di dunia yang dapat mengambil gambar stereoscopic 3D dengan sudut 180.

Tampilan lensa ini mount-nya seperti lensa pada umumnya namun di bagian depan terdapat dua lensa yang berguna untuk mengambil gambar 3D. Dengan dikombinasikan bersama kamera mirrorless EOS R5 atau EOS R5 C maka memungkinkan untuk perekaman 8K. 

Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye adalah bagian ekosistem baru dari Canon, yaitu ekosistem EOS Virtual Reality System (VR System). 

Ekosistem ini terdiri dari kamera Canon EOS R series (EOS R5 & R5 C), lensa RF khusus VR dan software EOS VR Utility. Dengan EOS VR System, gambar diambil hanya menggunakan satu kamera dengan satu sensor gambar CMOS.

Gambar yang ingin ditangkap nantinya akan masuk ke dua mata lensa oleh sensor CMOS dan bisa langsung mengkonversikan ke format VR standar dan mengolah lewat aplikasi  EOS VR Utility atau Adobe Premier Pro melalui software EOS VR Plug-in. 

Lensa ilengkapi  dua lensa fisheye f/2.8-F/16 dan focal length 60mm dengan pemfokusan manual, kualitas optik dari lensa ini khas seri L dari Canon. Disebutkan bahwa letak kedua lensa berdekatan untuk hasil gambar VR stereoscopic 3D ini bisa menghasilkan layout yang hampir menyerupai mata manusia.

Informasi ketersediaan dan harga

Kamera mirrorless full-frame sinema Canon EOS R5 C dijual dengan harga Rp84.580.000,- (belum termasuk PPN). Sedangkan lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye seharga Rp 39.770.000,- (belum termasuk PPN).

Untuk promosi, Datascrip mengadakan diskon dalam masa pemesanan, kamera Canon EOS R5 C akan mendapatkan diskon dan juga bonus tamabahan. Berikut informasinya.

Canon EOS R5 C

Canon EOS R5 C

 

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV