Build Xingqiu Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Witness the power of Guhua!" - Xingqiu.

Sebagai salah satu karakter terkuat di Genshin Impact, Xingqiu merupakan karakter yang tergolong wajib untuk didapatkan dan digunakan. Bahkan karakter serbaguna ini diperlukan sejumlah karakter B5 untuk mendapatkan performa optimalnya, contohnya Hu Tao.

Untungnya pada versi 2.6, pemain akan berkesempatan mendapatkan 1 Xingqiu secara gratis setelah menyelesaikan event. Dengan demikian, sebagus apakah Xingqiu? Simak penjelasannya berikut ini.

Build Xingqiu Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Xingqiu

Elemen Hydro di Genshin Impact merupakan salah satu elemen yang paling penting karena elemen ini mampu menciptakan reaksi-reaksi yang sangat kuat. Yang menjadi permasalahan adalah minimnya jumlah karakter Hydro jika dibandingkan dengan jumlah karakter elemen lain. Ditambah lagi, hampir sebagian besar karakter Hydro merupakan karakter B5.

Dari hal ini saja, sudah dapat disimpulkan bahwa Xingqiu sudah memiliki value yang lebih tinggi dibanding karakter lain, hanya dari elemen yang ia miliki. Apalagi kemampuannya yang sangat kuat, menjadikan Xingqiu sebagai sebuah standar untuk karakter-karakter Hydro baru selanjutnya.

Elemental Skill - Guhua Sword: Fatal Rainscreen

Saat dipakai, Xingqiu akan melakukan dua kali serangan Hydro kepada musuh yang ada di depannya. Setelah itu, akan tercipta sejumlah Rain Swords, yang akan mengitari karakter aktif. Rain Swords ini memiliki beberapa efek, yaitu:

  1. Saat karakter aktif terkena damage, satu Rain Swords akan pecah, lalu jumlah damage yang diterima tersebut akan berkurang (damage reduction).
    • Melalui talenta pasifnya, Hydropathic, saat Rain Swords pecah atau saat durasinya habis, karakter aktif akan menerima heal berdasarkan sejumlah HP dari Xingiqu.
  2. Rain Swords akan memberikan ketahanan terhadap interupsi (interruption resistance).
  3. Akan memberikan status wet kepada Xingqiu saat Skill ini diaktifkan (hanya sesaat saja).
  4. Akan memberikan 4-5 partikel energi Hydro.

Pada C0, jumlah Rain Swords yang tercipta, baik dari Elemental Skill maupun Burst, berjumlah tiga buah. Damage reduction yang diberikan skill ini tidak bergantung terhadap jumlah dari Rain Swords yang sedang dimiliki. Selama pemain memiliki Rain Swords yang mengitari karakter aktif, berapapun jumlahnya, pemain akan tetap mendapatkan damage reduction yang sama.

sumber: Genshin Impact

Elemental Burst - Guhua Sword: Raincutter

Saat diaktifkan, Xingqiu akan memanggil Sword Rain di sekitarnya, yang akan melancarkan serangan Hydro, setiap kali karakter aktif melakukan Normal Attack.

Kemampuan inilah yang menjadi ujung tombak Xingqiu. Burst ini memiliki damage yang sangat tinggi, namun dengan cooldown yang cukup panjang.

Walaupun pedang-pedang yang tercipta melalui skill Xingqiu memiliki nama yang berbeda, namun kedua pedang hujan ini memiliki properti yang sama, baik dari heal, damage reduction, dan interruption resistance. Perbedaannya hanyalah saat karakter aktif menerima damage, Sword Rain tidak akan pecah, sampai durasi Burst habis.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Konstelasi

sumber: Genshin Impact

Konstelasi Penting: C2 & C6.

Secara sederhana, konstelasi Xingqiu dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Pedang yang tercipta dari Elemental Skill dan Burst akan bertambah 1. (Hal ini akan menambah jumlah heal yang akan didapatkan).

C2: Durasi Burst akan bertambah 3 detik dan resistance Hydro musuh yang terkena serangan Burst, akan berkurang sebanyak 15% selama 4 detik.

