Dark
Light

Bukalapak Klaim Kini Miliki 17 Juta Pengguna Terdaftar dan Rangkul 1 Juta UKM

1 min read
June 24, 2016
CEO Bukalapak Achmad Zaky (tengah) usai acara ngelapak bareng media di Seribu Rasa / DailyS

Salah satu target Bukalapak ketika menginjak usia enam tahun di tahun 2016 ini adalah bisa merangkul setidaknya dua juta UKM untuk bergabung di platform mereka. Kini, Bukalapak mengklaim sudah memiliki 17 juta pengguna terdaftar dan ada hampir satu juta UKM yang bergabung di platform mereka. Lewat program nasional Penggerak Pelapak, Bukalapak juga ingin mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk mendorong UKM Indonesia ‘naik kelas’.

Pada Januari 2016 silam, Bukapalak merayakan ulang tahun mereka yang keenam. Ada dua resolusi yang diungkap oleh CEO Bukalapak Achmad Zaky ketika itu, yakni untuk bisa sejajar dengan pemain global lain dan bisa merangkul dua juta UKM Indonesia. Sedangkan dari sisi transaksi, target yang ingin dicapai saat itu adalah bisa melompat setidaknya enam kali lipat dari tahun 2015 lalu.

Kemarin (23/6), dalam acara temu media yang berlangsung di Seribu Rasa, Jakarta, Zaky mengungkapkan bahwa Bukalapak kini telah memiliki 17 juta pengguna terdaftar dengan empat sampai lima juta di antaranya adalah pengguna aktif. Di samping itu UKM yang telah dirangkul jumlahnya saat ini mencapai hampir satu juta. Ini juga tidak lepas dari salah satu program nasional yang dilancarkan oleh Bukalapak, yaitu Penggerak Pelapak.

Penggerak Pelapak adalah program yang lahir dari gagasan bahwa ‘menaikkelaskan’ UKM di era digital mutlak diperlukan untuk menopang perekonomian bangsa. Para Penggerak Pelapak sendiri terdiri dari talenta-talenta muda yang bertugas di daerah masing-masing untuk mengajak UKM ‘naik kelas’ melalui platform digital. Saat ini Bukalapak sendiri sudah memiliki Penggerak Pelapak yang tersebar di 14 kota, mulai dari Cimahi, Solo, Malang, Lampung, Palembang, Pangkal Pinang, dan Pekalongan.

Zaky mengatakan, “Gerakan ini akan membantu UKM berjualan secara nasional [melalui Bukalapak] dan diharapkan bisa meningkatkan pendapatan mereka. Peserta [Penggerak pelapak] nantinya harus mengajari pelaku UKM dalam membuat lapak online dan mengembangkan bisnisnya. […] Hingga saat ini sudah ada ratusan orang yang bergabung dan kami ingin ada ribuan orang [bergabung] yang tersebar secara nasional.”

Bukalapak juga tidak sendirian dalam menjalankan program Penggerak Pelapak ini. Menurut Zaky, ada kerja sama dan dukungan yang diberikan oleh Bekraf dan juga Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk memberikan pelatihan.

Pada April silam Bukalapak sendiri telah menjalin kerja sama dengan Bekraf untuk memaksimalkan potensi UKM melalui pendampingan pemasaran online, fasilitasi hak cipta, hingga dukungan finansial.

Application Information Will Show Up Here
Previous Story

Capai 100Km/Jam Dalam 1,5 Detik, Grimsel Cetak Rekor Sebagai Mobil Elektrik Dengan Akselerasi Tercepat

Next Story

Istilah-Istilah yang Sering Dipakai dalam Dota 2

Latest from Blog

Don't Miss

Blibli rayakan ulang tahun ke-12

Ulang Tahun ke-12, Blibli Hadirkan Program “Blibli Annive12sary”

Dengan persaingan yang semakin ketat, eksistensi sebuah e-commerce di Indonesia
Lapakgaming rebranding

Lapakgaming Umumkan Rebranding, Komitmen di Industri Top-up dan Hiburan Digital

Lapakgaming, platform top-up game dan produk digital yang berada di