Masih ingat Yahoo!Answer, sebuah situs dimana user melakukan proses mengajukan pertanyaan, menjawab dan mendapat point. Kini ada satu situs lokal yang juga menyediakan sebuah forum atau aplikasi tanya jawab mirip seperti itu tapi berbasis kolaborasi.
Mautanya.com, nama yang menarik mengingat memang situs ini berisi daftar pertanyaan dan jawaban yang semua berasal dari user.
Anda bisa mengajukan pertanyaan atau menjawab bermacam-macam pertanyaan mulai dari hal berbau teknologi sampai cara memundurkan mobil. Proses penggunaan situs ini juga cukup mudah, user bisa mengajukan pertanyaan atau jawaban dengan nama anonim atau login dengan menggunakan OpenId, untuk yang login akan mendapatkan fasilitas lebih, seperti sistem poin dan beberapa kelebihan lain.
Yup, memang situs ini mirip dengan Stackoverflow, atau mirip Styleguidance, yang mengumpulkan pertanyaan seputar fashion, karena memang dibangun dari platform yang sama. Prosesnya juga mirip Wikipedia, proses kolaboratif yang menginjinkan user untuk mengubah dan memperbaiki konten dan Situs ini juga dibangun atas lisensi di bawah Creative Commons Atribution 3.0.
Selain bertanya dan menjawab, untuk lebih menarik perhatian user juga terdapat aplikasi yang dinamai Badges (Lencana) dan poin karma (jadi ingat Plurk), yang memungkinkan user yang sering berpartisipasi untuk mendapatkan fasilitas lebih, tidak sebatas hanya menjawab dan mengajukan pertanyaan saja.
Ada juga aplikasi yang di buat oleh StackExchange yang juga mirip atau sama dengan Stackoverflow, namun berbayar. Aplikasi seperti ini sebenarnya berguna untuk perusahaan yang membutuhkan proses kolaborasi khusus. Semacam forum internal untuk membuat proses branstorming ide menjadi lebih real-time dan kontinyu, serta dijalankan pada sistem yang bersandar pada internet.
Sepertinya situs Mautanya ini juga mirip Dutablogger atau Indotwit yang konten situsnya dibangun berdasarkan sebuah platform open source atau gratisan. Saya lebih prefer untuk mengunakan platform
seperti ini pada komunitas internal atau perusahaan internal, yang penggunaanya bisa ‘terawasi’ dan tujuan penggunaannya juga bisa diukur atau menggabungkannya dengan situs tertentu yang membutuhkan sebuah aplikasi untuk membangun komunitas.
Persoalan yang muncul ketika meluncurkan situs berbasis user generated konten dan menyerahkan semua konten pada user adalah permasalahan kedewasaan user. Jika Wikipedia bisa menjaga konten untuk tetap berguna dan bermanfaat, bisa jadi itu karena branding Wikipedia internasional yang sudah baik serta jumlah user yang berkolaborasi juga sudah sangat banyak. Tapi seperti yang ada di banyak situs yang berfungsi sebagai jembatan informasi, saya sih masih melihat banyak konten yang masuk golongan kurang bermutu untuk disebarkan muncul, yang membuat saya lebih memilih aplikasi non lokal, atau mencari informasi di Twitter, padahal dari konsep, banyak situs lokal sudah cukup oke, dan saya sangat ingin untuk mulai menggunakan beberapa aplikasi web lokal.
Dan persoalan seperti ini juga pasti akan menghantui Mautanya, ketika user bertambah banyak dan pertanyaan-pertanyaan aneh mulai muncul, meski sudah ada FAQ dan sudah terdapat penjelasan tentang konten apa saja yang boleh dimasukkan ke situs, tapi menjaga kedewasaan user itu adalah problem tersendiri, belum lagi masalah anonimitas user yang masih banyak terjadi.
Tapi di luar itu semua, sebenarnya situs yang menghimpun kumpulan pertanyaan lokal mulai dari yang remeh sampai yang rumit sekalipun akan sangat berguna, terutama di tengah pertumbuhan pengguna internet yang terus dan terus berkembang. Apalagi peran situs-situs berbasis user generated content terus berjaya.
Itu pendapat saya, bagaimana dengan Anda? Jangan lupa untuk share di kolom komentar.
Thanks untuk menulis tentang MauTanya.com =)
mau tanya ah
koq mirip http://stackoverflow.com?
StackOverflow itu menggunakan StackExchange, jadi ya sama. btw, mautanya ini apa pake StackExchange juga ya, kok mirip banget.
mau tanya nih dimana yach tempat nitip mobil yang murah dan aman di daerah bogor kota?
tolong ya