Esports Ecosystem

Babak Grup Point Blank Indonesia Qualifier, Bracket MPL Invitational Diumumkan

20 Nov 2020 | Akbar Priono
Babak grup Point Blank Indonesia Qualifier telah usai. MPL Invitational telah mengumumkan bracket pertandingannya. Berikut rekap berita esports pekan ke-3 November 2020.

Bulan November kini sudah memasuki pekan ke-3. Kali ini kita melihat beberapa berita esports menarik di kancah lokal seperti pengumuman bracket MPL Invitational dan hasil dari babak grup Point Blank Indonesia Qualifier. Maka dari itu, berikut rekap berita esports bulan November pekan ke-3 (16-20 November 2020).

Street Fighter League Japan Memasuki Pekan ke-8

Dinamika pertandingan kembali terjadi di pekan ke-8 dari Street Fighter League. Pertandingan pekan ke-8 yang berlangsung 13 November 2020 kemarin menghadirkan pertemuan antara Mago Scarlet dengan Momochi Splash, Fuudo Gaia dengan Umehara Gold, dan Nemo Aurora dengan Tokido Flame. Pertandingan antara Fuudo Gaia dengan Umehara Gold menjadi yang paling sengit. Kedua tim sama-sama tidak mau kalah sehingga menciptakan skor seri di akhir pertandingan. Sementara pada Mago Scarlet pekan ini harus rela terima kekahan 1-3 terhadap Momochi Splash. Lalu Nemo Aurora juga mengalami nasip serupa, harus terima kekalahan 0-4 terhadap Tokido Flame.

PSS Sleman Jadi Juara Indonesia Football e-League

Partai puncak Indonesia Football e-League (IFeL) telah usai dilaksanakan tanggal 15 November 2020 lalu. Setelah melalui perjuangan yang panjang, PSS Sleman yang diwakili oleh Rizky Faidan akhirnya berhasil keluar menjadi juara. Rizky Faidan sendiri harus melalui pertarungan yang sengit melawan Arena FC yang diwakili oleh Ferry Gumilang. Ferry terbilang tidak gentar walaupun ia menghadapi sosok Rizky yang notabene sudah punya pengalaman bertanding sampai ke tingkat Internasional. Ferry sempat menang satu game, walau akhirnya ia harus rela kalah 1-2 dari seri pertandingan best-of 3.

Xiaomi dan Twitch Kerja Sama Untuk Turnamen PUBG Mobile di Amerika Latin

Sumber: Esports Observer
Sumber: Esports Observer

Free Fire terbilang menjadi salah satu game yang membuat gaung Amerika Latin sebagai pasar esports yang besar terdengar semakin lantang. Walaupun begitu hal tersebut tidak membuat PUBG Mobile gentar untuk membangun ekosistem mereka sendiri di Amerika Latin. Untuk memulai inisiatif tersebut, Tencent Games pun berkolaborasi dengan Xiaomi dan Twitch untuk menyelenggarakan sebuah turnamen.

Bernama Copa America PocoX3, Esports Observer mengatakan bahwa mempromosikan perilisan Poco X4 menjadi salah satu fokus dari turnamen tersebut. Copa America Poco X3 akan menyertakan 25 tim dengan satu sosok influencer, pro player, pemain tamu, dan pemain dari penonton. Turnamen memperebutkan total hadiah mencapai US$7 ribu (sekitar Rp99 juta) dan juga Poco X3 serta Mi Band 5 sebagai hadiah.

EMERGE Esports Hadir Untuk Membibit Talenta Esports Singapura

Sumber: Esports Insider
Sumber: Esports Insider

17 November 2020 lalu, sebuah perusahaan agensi talenta esports bernama EMERGE Esports resmi diluncurkan di Singapura. Lewat peluncurannya, EMERGE Esports ingin membuat passion terhadap gaming bisa menjadi karir yang mungkin dicapai bagi anak-anak muda terutama di Singapura. Saat ini EMERGE Esports sendiri sudah memiliki beberapa sosok yang ada di naungan mereka, pemain Dota 2 Profesional Dominik “Black” Reitmeier salah satunya. Selain itu, EMERGE Esports juga sudah memiliki beberapa sponsor dan brand yang bekerja sama dengan mereka. Beberapa brand dan sponsor tersebut adalah Red Bull, Steelseries, Royale Ergonomics, Embily, StashAway, Reubiks Academy, dan Partea.

Point Blank Indonesia Qualifier Grup C dan D

Sumber: Zepetto Official
Sumber: Zepetto Official

Pekan lalu juga menjadi pertempuran para Troopers untuk turnamen Point Blank Indonesia Qualifiers. Pertandingan pekan lalu adalah pertandingan untuk grup C dan D. Pertandingan di kedua grup terbilang tidak sebegitu ketat, mengingat ada dua poros kuat di masing-masing grup. Grup C didominasi oleh M18 BARBAR GnR dengan perolehan 3 kemenangan beruntun. Grup D pun demikian, ada Royal Esports Raftel yang juga mendominasi dengan perolehan 3 kemenangan beruntun. Berkat dominasinya, maka kedua tim tersebut bergabung dengan 6 tim lainnya untuk bertanding di turnamen PBIQ 2020.

