Guide
for SEO
Guide

Build Hu Tao Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

4 November 2021Daniel Hamiaz

Hu Tao merupakan salah satu karakter dengan mekanik tersulit di Genshin Impact. Namun jika pemain berhasil menguasainya, maka performa yang ia berikan akan setimpal dengan effort dan investasi telah yang diberikan.

Hu Tao pertama kali dirilis pada versi 1.3 dan mendapatkan rerun pada versi 2.2, yang ditemani oleh Thoma. Semenjak perilisannya, Hu Tao menjadi salah satu karakter meta di Genshin Impact, bahkan sampai versi 2.2 saat artikel ini ditulis.

Ia mampu menghasilkan damage yang sangat tinggi dalam waktu yang singkat. Walau demikian, Hu Tao memiliki beberapa catatan, jika ingin mengakses potensi maksimalnya.

Overview

Hu Tao merupakan karakter yang sangat unik dan berbeda, baik dari cara bermain maupun build-nya. Ia dikenal sebagai salah satu DPS terkuat. Namun demikian, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat bermain Hu Tao. Jadi, kemampuan pemain berpengaruh langsung terhadap damage yang dihasilkan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat bermain Hu Tao:

1. Sumber damage utama Hu Tao berasal dari dua faktor, yaitu Charged Attack dan reaksi Vaporize. Jika tidak dapat memenuhi keduanya atau hanya salah satu saja, maka Hu Tao tidak dapat memberikan damage maksimal.

2. Sebagai karakter hypercarry, Hu Tao membutuhkan investasi yang besar, mulai dari senjata yang cocok, artefak yang bagus, serta level talenta yang tinggi. Untungnya, Hu Tao lebih memerlukan HP dibandingkan ATK, sehingga memudahkan pencarian artefak, jika dibandingkan dengan karakter lain.

sumber: Genshin Impact

3. Hu Tao sangat bergantung dengan Xingqiu, dan tidak bisa digantikan dengan karakter Hydro lain. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada Spiral Abyss, yang akan mengurangi fleksibilitas pembentukan tim. Banyak komposisi tim lain yang membutuhkan Xingqiu, seperti tim Vaporize lain, Freeze, National, Taser, dlsb.

Belum lagi, pemain diwajibkan untuk memainkan Hu Tao dengan HP di bawah 50% jika ingin mendapatkan efek talenta pasifnya, yang akan menambah damage Pyro sebesar 33%. Untungnya, Hu Tao didesain untuk mencari stat HP sebanyak-banyaknya. Jadi walaupun HP-nya rendah secara presentase, namun angka tetap bisa besar.

4. Hu Tao memiliki anti-sinergi dengan Bennet. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu kelebihan sekaligus kekurangan Hu Tao, tergantung dari perspektif yang digunakan.

Bennet dikenal sebagai salah satu karakter terbaik di Genshin Impact. Bennet akan memulihkan karakter sampai di atas 70% serta memberikan bonus ATK. Hal tersebut akan merugikan Hu Tao, yang harus bermain dengan HP rendah. Dengan demikian, Bennet dapat dimainkan di tim lain, sehingga membuka ruang untuk kombinasi tim lainnya, saat bermain di Spiral Abyss.

5. Catatan terakhir dan yang paling sulit untuk diterapkan adalah animation cancelling. Elemental Skill Hu Tao memiliki durasi selama 9 detik, dengan cooldown selama 16 detik.

Dengan durasi yang cukup singkat, pemain harus bisa menghasilkan Charged Attack sebanyak mungkin. Dengan animation cancelling, Anda bisa membuang animasi yang tidak perlu sehabis melakukan Charged Attack. Animation cancelling yang paling sering digunakan adalah jump cancelling dan dash cancelling. Untuk tutorial-nya, Anda bisa cek di segmen Tips di bawah nanti.

Artefak

Untuk Artefak terbaik Hu Tao, Anda bisa memakai 4 Crimson Witch of Flames. Artefak ini akan menambah damage Hu Tao yang seluruhnya berupa Pyro. Artefak ini juga akan meningkatkan damage reaksi yang dihasilkan oleh Hu Tao.

Selain artefak tersebut, Anda juga bisa memakai 4 Shimenawa’s Reminiscence. Namun perlu diingat, bahwa artefak ini akan menyulitkan Anda untuk memakai Burst, dikarenakan 15 energi yang harus dibayar setiap pengaktifan Elemental Skill. Sebagai catatan, Elemental Burst Hu Tao memberikan:

  • Damage area yang tinggi.
  • Heal secara instan.
  • Iframe selama beberapa detik.

Jadi, jika Anda tidak peduli dengan resiko dari artefak ini, maka Anda bisa menggunakan 4 Shimenawa’s Reminiscence.

Untuk artefak alternatifnya, Anda bisa memakai kombinasi antara 2 Crimson Witch of Flames, 2 Tenacity of the Millelith, 2 Wanderer’s Troupe, dan 2 Noblesse Oblige.

Main Stat yang dicari: HP% ; Pyro Damage Bonus% ; Crit Rate/DMG.

Sub-stat yang dicari: Crit Rate/DMG > HP% > EM > ATK%.

