4 July 2022

by Daniel Hamiaz

Build Chongyun Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

Chongyun Genshin Impact adalah karakter unik yang bisa jadi kurang tepat penggunaannya.

Chongyun Genshin Impact merupakan salah satu karakter unik, yang memberikan Cryo Infusion kepada karakter lainnya. Tanpa penggunaan yang benar, hal ini bisa merusak sinergi dari komposisi tim seperti apapun. Lalu bagaimanakah cara bermain Chongyun yang tepat? Simak panduann Chongyun berikut ini.

Build Chongyun Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Chongyun Genshin Impact

Chongyun merupakan karakter B4 Cryo bersenjata claymore. Ia biasa digunakan sebagai karakter sub DPS atau hanya sebagai karakter yang mampu memberikan Cryo Infusion kepada karakter lain melalui Elemental Skill-nya.

Sebagai sub DPS, damage terbesarnya terdapat di Elemental Burst-nya, yang memiliki multiplier cukup tinggi. Apalagi karena Chongyun merupakan karakter Cryo, ia mampu mengakses reaksi Melt, yang makin memperbesar damage yang dihasilkan, jika digunakan dengan cara dan timing yang tepat.

Chongyun sebenarnya bisa digunakan sebagai Main DPS, namun hal tersebut sangatlah jarang ditemukan, karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling dasar adalah ia memiliki multiplier Normal Attack yang lebih rendah dibandingkan dengan karakter claymore lainnya.

Selain itu, dengan Cryo Infusionnya yang statis, Chongyun akan kesulitan melawan musuh yang selalu berpindah tempat. Dan yang terakhir adalah, walaupun sebagai karakter Cryo, tim Freeze tidak dapat ia akses. Hal ini dikarenakan pukulannya akan selalu memecahkan musuh yang beku, yang membatalkan seluruh kekuatan dari tim Freeze pada umumnya.

Jadi jika Anda tetap ingin memainkan Chongyun sebagai main DPS, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelemahan Chongyun, dan cara bermainnya dengan tepat. Walaupun sebagai main DPS Chongyun kurang diminati, namun kemampuannya sebagai sub DPS cukup bagus.

Salah satu kondisi yang membuat Chongyun bersinar adalah saat pemain menghadapi Abyss Herald Hydro. Dengan hadirnya Chongyun, ia bisa memfasilitasi karakter sword dan polearm lain, untuk memecahkan shield elemen air tersebut dengan cukup mudah.

Elemental Skill – Spirit Blade: Chonghua’s Layered Frost

Chongyun akan menghantam tanah dan menciptakan sebuah lingkaran, memberikan damage Cryo kepada musuh. Karakter aktif bersenjata sword, polearm, atau claymore yang berada dalam lingkaran ini akan mendapatkan Cryo Infusion pada Normal dan Charged Attack mereka

Saat karakter tersebut meninggalkan lingkaran tersebut, maka Cryo Infusion yang didapatkan akan hilang setelah beberapa saat.

Elemental Burst – Spirit Blade: Cloud-Parting Star

Chongyun akan memanggil sejumlah pedang es besar, yang akan menghantam musuh yang berada di hadapannya, memberikan damage Cryo. Musuh berukuran kecil akan terlempar saat terkena serangan ini.

Talenta Pasif 1: Steady Breathing

Kecepatan Normal Attack dari karakter bersenjata sword, polearm, dan claymore yang berada di dalam lingkaran Elemental Skill-nya, akan bertambah sebesar 8%.

Talenta Pasif 2: Rimechaser Blade

Saat di akhir durasi Elemental Skill, akan tercipta sebuah pedang besar yang akan menghantam tanah, dan akan memberikan damage Cryo kepada musuh. Musuh yang terkena pedang ini, akan mengalami penurunan Cryo Resistance sebesar 10%.

Talenta Pasif 3: Protracted Prayers

Saat melakukan ekspedisi di Liyue, waktu yang dikonsumsi akan berkurang sebesar 25%.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill (Optional) > Normal Attack (Main DPS).

Konstelasi

Secara sederhana, konstelasi Chongyun dapat dijelaskan seperti berikut:

Konstelasi Penting: C2 & C6.

C1: Serangan terakhir dari Normal Attack Chongyun, akan menghasilkan 3 gelombang Cryo yang akan menerjang ke depan.

C2: Cooldown dari Elemental Skill dan Elemental Burst yang diaktifkan di dalam lingkaran Elemental Skill-nya, akan dikurangi sebesar 15%.

C3: Elemental Burst bertambah 3 level.

C4: Chongyun akan mendapatkan 1 energi untuk dirinya, setiap kali ia menyerang musuh yang terkena status Cryo terlebuh dahulu.

C5: Elemental Skill bertambah 3 level.

C6: Saat 3 pedang dari Elemental Burst berhasil terhujuam ke tanah, maka Chongyun akan memanggil sebuah pedang lagi untuk dihujamkan, memberikan Cryo damage. Selain itu, Elemental Burst Chongyun akan memberikan damage yang lebih besar, saat HP Chongyun berada di atas musuh HP yang sedang dilawan.

