Canon Ivy Rec Adalah Kamera Super Mungil Seukuran Flash Disk

Dilengkapi karabiner yang lubangnya sekaligus merangkap peran sebagai viewfinder optik

Sebuah startup atau perusahaan baru umumnya memanfaatkan platform crowdfunding macam Indiegogo atau Kickstarter guna merealisasikan ide produknya. Namun sesekali ada pula perusahaan besar yang mengambil jalur serupa guna mengukur seberapa besar ketertarikan konsumen akan suatu produk baru yang biasanya berada di luar cakupan zona nyaman sang perusahaan.

Itulah yang hendak dilancarkan Canon dalam waktu dekat. Lewat Indiegogo, mereka memperkenalkan sebuah kamera unik bernama Ivy Rec. Unik karena bentuk dan dimensinya tidak jauh berbeda dari sebuah flash disk, dan bagian atasnya dilengkapi semacam karabiner untuk mengaitkan kamera pada beragam objek.

Sejauh ini Canon belum membeberkan detailnya secara merinci, kecuali beberapa elemen pentingnya: kamera mungil ini dibekali sensor CMOS berukuran 1/3 inci dengan sensor 13 megapixel yang mampu merekam video 1080p 60 fps. Semua itu dikemas dalam rangka yang tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Bluetooth dan Wi-Fi turut tersedia, sehingga pengguna dapat memindah hasil foto dan videonya secara wireless, atau memanfaatkan ponselnya sebagai viewfinder. Yang cukup unik, lubang karabiner di atas lensanya juga merangkap fungsi sebagai viewfinder optik. Di bagian bawahnya juga terdapat lubang tripod standar.

Di samping sebuah tombol shutter, Ivy Rec hanya mengemas satu kenop untuk menyala-matikan perangkat sekaligus mengganti mode pemotretan atau perekamannya. Sisanya mungkin baru bisa diatur lewat aplikasi pendampingnya di smartphone.

Sayangnya informasi mengenai Canon Ivy Rec baru sebatas itu. Canon bahkan belum mengungkap kapan kampanye crowdfunding-nya bakal dimulai, dan berapa kira-kira harganya. Semestinya tidak akan terlalu mahal, dan konsumen juga bisa mendapatkan potongan harga sebesar 30% apabila memesan selama masa early bird kampanyenya.

Sumber: DPReview.