C3: Elemental Skill bertambah 3 level.

C4: Jika Xingqiu mengaktifkan Elemental Skill saat Elemental Burst-nya sedang aktif. Elemental Skill tersebut akan mendapatkan penambahan damage sebesar 50%.

C5: Elemental Burst bertambah 3 level.

C6: Setiap serangan ketiga dari pedang dari Elemental Burst, maka akan tercipta 5 pedang air. (Dari rotasi pedang 2->3->2->3->(perulangan), menjadi 2->3->5->2->3->5->(perulangan)).  Saat serangan 5 pedang air, Xingqiu akan mengisi 3 energi untuk dirinya sendiri.

Artefak

Xingqiu dapat memakai 4 Emblem of Severed Fate atau 4 Noblesse Oblige. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai antara 2 Noblesse Oblige, 2 Heart of Depth, atau 2 Gladiator's Finale.

Dengan jumlah energy cost yang tinggi, berapakah Energy Recharge yang dibutuhkan Xingqiu? Penjelasannya terletak pada bagian tips di akhir guide ini.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ER% / ATK%.
  • Goblet: Hydro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > Energy Recharge% > Elemental Mastery.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata ER dan senjata damage.

Efek dari C6 dan komposisi tim Xingqiu akan menentukan jenis senjata apa yang cocok dengan Anda. Dengan demikian, senjata yang dipakai oleh setiap pemain bisa berbeda-beda.

Pada umumnya, Sacrificial Sword merupakan senjata yang paling sering dipakai oleh Xingqiu. Senjata ini mampu mereset cooldown dari Elemental Skill, sehingga bisa menghasilkan energi partikel dua kali lipat untuk Xingqiu dan tim. Senjata ini disarankan untuk di-refine hingga R4. Sebenarnya R1 Sacrificial Sword sudah bisa digunakan, hanya saja efek pasifnya tidak akan konsisten dan cooldown-nya terlalu tinggi untuk aktif lagi di rotasi selanjutnya.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Favonius Sword, Skyward Blade, Amenoma Kageuchi dan Festering Desire. Senjata-senjata ini memiliki stat sekunder Energy Recharge atau efek pasif yang akan membantu permasalahan energi Xingqiu.

Untuk senjata damage, Anda bisa menggunakan Primordial Jade Cutter, Mistsplitter Reforged, Haran Geppaku Futsu, Aquila Favonia, The Black Sword, dan Lion's Roar. Senjata-senjata kuat ini bisa Anda pakai, jika Anda membutuhkan damage lebih, dan telah menyelesaikan permasalahan energi XIngqiu.

Senjata B5 yang telah disebutkan di atas, memiliki base Attack yang tinggi, stat sekunder yang berupa Crit Rate/DMG, serta sebagian memiliki buff pada efek pasifnya.

The Black Sword memang memiliki efek pasif yang kurang cocok dengan Xingqiu, namun stat Crit Rate yang dimilikinya masih berguna untuk Xingqiu. Lion's Roar sangatlah bagus untuk tim yang mengandalkan Vaporize atau Electro-Charged, seperti Raiden National (Rational).

Komposisi Tim

Secara mendasar, Xingqiu cocok dipakai untuk karakter-karakter yang sering menggunakan Normal Attack atau membutuhkan Hydro enabler. Contoh karakter-karakter tersebut adalah Yoimiya, Diluc, Hu Tao, atau bahkan Ayato.

Karakter-karakter yang jarang menggunakan Normal Attack, akan susah dimainkan bersama Xingqiu. Contoh karakter tersebut adalah Xiao dan Ganyu. Berikut ini merupakan contoh komposisi tim yang bisa Anda pakai.

Tim National merupakan salah satu komposisi tim yang mungkin paling terkenal di Genshin Impact. Tim ini memadukan Xiangling & Bennet sebagai mesin utamanya, lalu diisi dengan 2 karakter lain untuk mengakses reaksi Vaporize.

Karena Vaporize membutuhkan elemen Hydro, Xingqiu-lah yang biasanya dipakai, karena Xingqiu merupakan karakter B4, yang relatif lebih mudah untuk didapatkan dibandingkan karakter Hydro enabler lain seperti Childe.

