18 January 2022

by Daniel Hamiaz

Build Shenhe Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Heart be pured, evil be erased, mind be purged, world be saved!" - Chongyun & Shenhe

Seiring berjalannya waktu, elemen Cryo terbukti menjadi salah satu elemen terpenting di Genshin Impact, baik dari reaksi elemen maupun karakter-karakter dengan elemen tersebut. Hal ini ditunjukkan dari popularitas komposisi tim di Genshin Impact, seperti tim Melt dan Freeze.

Dengan diperkenalkannya Shenhe sebagai karakter Cryo terbaru di Genshin Impact, seberapa baguskah dirinya di antara serangkaian karakter Cryo lain?

Overview

Shenhe adalah karakter bintang 5 berelemen Cryo dengan senjata polearm, yang dirilis pada versi 2.4. Ia merupakan karakter dengan cara kerja dan role yang sedikit berbeda dibandingkan dengan karakter yang sudah ada.

Shenhe didesain untuk meningkatkan potensi damage yang bersifat Cryo. Ia memiliki beberapa kemampuan untuk meningkatkan damage Cryo, menurunkan resistance terhadap Cryo, serta memberikan tambahan damage yang disebut Icy Quill melalui Elemental Skill-nya.

Icy Quill akan memberikan damage Cryo tambahan berdasarkan stat Attack Shenhe saat itu. Icy Quill akan bekerja, saat sebuah karakter menghasilkan damage Cryo. Icy Quill bersifat dinamis, yaitu angkanya akan disesuaikan dengan stat Shenhe setiap waktunya, dan memiliki multiplier yang besar.

Namun Icy Quill hanya dibatasi oleh beberapa serangan saja, yaitu 5 stack saat Elemental Skill ditekan, dan 7 stack saat ditahan. Walaupun terkesan sedikit, stack atau kuota tersebut akan diberikan kepada setiap karakter di tim secara independen. Dengan cooldown yang singkat dan rotasi tim yang tepat, sistem kuota pada Shenhe, dapat dimanfaatkan secara optimal.

Sumber: Genshin Impact

Secara sekilas, Shenhe dapat memberikan buff yang tinggi terhadap damage Cryo untuk 1 tim. Kemampuan tersebut biasanya dimiliki oleh karakter dengan role Support, seperti Bennet, Gorou, dlsb. Namun, sesungguhnya Shenhe merupakan karakter sub DPS, karena mampu memberikan damage off-field yang signifikan.

Damageoff-field yang dimaksud bukanlah dari Elemental Skill ataupun Burst-nya, melainkan damage yang dihasilkan melalui mekanik Icy Quill. Damage tersebut akan menempel pada masing-masing damage Cryo, saat kuota Icy Quill masih ada. Dengan kata lain, Icy Quill hanya memerlukan karakter-karakter yang dapat menghasilkan damage Cryo. Anda bisa simak penjelasan lebih lanjutnya pada video berikut:

Dengan penjabaran di atas, maka kekuatan Icy Quill tidaklah dibatasi oleh karakter berelemen Cryo saja. Contohnya adalah karakter yang memiliki Elemental Absorbtion seperti Kazuha, Venti dan Sucrose. Efek Icy Quill juga dapat bekerja dengan Elemental Skill Chongyun, yang dapat mengkonversikan serangan dari karakter bersenjata sword, claymore, dan polearm menjadi serangan Cryo.

Prioritas talenta: Elemental Skill > Elemental Burst.

Artefak

Untuk artefak, Anda bisa memakai kombinasi antara 2 Gladiator's Finale, 2 Shimenawa's Reminiscence, atau 2 Emblem of Severed Fate, tergantung dari kebutuhan stat Anda.

Selain pilihan di atas, Anda bisa memakai 4 Noblesse Oblige. Shenhe bisa memakai artefak ini, jika tidak ada karakter lain di tim yang memakainya. Anda juga bisa memakai 4 Blizzard Strayer, jika Anda memainkan Shenhe pada tim Freeze.

Shenhe menginginkan stat Attack sebanyak mungkin, namun dengan Energy Recharge sekitar 160-180%, jadi Anda bisa menentukan main stat dan substat seperti di bawah ini:

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK% atau Energy Recharge%.
  • Goblet: ATK%.
  • Circlet: ATK% atau Crit rate%.

Untuk Circlet Shenhe, Anda bisa memakai Crit Rate, jika Anda memakai senjata Favonius Lance, untuk mengakses efek pasifnya. Namun, jika Anda mampu mendapatkan Crit Rate yang cukup dari substat (sekitar 40-50% Crit Rate), maka Anda bisa memakai main stat ATK%.

