1 December 2021

by Daniel Hamiaz

Build Eula Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Mark my words, vengeance will be mine!" - Eula Lawrence

Eula merupakan salah satu karakter unik di Genshin Impact, baik dari segi gameplay, maupun dari latar belakang ceritanya. Ia pertama kali dirilis pada versi 1.5 dan merupakan salah satu dari sekian banyak karakter yang berfokus pada damage Physical. Namun, sebesar apakah potensi yang dimiliki dirinya?

Overview

Eula merupakan karakter bintang 5, berelemen Cryo, dan bersenjata claymore. Meskipun berelemen Cryo, namun damage yang ia hasilkan bertipe Physical dan Eula merupakan satu-satunya karakter bintang 5, yang gameplay-nya didedikasikan untuk menghasilkan damage Physical yang besar. Sebagian besar damage tersebut dihasilkan melalui Elemental Burst-nya.

Elemental Burst Eula memiliki mekanik yang cukup sederhana. Cara kerja Burst ini mirip seperti bom waktu, yang akan meledak saat durasinya berakhir. Selama durasi Burst-nya berjalan, maka pemain harus mengumpulkan stack sebanyak-banyaknya, agar ledakan yang dihasilkan juga semakin besar. Stack yang didapatkan Eula berasal dari setiap Normal Attack dan Elemental Skill yang mengenai musuh.

Ledakan tersebut akan pecah di sekitar Eula berada, dan menghasilkan damage area bertipe Physical. Ledakan ini juga akan meledak, apabila pemain mengganti Eula dengan karakter lain, saat durasi Elemental Burst berlangsung. Maka dari itu, langkah pertama untuk menguasai permainan Eula, adalah dengan mengerti bagaimana gameplay Eula bekerja, terutama Elemental Burst-nya.

Kekuatan Elemental Burst-nya yang tinggi dibarengi dengan jumlah energi yang dibutuhkan Eula. Energi yang dibutuhkan untuk memakai Elemental Burst-nya berjumlah 80 energi. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan membawa satu karakter baterai Cryo.

sumber: Genshin Impact

Selain besarnya jumlah energi yang dibutuhkan Eula, kelemahan lain yang ia miliki adalah kesulitan Eula melawan musuh yang memiliki mobilitas tinggi, atau di luar jangkauan Eula. Damage setinggi apapun, akan menjadi sia-sia saat serangan tersebut tidak mengenai musuh. Selain itu, Elemental Burst yang tidak mengeluarkan Crit, juga menjadi salah satu masalah yang dimiliki Eula.

Prioritas level talenta: Elemental Burst > Normal Attack > Elemental Skill.

Artefak

Sebagai karakter Physical DPS, pilihan artefak Eula cukup sederhana. Untuk artefak terbaiknya, Anda bisa memakai 4 Pale Flame. Artefak ini dirilis bersamaan dengan Eula, memiliki efek yang sangat cocok dengan playstyle Eula, dan juga memiliki visual seperti Eula. Maka dari itu, dapat disimpulkan artefak ini memang didesain untuk Eula, untuk mendapatkan potensi maksimalnya.

Untuk artefak alternatifnya, Anda bisa memakai kombinasi antara 2 Pale Flame, 2 Bloodstained Chivalry, 2 Noblesse Oblige, atau 2 Gladiatior's Finale / 2 Shimenawa's Reminiscence.

Main Stat yang dicari: ATK% ; Physical DMG Bonus ; Crit rate/DMG.

Prioritas substat: Crit rate/DMG > ATK% > Energy Recharge > flat ATK.

Senjata

Bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaik Eula, dipegang oleh Songs of Broken Pines. Senjata ini didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan Eula. Senjata ini memiliki base ATK yang paling tinggi di antara claymore yang lain, dengan substat Physical DMG Bonus. Senjata ini juga memiliki efek pasif yang akan memberikan ATK speed, yang berfungsi memudahkan Eula dalam mengumpulkan stack.

Untuk senjata alternatifnya, Anda bisa memakai Wolf’s Gravestone, The Unforged, Skyward Pride, dan Serpent’s Spine.

Untuk mendapatkan efek maksimal dari The Unforged, Anda perlu memastikan shield Anda tetap ada, sampai akhir durasi dari Elemental Burst-nya.

Serpent Spine merupakan pilihan senjata dari Battlepass yang cocok untuk Eula, karena dapat menyeimbangkan rasio Crit Eula dan efek pasifnya yang menaikkan damage keseluruhan Eula.

Untuk senjata F2P terbaik Eula, Anda bisa memakai Luxurious Sea-Lord. Senjata gratis yang dirilis saat event Moonlight Merriment ini cocok untuk Eula, karena meningkatkan damage Burst-nya dan juga memiliki substat ATK% yang menunjang damage keseluruhan Eula, baik Normal Attack dan Skill-nya.

