Canon EOS R8 Hadir di Indonesia, Sanggup Merekam Video 4K Tanpa Crop Hingga 60fps

Canon EOS R8 juga dapat mengambil video dengan frame rate tinggi 1080p hingga 180fps dan dapat memotret beruntun hingga 40fps

Canon telah mengumumkan EOS R8 di Indonesia, kamera mirrorless profesional entry-level dengan sensor gambar CMOS full-frame 24,2MP yang paling ringan di sistem EOS R dengan bobot sekitar 461 gram. Didukung prosesor DIGIC X, EOS R8 dapat memotret cepat secara beruntun hingga 40fps pada mode electronic shutter.

Tentu saja, sejalan dengan meningkatnya penggunaan video sebagai bentuk konten visual, kemampuan perekaman video menjadi daya tarik utama dari Canon EOS R8. Ia mampu menghasilkan footage berkualitas tinggi pada resolusi 4K UHD tanpa cropping (oversampled dari 6K) hingga 60fps.

Kamera ini memiliki peredam panas yang memungkinkan merekam video 4K 30fps tanpa batasan waktu dan hingga 30 menit untuk 4K 60fps. EOS R8 juga dapat mengambil video dengan frame rate tinggi 1080p hingga 180fps untuk memperoleh efek slow motion yang lebih mulus 6x lebih lambat saat diputar ulang pada 30fps.

Selain perekaman normal 8-bit, EOS R8 menawarkan opsi perekaman video dengan rentang dinamis tinggi 4:2:2 10-bit. Lengkap dengan HDR PQ dan Canon Log 3 yang memberikan fleksibilitas untuk alur kerja pasca produk guna pengolahan warna yang lebih profesional.

Saat merekam video secara handheld, EOS R8 mengandalkan Movie Digital IS yang secara digital dapat melakukan koreksi kemiringan stabilisasi gambar 5 sumbu selama perekaman video, bahkan saat menggunakan lensa tanpa Optical IS. Saat dikombinasikan dengan lensa yang memiliki Optical IS, kedua sistem melakukan kontrol terkoordinasi untuk hasil stabilisasi gambar yang lebih baik.

Pada EOS R8, sistem Dual Pixel CMOS AF II juga sudah dibekali dengan EOS iTR AF X yang dapat mendeteksi dan melacak wajah, mata, dan tubuh pada orang dan hewan (anjing, kucing, dan burung), serta kendaraan (mobil dan sepeda motor). Termasuk mengidentifikasi subjek lain dan "mengunci" subjek menggunakan karakteristik, seperti bentuk, warna, dan kecerahan.

Pengguna EOS R8 juga bisa menikmati beberapa fitur yang biasa ditemukan pada kamera Cinema Canon, yaitu:

  • Focus Breathing Correction untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus.
  • False Colours and Zebras untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan dalam kondisi yang sulit.
  • Aspect Marker Display untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti dimensi ratio untuk kebutuhan di media sosial (1:1), (16:9), dan sebagainya.
  • UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class) untuk transmisi langsung audio dan video Full HD (plug-and-play) ke PC hanya dengan koneksi USB; ideal untuk live streaming.

Lebih lanjut, Canon EOS R8 dilengkapi dengan Multi-Function Shoe dan tampilan digital interface yang menghadirkan pengaturan digital tanpa kabel dengan aksesori yang kompatibel, seperti mikrofon eksternal.

Untuk pengoperasian, tersedia LCD layar sentuh vari-angle berukuran 3 inci dan memiliki 1,62 juta titik. Dilengkapi dengan konektivitas yang beragam, seperti port USB C, Bluetooth, dan koneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data, kontrol jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect.

Bersama EOS R8, Canon juga memperkenalkan lensa zoom RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM yang mencakup ultrawide dan telephoto standar. Lensa ini adalah salah satu lensa zoom dengan mounting RF paling ringan dengan bobot hanya sekitar 210 gram dan panjang 5,8 cm saat ditarik.

Sudah dilengkapi dengan Optical IS 4,5 stop yang dapat mencapai stabilisasi gambar hingga 7 stop melalui Coordinated Control IS apabila digunakan dengan kamera sistem EOS R yang dilengkapi dengan In-Body IS. Harga lensa ini juga terjangkau, hanya Rp5.499.000.

PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan kamera mirrorless Canon EOS R8 dengan harga Rp31.299.000 untuk body only dan Rp35.799.000 dengan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM. Setiap pembelian EOS R8 body only atau dengan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM akan mendapatkan ekstra baterai LP-E17.

Khusus pada tanggal 8 - 31 Mei 2023, PT Datascrip memberikan promo launching Canon EOS R8 dengan harga spesial yakni Rp25.999.000 untuk body only dan Rp29.999.000 dengan lensa. Menurut saya, Canon EOS R8 sangat cocok untuk para fotografer yang kerap mendapatkan pekerjaan video. Atau para kreator konten yang sedang berkembang dan ingin mengeksplorasi dalam membuat konten yang lebih berkualitas.