Dan untuk slot terakhir, Anda bisa isi dengan karakter bebas. Salah satu variasi tim National yang memiliki damage single-target tertinggi adalah Raiden National atau Rational.

Raiden Shogun mampu menjadikan kelemahan Xiangling dan Xingqiu, yaitu  kebutuhan energi mereka, menjadi kekuatan melewati buff yang Raiden sediakan. Selain itu, Raiden juga akan menerima tambahan damage, berdasarkan energy cost yang tinggi dari anggota timnya.

Salah satu tim kuat yang dapat Anda pakai adalah tim Taser, atau lebih tepatnya Sucrose Taser. Tim ini memanfaatkan reaksi Swirl dan Electro-Charged sebagai sumber damage utama.

Jika dilihat sekilas saja, tim ini memiliki damage yang relatif rendah. Namun karena damage-nya yang memiliki jumlah instance yang banyak dalam satu waktu, damage ini akan terakumulasi dan total damage yang dihasilkan terbukti mampu bersaing dengan komposisi tim yang lain. Anda bisa mengganti Beidou dengan Yae Miko, namun dengan sedikit penyesuaian rotasi.

Untuk Tim Freeze, karakter yang paling cocok dipasangkan dengan Xingqiu adalah Ayaka. Di tim ini, Anda bisa memakai karakter Anemo dan satu lagi karakter Cryo bebas, sesuai kebutuhan Anda.

Tips Xingqiu Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Jumlah Energy Recharge yang dibutuhkan Xingqiu sangatlah bergantung pada konstelasi, senjata, dan komposisi tim yang Anda miliki. Kisaran ER yang dibutuhkan kira-kira bisa digolongkan dengan contoh kasus seperti ini:
  • 160% = Xingqiu C6, Sacrificial Sword R4 atau lebih, ada Raiden di tim.
  • 160-180% = Xingqiu C6, Sacrificial Sword di bawah R4, ada Raiden di tim.
  • 180-200% = Xingqiu C6, tidak memakai Sacrificial Sword, ada Raiden di tim.
  • >200% = Xingqiu belum C6, tidak memakai Sacrificial Sword, tidak ada Raiden.

Sebenarnya masih ada faktor lain yang menentukan kebutuhan energi Xingqiu, seperti jenis musuh yang sedang dihadapi, karena partikel energi atau Orb yang jatuh dari setiap musuhpun juga berbeda-beda. Anda harus mengetahui bagaimana situasi Xingqiu Anda, dan tentukan berapa kisaran ER yang harus dicapai.

  1. Kapan menggunakan Sands ER% dan kapan menggunakan Sands ATK%? Secara sederhana, jika Anda memiliki Xingqiu C6, disarankan untuk menggunakan Sands ATK%, dan jika belum, pakailah Sands ER%. Hal ini dikarenakan efek C6 Xingiqu, yang akan memberikan energi kepada Xingqiu secara signifikan.

  2. Selain melalui serangan Elemental Skill dan Burst, pemberian status Hydro atau Wet kepada musuh, bisa dilakukan dengan mendempetkan karakter saat Rain Sword ada. Hal ini akan sangat membantu pemain, apalagi saat sedang menghancurkan elemental shield, khususnya shield dengan elemen Pyro.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Itulah tadi ulasan mengenai kemampuan Xingqiu serta build-nya. Meng-upgrade dan memperkuat Xingqiu sudah merupakan sebuah kewajiban, apalagi jika Anda ingin memperkuat tim Anda lebih lagi, atau memperkuat karakter tertentu, dengan memasangkan Xingqiu.

Di luar pertarungan, Xingqiu juga merupakan tambahan yang bagus untuk akun pemain. Hal ini dikarenakan Xingqiu dapat memberikan refund buku talenta yang telah di-craft. Sampai versi 2.6, belum ada talenta pasif yang sama persis dengan ini. Talenta yang mendekati talenta ini adalah talenta dari Eula. Talenta ini akan membantu pemain menghemat resin, dan dapat mengalokasikannya ke hal lain.

sumber header: Genshin Impact.