Artifact

Sebagai sub DPS, Chongyun merupakan karakter yang tepat untuk memakai 4 Noblesse Oblige. Dengan cooldown Burst yang rendah, Chongyun mampu mengakses efek dari Artifact tersebut dengan mudah dan konsisten.

Pilihan lain yang dapat Chongyun gunakan adalah 4 Emblem of Severed Fate. Artifact ini bisa digunakan saat sudah ada pengguna 4 Noblesse Oblige di karakter lain. 4 Emblem of Severed Fate akan meningkatkan damage personal dari Chongyun.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan 2 Noblesse Oblige, 2 Gladiator's Finale, 2 Blizzard Strayer, atau 2 Wanderer's Troupe (khusus tim Melt).

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK% / Elemental Mastery (khusus tim Melt).
  • Goblet: Cryo DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit Rate/DMG%

Prioritas sub stat:  Crit Rate/DMG% > ATK% > Elemental Mastery (khusus tim Melt) > ER%.

Senjata Chongyun Genshin Impact

Untuk senjata Chongyun, Anda tinggal memakai senjata terbaik Anda yang Anda miliki. Contoh-contoh senjata tersebut adalah seperti Wolf's Gravestone, Luxurious Sea-Lord, Akuoumaru, Sacrificial Greatsword, Favonius Sword, Serpent Spine, Skyward Pride, dan lainnya.

Hindari penggunaan senjata-senjata yang memiliki substat seperti HP%, DEF%, atau Physical DMG Bonus%. Senjata seperti Snow-Tombed Starsilver merupakan contoh senjata yang sangat buruk di Chongyun, walaupun memiliki estetika dan efek pasif yang sekilas cocok untuk Chongyun.

Komposisi Tim

Salah satu komposisi tim National yang paling awal adalah tim National dengan Chongyun, Dengan menggabungkan 3 karakter asal Liyue, yaitu Xiangling Xingqiu, dan Chongyun, plus Bennet, saat itu tim ini langsung mendapatkan perhatian, karena performa yang dihasilkan mampu menyamai atau bahkan melebihi komposisi karakter B5 sekalipun.

Cryo Infusion yang disediakan oleh Chongyun, akan dipakai oleh Xiangling, karena ia memiliki ATK Speed yang paling kencang, dibandingkan dengan karakter lain di tim ini.

Tim Freeze yang beranggotakan Chongyun biasanya berisikan karakter yang bisa memanfaatkan Cryo Infusion-nya. Dengan kata lain, Ayaka yang mampu meng-infuse serangannya sendiri tanpa bantuan karakter lain, tidaklah relevan di tim ini, dan bisa mengganti Chongyun dengan karakter lain.

Contoh karakter yang bisa digunakan sebagai main DPS di tim ini adalah Kaeya atau Rosaria. Untuk karakter Hydro, Anda bisa menggunakan Xingqiu atau Yelan, dan karakter terakhir Anda bisa gunakan Shenhe untuk memaksimalkan damage Cryo di tim ini, atau karakter fleksibel seperti Kazuha atau karakter healer.

Tim Melt, atau lebih tepatnya Reverse Melt, memanfaatkan reaksi Melt yang pemicunya adalah karakter Cryo. Salah satu tim Reverse Melt yang paling sering digunakan adalah memasukkan 2 karakter Cryo dengan Xiangling dan Bennet. Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Chongyun, Rosaria/Kaeya, Xiangling dan Bennet.

Tips Chongyun Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Jangan pernah pasangkan Chongyun dengan karakter yang mengandalkan damage Physical, seperti Eula dan Razor. Hal ini bisa saja terjadi, saat Anda sedang bermain saat Co-Op, dan tanpa melihat karakter pemain lain. Kesalahan ini juga bisa saja terjadi saat membangun sebuah komposisi tim.

Selain karakter Physical, Keqing juga sebaiknya tidak dipasangkan dengan Chongyun. Hal ini dikarenakan Electro Infusion Keqing akan tertimpa oleh Cryo Infusion miliki Chongyun, saat berada di lingkaran Elemental Skill Chongyun.

  1. Saat sedang melawan Abyss Herald, khususnya saat hendak memecahkan shield Hydro-nya, Anda bisa mengkombinasikan Chongyun dengan karakter-karakter yang memiliki ATK Speed yang cepat, seperti Xiangling dan Zhongli.

Selain memanfaatkan ATK Speed karakter, Anda juga bisa secara cepat mengganti=ganti karakter yang bisa ter-infused sambil menyerang target. Teknik ini bisa menghindari internal cooldown penghitungan aplikasi Cryo, dibandingkan hanya dengan memakai 1 karakter saja.

Penutup

Chongyun dapat dikatakan sebagai karakter yang niche, ketimbang unik, karena contoh kasus yang ia hadapi, terkadang sangat spesifik untuk dapat melebihi karakter lainnya.

Walaupun demikian, Chongyun bukanlah karakter yang buruk. Ia hanyalah karakter yang membutuhkan pemahaman yang lebih mengenai cara bermain, serta musuh seperti apa yang sedang dihadapi.

Itulah tadi guide Chongyun Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.