Senjata

Untuk bagian senjata, akan terbagi menjadi dua kategori, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Tidak dapat dipungkiri, Staff of Homa merupakan senjata terbaik Hu Tao. Senjata ini didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan Hu Tao, dan juga memaksimalkan potensi yang ia miliki.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai Primordial Jade Winged-Spear, Vortex Vangquisher, atau Deathmatch dari Battlepass. Perlu diingat bahwa senjata-senjata ini memiliki efek pasif yang akan memberikan ATK%, yang tidak terlalu dibutuhkan Hu Tao, namun stat seperti Crit rate, merupakan stat yang berharga.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa memakai Dragon’s Bane. Senjata ini merupakan senjata yang bagus buat Hu Tao, karena ia akan selalu dipasangkan dengan Xingqiu, sehingga efek pasif dari senjata ini sangat berguna. Semakin tinggi refinement yang Anda miliki, maka semakin kuat pula senjata ini. R5 Dragon’s Bane mampu melampaui sederet polearm bintang 5 alternatif yang telah disebutkan di atas.

Sebagai senjata alternatif, Anda bisa memakai Blackcliff Pole dan White Tassel. Blackcliff Pole bagus karena memiliki sub stat Crit DMG. Anda bisa memakai White Tassel, apabila Anda benar-benar tidak memiliki senjata yang telah disebutkan. White Tassel memiliki efek pasif yang cocok untuk Hu Tao, serta memiliki sub stat Crit rate.

Komposisi Tim

Seperti yang telah disebutkan di atas, Hu Tao mengandalkan reaksi Vaporize untuk performa optimalnya. Maka dari itu, Hu Tao tidak dapat dilepaskan dari Xingqiu, dan sampai versi 2.2 belum ada karakter Hydro yang dapat menggantikannya.

Untuk dua slot yang tersisa, ada beberapa variasi yang dapat digunakan, tergantung dari karakter mana yang Anda punya dan musuh yang sedang dihadapi.

Setelah rilisnya Thoma, Hu Tao memiliki komposisi tim terbaru yang lebih solid. Anda bisa memakai Thoma sebagai shielder dan karakter Anemo untuk mengurangi resistance Pyro musuh. Sebagai contoh, Anda dapat memakai Kazuha atau Sucrose. Untuk komposisi tim ini, jangan lupa untuk melakukan swirld Pyro, sebelum mengaktifkan Elemental Skill Hu Tao.

Anda bisa memakai tim klasik Hu Tao yang telah ada sejak ia dirilis, yakni dengan menggunakan Albedo dan Zhongli. Dengan dua karakter Geo ini, Anda dapat menikmati Geo Resonance yang akan meningkatkan damage serta ketahanan shield milik Zhongli. Tim ini tergolong cukup mahal, karena membutuhkan 3 karakter bintang 5 limited, termasuk Hu Tao.

Tim ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu Albedo dan Zhongli dapat memakan aura Pyro atau Hydro saat terjadi reaksi Crystallize , sehingga akan sedikit mengganggu reaksi Vaporize Hu Tao dan Xingqiu. Selain itu, tim ini akan sedikit kesusahan saat melawan musuh yang memiliki shield, seperti Abyss Mage, Herald, Lector, dan beberapa Fatui.

Jika Anda tidak memiliki karakter Anemo atau belum ter-build dengan baik, Anda bisa memasukkan karakter Cryo sebagai pengganti, seperti Kaeya, Rosaria, Ganyu, atau Diona. Dengan demikian, Anda bisa mengakses reaksi Vaproze, Freeze, dan Melt sekaligus, walaupun tidak sekonsisten tim yang terfokus pada reaksi Vaporize saja.

Atau Anda bisa memakai Fischl sebagai sub DPS yang solid dan shielder seperti Zhongli, Diona atau Thoma. Komposisi tim ini bisa memanfaatkan Vaporize, Electro-Charged, dan Overload secara bersamaan. Anda bisa memakai Beidou sebagai pengganti Fischl.

sumber: Genshin Impact

Tips

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1. Animation cancelling merupakan salah satu teknik yang perlu dikuasai saat memainkan Hu Tao. Simak cara melakukan jump cancel dan dash cancel melalui video berikut ini:

2. Animation cancelling jauh lebih mudah dilakukan di PC bila dibandingkan saat bermain di HP atau di konsol. Maka dari itu, salah satu cara yang dapat membantu pemain untuk mempermudah adalah dengan mendapatkan konstelasi pertama (C1). Dengan menghilangkan penggunaan stamina saat Charged Attack, Anda dapat dengan lebih mudah menggunakan stamina untuk melakukan dodge atau sprint.

3. Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pemain mengenai Hu Tao adalah: “Mendingan mana, C1 Hu Tao atau Homa?” Secara singkat, Staff of Homa merupakan pilihan yang perlu diprioritaskan dibandingkan dengan C1 Hu Tao.

Karena, dengan memiliki Staff of Homa, setiap damage yang dihasilkan Hu Tao sudah pasti meningkat. Berbeda dengan C1 Hu Tao, yang masih bergantung lagi dengan kemampuan pemain dan situasi pertarungan yang tidak menentu. Apalagi, Staff of Homa merupakan senjata fleksibel dan universal, yang dapat dipakai oleh karakter lain, seperti Zhongli, Xiao, Xiangling, dan Rosaria.

sumber: Genshin Impact

Penutup

Sudah terbukti Hu Tao mampu menjawab ekspektasi yang tinggi sebagai pemegang predikat Pyro DPS terkuat. Walaupun demikian, damage tingginya itu perlu dibarengi dengan cara bermain yang tepat.

Jika Anda mencari tantangan dalam memainkan sebuah unit, maka Hu Tao merupakan jawabannya. Effort lebih yang diberikan, akan terbayar dengan jumlah damage yang Hu Tao hasilkan.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV