Dark
Light

Browsing Aman di Bulan Ramadhan dengan Halalgoogling

2 mins read
August 2, 2013

Pernah mendengar istilah jebakan betmen? Istilah ini biasa digunakan oleh netter di Indonesia untuk menjuluki konten yang mengandung trik tersembunyi dan tidak sesuai dengan judul. Sobat TRL tentu tidak ingin masuk ke dalam jebakan betmen yang mengandung konten-konten ‘haram’ di bulan puasa ini bukan?

Terlebih di bulan Ramadhan ini harus menjaga pandangan, pikiran, dan perbuatan dari hal-hal yang membatalkan. Namun apa daya, terkadang tanpa sengaja kita masih saja menemukan konten jebakan betmen’ di hasil pencarian situs seperti Google.

Justru di situs mesin pencari semacam Google lebih banyak jebakan betmen yang wajib diwaspadai, karena Google tidak menanamkan fitur penyaring konten sehingga apapun yang sobat ketikkan akan muncul dalam hitungan detik tak terkecuali konten-konten ‘haram’, padahal bisa saja kata kunci yang digunakan tidak berbau frase berkategori ‘haram’ . Tapi itu kemaren sobat, hari ini sobat bisa bergembira karena sekarang sudah ada mesin pencari yang menyaring semua konten agar ‘halal’ namun tetap menampilkan hasil pencarian yang akurat bernama halalgoogling.com.

Halalgoogling didesain khusus untuk umat muslim, fitur utamanya adalah memblokir situs-situs yang mengandung konten ‘haram’ dan kata kunci ‘haram’. Saat ini web Halalgoogling masih dalam versi beta, dan TRL berkesempatan untuk mencoba dan mengenali lebih dalam apa saja fitur dan kelebihan mesin pencari ini.

Interface

Tampilan HalalGoogling hampir sama dengan Google, di bagian header terdapat beberapa menu seperti Web, Islam, Wiki, Sports, News, Shopping, Kids dan Maps. Saya tidak menemukan kategori gambar di halaman muka Halalgoogling, sementara di bagian body terdapat sebuah kotak form dengan dua buah pilihan menu di bagian atas dan bagian bawah. Di bagian atas terdapat pilihan Show All dan Only from Indonesia yang ternyata dapat diubah ke berbagai negara. Saya akan tunjukkan nanti menunya.

Sementara di bagian bawah form terdapat dua buah tombol menu yaitu Category Assistant dan Random Search. Tombol Category Assistant jika Anda klik maka akan muncul beberapa pilihan kategori seperti Dictionary, Books, Top Sites, Fun, Fashion dan Business. Masing-masing kategori nantinya akan mengelompokkan hasil pencarian sesuai dengan kategori yang Anda pilih. Menurut saya pribadi, kategori-kategori tersebut mungkin akan lebih mudah dipahami fungsinya jika diletakkan di bagian header.

Cara Kerja

Halalgoogling masih memanfaatkan hasil pencarian dari Google dan Bing, hasil pencarian tersebut dikumpulkan lalu situs-situs yang mengandung konten ‘tidak halal’ akan disingkirkan sehingga apa yang sobat temukan nantinya bersih dari konten yang dapat ‘mengotori’ ibadah puasa sobat.

Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa basis negara bisa diubah, Anda bisa temukan teks negara misalnya Indonesia di sudut kiri atas layar, klik teks tersebut dan Anda akan temukan beberapa pilihan negara. Pemilihan negara yang tepat akan meningkatkan akurasi hasil pencarian.

Sedikit nakal, tapi jangan salah sangka ya ini hanya untuk percobaan. Saya ketikkan kata kunci “Artis b*gil” dan ternyata langsung diblok, pastilah sobat TRL tahu apa alasannya.

Tapi sayang saya masih menemukan beberapa konten yang mengandung konten ‘tidak halal’ pada percobaan kedua. Di percobaan kedua ini saya menggunakan kata kunci yang sedikit bias, mungkin itu sebabnya sistem halalgoogling tidak memblokir situs tersebut apalagi jika ternyata situsnya sekelas Facebook.

Dikutip dari Kompas, pihak pengembang menyatakan bahwa situs ini masih membutuhkan pengembangan agar dapat memberikan rasa nyaman kepada seluruh umat muslim. Nah, sebagai bentuk dukungan agar Halalgoogling lebih bersih saya langsung laporkan kata kunci yang bermasalah tadi. Anda juga bisa berkontribusi, caranya klik menu Report berwarna merah yang terletak di sebelah kiri atas layar Anda  kemudian isi data yang diperlukan.

Biar tidak ketinggalan berita, situs Halalgoogling ini bisa jadi pilihan paling tepat buat sobat yang sedang berpuasa dan ingin terhindari dari jebakan betmen.

Sumber berita Kompas.

Previous Story

Undangan Untuk Mencoba BBM Android Versi Beta Beredar di Kalangan Internal BlackBerry

Next Story

Preview Wolfenstein: The New Order

Latest from Blog

Don't Miss

Neeva AI

Neeva, Search Engine Berbasis AI Bikinan Eks Google, Tutup Layanan

Membangun search engine itu bukan perkara mudah, apalagi jika harus
Google Search AI

Upgrade Google Search yang Membawa Integrasi AI Dikabarkan Meluncur Bulan Depan

Google terus berusaha mengejar ketertinggalannya dari Microsoft dalam hal mengintegrasikan