Untuk senjata F2P alternatifnya, Anda bisa memakai Akuoumaru, Snow-Tombed Starsilver, Prototype Archaic, Blackcliff Slasher, dan Skyrider Greatsword.

Pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai pilihan senjata di atas adalah "Lebih baik mana, Snow-Tombed Starsilver atau Prototype Archaic?" Keduanya sering dibandingkan, karena merupakan senjata crafting yang bisa didapatkan dari awal game. Maka dari itu, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, keduanya memiliki kekuatan yang setara, sehingga Anda bisa memakai salah satu dari kedua senjata tersebut yang telah Anda upgrade.

Skyrider Greatsword bisa Anda pakai, apabila Anda benar-benar tidak memiliki pilihan senjata lain, yang telah disebutkan di atas.

Komposisi Tim

Karena fokus Eula terletak pada damage Physical yang ia hasilkan, maka komposisi tim yang diperlukan, dibangun dari kombinasi Cryo dan Electro, untuk reaksi superconduct. Karena permasalahan energi yang dimilikinya, maka ia memerlukan setidaknya satu baterai Cryo. Berikut ini beberapa komposisi tim yang dianjurkan:

Karakter Electro yang paling cocok menemani Eula adalah Raiden Shogun. Raiden Shogun mampu memberikan reaksi superconduct, mengisi energi Eula, serta memberikan sedikit damageoff-field. Sebaliknya, energy cost Eula yang tinggi akan menambah Elemental Burst Raiden, menjadikan Eula dan Raiden kombinasi yang sinergis.

Selain itu, tim ini bisa memanfaatkan Cryo dan Electro Resonance. Untuk karakter Electro satunya, Anda bisa memakai antara Fischl, Beidou, atau Lisa. Sedangkan untuk baterai Cryo, Anda bisa memakai antara Diona, Rosaria, atau Kaeya.

Selain komposisi di atas, Anda bisa pula memakai 3 buah karakter Cryo dan 1 karakter Electro. Tim ini memprioritaskan konsistensi pengaktifan Burst Eula, dengan mengurangi sejumlah damage dari komposisi 2 Cryo 2 Electro. Pilihan karakter Cryo dan Electro di tim ini bisa diambil dari komposisi tim 2 Cryo dan 2 Electro sebelumnya.

Karena Eula tidak membutuhkan reaksi elemental, maka Eula juga bisa dimainkan dengan dua karakter Geo, seperti memasangkannya dengan Albedo dan Zhongli. Tim ini lebih berfokus kepada kenyamanan bermain, daripada mengeluarkan damage yang tinggi.

Tips Eula Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Cara pengumpulan stack Elemental Burst Eula adalah stack dihitung setiap kali Eula memberikan damage, baik melalui Normal Attack atau Elemental Skill-nya. Stack tersebut tidak akan terhitung, jika Eula tidak berhasil mengurangi HP musuh, seperti saat menyerang shield yang melindungi HP musuh.

Contoh dari jenis shield ini adalah shield kayu & batu Hilichurl, shield Geo Slime dan shield elemen dari Abyss Mage, Lector, maupun Herald. Serangan lain yang tidak terhitung adalah saat menyerang musuh dengan fase invulnerable (Hypostasis, Maguu Kenki, dlsb).

  1. Karena melawan musuh dengan mobilitas tinggi menyulitkan permainan Eula, maka dari itu disarankan untuk menghafalkan pola gerakan dan serangan musuh. Jika Anda mengerti bagaimana musuh bergerak, maka Anda dapat menilai, kapan Anda mengaktifkan Elemental Burst maupun menyudahi Elemental Burst-nya lebih awal. Hal ini akan lebih baik, dibandingkan dengan mengaktifkan Burst tanpa arah dan timing yang jelas.

  2. Eula memiliki tujuh serangan dalam satu attack strings, namun pada serangan keempat dan kelima, terdapat delay yang cukup lama. Untuk pengumpulan stack optimalnya, maka serangan Normal Attack-nya dilakukan sampai serangan keempat saja, lalu lakukan animation cancelling atau pakai Elemental Skill, untuk mengulangi attack string dari awal lagi.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Sebagai karakter DPS Physical, Eula mampu memberikan standar yang tinggi. Dengan investasi resource yang tinggi, ia mampu menyelesaikan tantangan yang diberikan. Walaupun demikian, ia tetap memiliki beberapa kekurangan. Maka dari itu, mengenali kekuatan dan kelemahan Eula, merupakan kunci utama dalam mengakses potensi maksimal dari Eula.