31 January 2022

by Daniel Hamiaz

Build Zhongli Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Osmanthus wine tastes the same as I remember, but where are those who share the memory?" - Zhongli.

Zhongli merupakan salah satu karakter yang paling kontroversial yang pernah ada di Genshin Impact. Kehadirannya pertama kali di Genshin Impact menuai banyak protes dari komunitas dari seluruh penjuru dunia. Kemampuannya yang underwhelming, menyebabkan miHoYo memutuskan untuk memberikan berbagai buff kepadanya.

Karena hal inilah, maka Zhongli menjadi salah satu karakter favorit, yang diinginkan oleh banyak pemain Genshin Impact. Setelah setahun berlalu, mulailah muncul musuh-musuh yang dapat menembus shield. Dengan demikian, apakah Zhongli dan shield-nya yang kokoh masih relevan hingga sekarang?

&t=3s

Overview

Zhongli merupakan karakter bintang 5 berelemen Geo yang bersenjatakan polearm. Peran utama Zhongli di Genshin Impact adalah sebagai shielder. Ia didesan dengan shield yang sangat kuat, yang sangat tebal untuk ditembus. Selain shield, ia juga menyediakan berbagai kemampuan lain, yaitu Universal-Resistance Shred dan crowd-control melalui Burst-nya yang memberikan efek petrify.

Zhongli memiliki sejarah yang cukup unik dan panjang. Pertama kali dirilis pada versi 1.1, ia memulai debutnya dengan kurang maksimal. Saat itu, Zhongli hanya menawarkan shield dan kemampuan membuat musuh menjadi batu. Komunitas cukup geram, dengan performanya yang kurang memuaskan pada saat itu, mengingat predikat Zhongli sebagai Geo Archon, yang akan selalu dibandingkan langsung dengan Venti, sang Anemo Archon, yang saat itu merupakan unit terkuat.

Perlu diingat bahwa saat itu, konten di Genshin Impact masih tergolong mudah, baik di open world, maupun di Spiral Abyss, sehingga pemain tidak membutuhkan shield. Apalagi banyak juga pemain yang memaksanya sebagai main DPS, yang tentu performanya jelas lebih rendah dibandingkan karakter DPS lain saat itu.

Menuai protes keras, maka pihak pengembang memutuskan untuk memperkuat Zhongli pada versi 1.3.Belum cukup dengan hal tersebut, miHoYo memperkenalkan musuh-musuh seperti Geovishap, Primo Geovishap, dan Azdaha.

Dengan buff sedemikian rupa, dan kondisi yang sedikit memaksa pemain untuk mengenakan shield, Zhongli mulai dilirik kembali. Ditambah lagi, miHoYo menambah aspek ofensif dari shield tersebut, dengan kemampuan untuk mengurangi segala jenis resistance, selama shield tersebut ada.

sumber: Genshin Impact

Setelah memasuki Inazuma, masa kejayaan Zhongli mulai berangsur turun. MiHoYo mulai memperkenalkan musuh-musuh yang dapat melukai anggota tim walaupun saat memakai shield. Contohnya seperti Rifthound dengan corrosion-nya, Bathysmal Vishap di Enkanomiya, atau Golden Wolflord.

Walaupun demikian, Zhongli masih menjadi salah satu karakter yang patut diperhitungkan. Tidak banyak karakter di Genshin Impact yang sangat fleksibel seperti Zhongli. Ia bisa ditempatkan di berbagai komposisi tim, dan tetap memberikan performa yang baik. Walaupun mulai ada mekanik tembus shield, seperti corrosion, Zhongli masih menjaga satu hal untuk karakter aktif, yaitu shield-nya akan menahan karakter aktif untuk tidak terpental.

sumber: Genshin Impact

Di Genshin Impact, ada beberapa karakter main DPS yang memiliki damage yang tinggi, namun memiliki drawback. Sebagai contoh, karakter seperti Xiao bisa dikatakan sebagai salah satu karakter yang dapat bersinar dengan memanfaatkan shielder.

Saat Xiao sedang berada di udara dan akan melakukan Plunge Attack, posisinya akan terkunci dan akan sangat rentan terhadap serangan dan mementalkan dirinya. Belum lagi ia akan kehilangan HP saat Elemental Burst-nya aktif. Dengan adanya Zhongli, maka ia akan mencegah DPS loss.

Salah satu kelebihan Zhongli yang lain adalah kebutuhan artefaknya. Ia hanya memerlukan stat HP, yang cenderung lebih mudah didapatkan. Dengan stat tersebut, Zhongli akan meningkatkan kekuatan shield-nya, dan juga meningkatkan damage dari Elemental Burst-nya.

Artefak

Untuk Artefak, Anda bisa memakai 4 Tenacity of the Millelith. Artefak ini akan menambah shield strength dan ATK untuk satu anggota tim, melalui pilar Zhongli. Saat memakai artefak ini, Anda perlu memperhatikan penempatan pilar yang tepat, apalagi saat melawan musuh-musuh yang selalu berpindah tempat, atau boss yang dapat menghancurkan pilar Zhongli.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai 4 Noblesse Oblige, 4 Archaic Petra (saat memakai tim mono elemen non-geo/anemo), atau kombinasi antara 2 Tenacity of Millelith, 2 Noblesse Oblige, atau 2 Archaic Petra.

Main stat yang dicari:

  • Sands: HP%.
  • Goblet: HP% (untuk shield bot) atau Geo DMG Bonus%.
  • Circlet: HP% (untuk shield bot) atau Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: HP% > Crit Rate/DMG% > flat HP > ER% > ATK%.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Karena shield dan damage Zhongli dihitung berdasarkan HP yang ia miliki, maka senjata terbaik untuknya adalah Staff of Homa. Senjata ini memiliki efek pasif yang akan memberikan bonus HP dan akan menambahkan Attack Zhongli berdasarkan HP yang dimilikinya.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai antara Primordial Jade Winged-Spear, Skyward Spine, Deathmatch, atau Vortex Vanquisher. Perlu diingat bahwa efek pasif Vortex Vanquisher yang akan meningkatkan Shield Strenth, hanya akan meningkatkan Shield Strength milik Zhongli saja, dan tidak akan ditransfer ke angota tim.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa menggunakan Favonius Lance. Senjata ini memiliki efek pasif yang akan menyediakan ekstra partikel energi, untuk anggota satu tim. Jika Anda hanya membutuhkan Zhongli sebagai shield bot saja, Anda bisa menggunakan Black Tassel yang memiliki sub stat HP.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai senjata seperti Blackcliff Pole atau Prototype Starglitter.

Komposisi Tim

Sebagai shielder, Zhongli bisa ditempatkan di berbagai tim, mulai dari tim yang memanfaatkan reaksi elemental maupun yang bermain mono-element.

Sebagai Archon Geo, Zhongli akan memberikan perlindungan maksimal dan akan memfasilitasi penuh tim seperti mono Geo. Tim ini memanfaatkan kekuatan Geo Resistance dan playstyle yang simpel dan straight-forward, karena tidak mengandalkan reaksi elemental. Anda bisa memasukkan Zhongli pada tim dengan main DPS Geo seperti Arataki Itto atau Ningguang.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Xiao dan Zhongli merupakan kombinasi yang cocok. Selain shield, Zhongli juga akan menyediakan Anemo Resistance Shred, yang sangat langka di Genshin Impact. Anda bisa memakai Albedo untuk sub DPS, atau Bennett untuk meningkatkan ATK Xiao secara masif.

Duo Wangsheng Funeral Parlor ini memiliki sinergi yang kuat, baik secara lore maupun saat bertempur. Keduanya sama-sama memiliki scaling HP dan juga Staff of Homa sebagai senjata terbaik keduanya. Untuk menghasilkan damage optimal, maka Hu Tao harus bemain dengan HP di bawah 50%.

Dengan adanya Zhongli, maka pemain Hu Tao tidak perlu khawatir seberapa tipis darah Hu Tao mereka, karena akan dilindungi oleh shield tebalnya Zhongli. Hanya perlu diingat saja untuk menggunakan keduanya untuk jenis musuh yang sesuai.

Salah satu komposisi terkenal yang ada di Genshin Impact adalah Reverse Melt Ganyu. Tim dengan kombinasi antara Ganyu, Xiangling, dan Bennett ini memiliki damage yang fantastis. Ujung tombak dari tim ini adalah Charged Attack Ganyu, yang akan mereaksikan Melt, dengan menembakkannya kepada musuh yang terkena status Pyro dari Pyronado Xiangling.

Kelemahan dari tim ini adalah tim ini mengharuskan pemain untuk bermain dengan sangat dekat dengan musuh, karena jarak Pyronado Xiangling yang pendek. Saat sedang melakukan Charged Attack, Ganyu akan cenderung lebih mudah terpental, sebelum menembakkan anak panah. Dengan adanya Zhongli, maka hal tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Tips Zhongli Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Artefak Retracing Bolide memiliki efek yang akan meningkatkan Shield Strength. Namun artefak ini tidak disarankan untuk Zhongli, karena efek tersebut hanya akan berpengaruh kepada pengguna artefak tersebut saja, dan tidak akan meningkatkan Shield Strength dari karakter lain. Maka dari itulah, Tenacity of the Millelith lebih disarankan, karena dapat meningkatkan Shield Strength dan ATK anggota satu tim.

  2. Walaupun fleksibel, Zhongli tidak disarankan untuk dimainkan pada tim Freeze. Tim ini membutuhkan rotasi dan cara bermain yang tepat, mulai dari urutan pemakaian karakter hingga penggunaaan skill. Dengan memasukkan Zhongli di tim tersebut, pilarnya akan berpotensi mengacaukan musuh yang sedang membeku, dengan reaksi Crystallize-nya.

  3. Walaupun jarang, Zhongli dapat dimainkan sebagai Physical DPS maupun sebagai enabler untuk Taser Team. Kedua build tersebut cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Untuk Physical DPS, Zhongli dapat memanfaatkan senjata Crescent Pike, yang memiliki base attack tinggi, sub stat Physical DMG Bonus, dan juga efek pasif yang memiliki sinergi dengan Zhongli. Pasalnya Zhongli merupakan salah satu karakter bersenjata polearm yang dapat melakukan banyak serangan dengan satu Attack String.

Lalu Zhongli juga dapat memakai artefak seperti 4 Pale Flame, 4 Retracing Bolide, atau 4 Gladiator's Finale, yang akan mendukung build Physical tersebut. Ditambah lagi, ia memiliki built-in Physical Resistance Shred melalui shield-nya.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Zhongli tetap akan memiliki daya pikat tersendiri di Genshin Impact, baik secara desain, gameplay, maupun lore-nya. Hal tersebut dibuktikan dari tingginya popularitas dirinya di komunitas, walaupun ia termasuk karakter OG yang dirilis di awal game. 

Satu hal yang Zhongli pasti akan selalu berikan adalah pengalaman bermain yang santai, karena ia akan melindungi pemain dari berbagai jenis musuh. Ia juga akan selalu menjadi karakter pendukung yang baik, bagi setiap karakter lain yang pemain sukai.