Esports Ecosystem

BoWL Dapatkan Hak Siar Street Fighter League Japan 2020 Untuk Penonton Indonesia

08 Oct 2020 | Akbar Priono
BoWL akan tayangkan Street Fighter League Japan 2020 dengan bahasa Indonesia, mulai tanggal 9 Oktober 2020 pukul 19:30 WIB.

Street Fighter League Pro Japan akan tayang dengan bahasa Indonesia mulai Jumat, 9 Oktober 2020 . Hal ini terjadi karena Battle of Warriors League (BoWL) baru saja mendapatkan hak siar resmi dari Capcom, untuk menayangkan Street Fighter League Japan 2020 dengan bahasa Indonesia. Mengutip rilis, tayangan SF League: Pro-JP bahasa Indonesia akan tayang pukul 19:30 WIB pada tanggal yang disebutkan di atas.

ZakyNurahman selaku PR & Social Media Specialist BoWL menjelaskan, bahwa tayangan bahasa Indonesia SF League Japan 2020 hanya akan menggunakan subtitle bahasa Indonesia untuk sementara waktu. “Untuk SFL Japan, Capcom tidak dapat memberikan cleanfeed atas turnamennya, karena sudah pre-recorded dalam bahasa Jepang. Maka dari itu, BoWL hanya akan mengganti subtitle SF League: Pro-JP menjadi bahasa Indonesia saja.

“Karena BoWL memiliki tujuan untuk dapat merangkul komunitas esports dan game seluas-luasnya, dan menyediakan entertainment berkualitas bagi penikmat game dan esports dari berbagai genre. Maka dari itu, pengambilan hak siar ini menjadi bentuk komitmen terhadap visi yang ingin kami capai tersebut.” Tulis Zaky lewat surel kepada redaksi Hybrid.co.id, memberikan komentarnya terhadap penayangan SF League Pro-JP oleh BoWL.

“Perihal komunitas SF di Indonesia, kami merasa Street Fighter sebagai salah satu game fighting dengan sejarah, dan fans yang luas, bahkan mencapai lintas generasi. Untuk itu, kami merasa merangkul komunitas game Street Fighter menjadi sesuatu hal yang perlu, dan penayangan SFL Japan menjadi langkah pertama untuk mencapai hal tersebut.” Lanjut Zaky mengomentari soal komunitas pecinta Street Fighter di Indonesia.

Sumber: BoWL Official
Sumber: BoWL Official

Nantinya, BoWL akan menayangkan SF League: Pro-JP dengan subtitle bahasa Indonesia sampai babak final, yang direncanakan akan digelar Januari 2020 mendatang. Lebih lanjut terkait rencana BoWL terhadap tayangan esports Street Fighter lainnya, Zaky Nurahman menjelaskan. “Capcom sebenarnya juga menawarkan CPT US, namun karena jadwalnya bertabrakan dengan SF League: Pro-JP, maka kami coba ambil SFL JP lebih dulu, lalu dilihat hasilnya bagaimana. Jika hasilnya memuaskan, kami berniat untuk mengambil hak siar atas SFL US, dan berusaha untuk mendapatkan clean feed atas tayangan tersebut, agar  bisa disajikan dengan menggunakan komentator lokal.”

Street Fighter League Pro Japan 2020 sudah berjalan sepanjang 2 pekan, sejak 25 September 2020 lalu. Mempertandingkan pemain-pemain Street Fighter terbaik dari Jepang dalam format 3 vs 3, terakhir kali SF League Pro-JP menyajikan pertarungan sengit antara tim dari Daigo Umehara, dan Nemo di pekan kedua. Jika Anda ingin menyaksikan keseruan SF League Japan pekan ketiga dengan bahasa Indonesia, Anda dapat mampir ke kanal YouTube resmi BoWL, yaitu @BoWLeague.