Epic Games Umumkan Fortnite Venom Cup

Sumber: Epic Games Official
Sumber: Epic Games Official

Setelah cukup sukses dengan gelaran Fortnite Daredevil Cup, kini Epic Games melanjutkan seri kompetisi lewat sajian Fortnite Venom Cup. Mirip seperti sebelumnya, turnamen tersebut menghadirkan skin Venom (sosok anti-hero di komik Marvel) sebagai salah satu hadiah. Sebagai puncak dari kompetisi tersebut, Epic Games menyiapkan sebuah kompetisi bertajuk Fortnite Super Cup yang memilik total hadiah sebesar US$ 1 juta. Fortnite Venom Cup diselenggarakan 18 November 2020 kemarin, sementara Fortnite Super Cup akan diselenggarakan Sabtu ini tanggal 21 November 2020.

AMD Luncurkan Ryzen 5000 Series dan Radeon RX 6000 Series di Indonesia

Sumber: AMD Indonesia Official
Sumber: AMD Indonesia Official

Cukup lama dinanti, AMD akhirnya luncurkan Ryzen 5000 Series dan Radeon RX 6000 Serius untuk pasar lokal. Prosesor dan kartu grafis tersebut ditunggu-tunggu karena digadang-gadang memiliki price-to performance yang lebih efisien, bahkan dengan tingkat performa yang lebih tinggi dibanding kompetitor. AMD Ryzen 5000 series sendiri sudah tersedia di beberapa retailer lokal dan dijual mulai dari harga Rp4.999.000,- untuk Ryzen 5 5600X. Sementara itu Radeon RX 6000 Series sendiri masih belum bisa dipastikan kapan akan hadir di retailer lokal. Walau demikian kartu grafis AMD tersebut sudah tersedia di retailer global dan dijual dengan harga mulai dari US$579 (sekitar Rp8,2 juta) untuk Radeon RX 6800.

Moonton Ungkap Bracket MPL Invitational

MPL Invitational telah melaksanakan Live Draft pada tanggal 19 Agustus 2020 lalu. Maka dari itu, kini terungkap sudah pembagian bracket untuk pertandingan MPL Invitational. Satu yang patut disoroti mungkin adalah terkumpulnya tim-tim papan atas MPL Indonesia ke dalam satu bagian Bracket. Bracket tersebut adalah Bracket A, yang berisikan EVOS Legends, Alter Ego, Omega Esports, dan Genflix Aerowolf. Perjuangan empat tim tersebut jadi semakin berat lagi karena sudah ada RRQ Hoshi selaku juara MPL ID Season 6 yang menunggu di babak selanjutnya. MPLI akan mulai bertanding pada tanggal 27 November 2020 mendatang.

BLAST Premier Kerja Sama dengan Saluran Televisi Nasional Inggris Raya, BBC

London, UK - July 31, 2018: The buttons of the BBC app iPlayer, surrounded by BBC News, BBC Sport, News and other apps on the screen of an iPhone.
Sumber: Ofcom

Televisi dan esports terbilang memiliki hubungan yang baik terutama selama masa pandemi ini. Salah satu bukti atas hal tersebut terlihat dari kerja sama antara BBC dengan BLAST. Dalam kerja sama ini, BBC akan menayangkan tiga pertadningan final CS:GO BLAST Premier musim 2020 pada program BBC iPlayer. BBC sudah pernah beberapa kali menayangkan esports karena pandemi banyak menunda jadwal pertandingan olahraga. Turnamen League of Legends NLC jadi salah satu contoh pertandingan esports yang pernah ditayangkan BBC sebelumnya.

EXCEL ESPORTS Ungkap Sosok Dele Alli Sebagai Ambassador

Organisasi esports asal Inggris EXCEL ESPORTS mengumumkan sosok Dele Alli sebagai brand ambassador tim mereka. Dikutip dari Esports Insider, EXCEL ESPORTS mengatakan bahwa tujuan kerja sama mereka dengan  pesepakbola Tottenham Hotspur tersebut adalah untuk menjembatani antara fans olahraga, gaming, dan esports. Dalam kerja sama ini Dele Alli terikat kontrak selama 12 bulan bersama EXCEL ESPORTS. Berbarengan dengan hal tersebut, EXCEL ESPORTS juga melakukan rebranding dan mengumumkan jargon Power of Better sebagai saran untuk menyelaraskan terhadap kolaborasi tersebut.