Prioritas sub stat: ER% > ATK%  > Crit Rate/DMG% > flat ATK.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaik Shenhe, dipegang oleh Calamity Queller. Senjata yang dirilis bersamaan dengan Shenhe ini merupakan senjata yang didesain untuk Shenhe. Hal tersebut dapat dilihat dari base Attack yang sangat tinggi, serta efek pasif yang akan menggandakan Attack-nya dua kali lipat saat berada di off-field.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai Engulfing Lightning, Skyward Spine, dan Vortex Vanquisher. Senjata-senjata tersebut memberikan dua stat yang dibutuhkan Shenhe, yaitu ATK% dan Energy Recharge%. Selain itu, Anda juga bisa memakai Staff of Homa atau Primordial jade Winged-Spear, karena memiliki base Attack yang tinggi.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa menggunakan Favonius Lance. Senjata ini memiliki base Attack yang tinggi, sub stat Energy Recharge, dan juga efek pasif yang akan memberikan partikel energi untuk satu tim. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai senjata seperti The Catch, Lithic Spear, Prototype Starglitter, Wavebreaker's Fin, atau Deathmatch.

Komposisi Tim

Komposisi tim yang paling umum digunakan Shenhe adalah tim Freeze. Shenhe dapat meningkatkan potensi damage dari karakter DPS Cryo seperti Ayaka dan Ganyu. Anda juga bisa menduetkan Rosaria dan Shenhe, jika Anda tidak memiliki Ayaka atau Ganyu.

Untuk karakter Hydro di tim ini, Anda bisa memakai antara Kokomi, Mona atau Xingqiu, tergantung dari karakter mana yang dimiliki dan dibutuhkan. Dan untuk karakter Anemo-nya, Anda bisa memilih antara Venti, Kazuha, atau Sucrose.

Selain tim Freeze, Anda bisa memakai tim Mono Cryo. Tim ini berfokus untuk menghasilkan damage Cryo sebanyak-banyaknya, yang akan diamplifikasi oleh Shenhe. Anda bisa memakai kombinasi antara Shenhe, 2 karakter Cryo dan 1 karakter Anemo yang Anda miliki. Tim ini lebih cocok saat melawan musuh-musuh yang tidak bisa dibekukan, seperti saat melawan boss.

Selain tim yang berfokus penuh pada Cryo, Anda bisa memakai Shenhe pada tim Reverse Melt. Tim ini berfokus pada reaksi melt, yang dihasilkan oleh Burst Xiangling, Shenhe dan Rosaria, lalu Bennet akan meningkatkan stat Attack dan juga memberikan heal.

Tips Shenhe Genshin Impact

Sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Saat menggunakan Elemental Skill, disarankan untuk memakai Skill yang ditekan (press), daripada Skill yang ditahan (hold). Saat ditekan, Shenhe akan menambah damage dari Elemental Skill dan Burst satu tim, sedangkan saat ditahan, damage dari Normal Attack, Charged Attack, dan Plunge Attack akan ditingkatkan.

Selain perbedaan buff, kuota yang diberikan saat Skill ditekan memang lebih sedikit, yaitu 5 stack Icy Quill. Namun demikian, cooldown Skill saat ditekan hanyalah 10 detik saja, sedangkan saat Skill ditahan, cooldown-nya adalah 15 detik.

  1. Tips berikutnya masih berhubungan dengan tips sebelumnya. Dengan memanfaatkan cooldown Skill yang 10 detik, maka Stack Icy Quill Shenhe dapat digandakan dengan rotasi yang tepat. Pertama, awali pertempuran dengan Elemental Burst Shenhe, lalu tekan Elemental Skill-nya. Setelah itu, keluarkan semua Skill dan Burst karakter lain di satu tim. Selanjutnya, ganti karakter ke Shenhe, dan aktifkan lagi Elemental Skill-nya.

  2. Ada alasan mengapa Shenhe lebih membutuhkan Attack daripada Crit Rate, seperti kebanyakan karakter sub DPS lain. Crit Rate yang ia miliki, hanya akan meningkatkan damage serangan pribadi miliki Shenhe saja, seperti Elemental Skill dan Burst-nya, namun tidak akan berpengaruh kepada damage Icy Quill dari karakter lain. Untuk mengamplifikasi damage Icy Quill, maka Shenhe akan mengambil Crit Rate dari masing-masing karakter lain di tim, yang mengaktifkan damage Icy Quill tersebut.

Penutup

Sumber: Genshin Impact

Shenhe merupakan tambahan yang patut diapresiasi di Genshin Impact. Kehadirannya sebagai karakter sub DPS, membuka opsi komposisi tim lain. Namun, seperti yang telah dibahas sebelumnya, Shenhe merupakan karakter Cryo yang bagus, namun hanya untuk karakter Cryo saja. Hal ini menjadikan Shenhe sebagai sebuah unit yang solid dan berimbang, namun niche dan situasional.

Sebagai karakter bintang 5 limited, Shenhe memiliki ekspektasi yang tinggi. Sebelum Shenhe dirilis, miHoYo telah beberapa kali mengambil pendekatan yang berbeda, dengan merilis karakter-karakter support niche serupa, seperti Kujou Sara, Thoma, dan Gorou.

Dengan keberhasilan dan kegagalan desain karakter-karakter bintang 4 tersebut, miHoYo akhirnya memutuskan untuk pertama kalinya mengeluarkan karakter dengan kategori ini, namun kali ini karakter tersebut merupakan karakter bintang 5, yang dinamakan Shenhe.

Sumber header: Genshin Impact