17 February 2022

by Wiku Baskoro

BOOM Esports Siap Rilis NFT Lewat Platform Yesports

Akan ada beragam utilitas yang bisa dinikmati para holder NFT dari BOOM Esports

BOOM Esports mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan merilis NFT untuk tim mereka lewat platformweb3 esports engagement bernama Yesports. Nantinya para penggemar atau penikmat NFT akan bisa membeli NFT dan mendapatkan utilitas tambahan dari BOOM Esports.

Tidak butuh lama sepertinya untuk organisasi esports di Indonesia untuk masuk ke ranah web3 atau blockchain. Dalam bulan yang sama dengan RRQ, BOOM Esports juga memutuskan untuk masuk ke ekosistem web3. Dimmumkan awal Februari kemarin inisiasi BOOM Esports ke web3 terlihat cukup jelas, yaitu dengan merilis NFT yang akan memiliki beragam utilitas tambahan bagi para pembeli.

Dikutip dari pengumuman resmi mereka, layanan atau produk yang akan dihadirkan terlihat cukup lengkap, setidaknya bagi mereka yang telah paham atau sudah join ke ekosistem NFT akan mengerti apa yang akan bisa didapatkan dari NFT BOOOM Esports ini nantinya. Anda bisa membeli NFT via platform yang dihadirkan Yesports, lalu nantinya NFT ini bisa Anda hold atau jual. NFT yang dihadirkan dalam bentuk unik dan generative atau ada pula yang benar-benar unik untuk dikoleksi. Akan ada NFT drops juga termasuk multi-asking rewards serta governance dan voting rights jika pengguna memiliki token YESP.

Dari penjelasan ini sepertinya nantinya roadmap-nya akan disediakan DAO juga untuk mereka yang memiliki token YESP. Jual beli NFT juga sepertinya akan menggunakan token YESP, jadi Anda harus membeli atau menukar crypto atau fiat yang Anda miliki dengan token YESP.

Yesports sendiri merupakan penyedia W3EP atau Web 3.0 Esports Engagement Platform, mereka menyediakan berbagai layanan yang memudahkan organisasi esports masuk ke ekosistem web3, misalnya saja desain NFT, go to market strategy sampai dengan marketplace NFT. Yesports telah bekerja sama dengan beberapa organisasi esports untuk masuk ke ekosistem web3.

NFT BOOM Esports sendiri nantinya akan berada di marketplace yang dikembangkan berdasarkan grant dari Polygon Studios. Jadi ada kemungkinan gas fee untuk memiliki NFT-nya akan termasuk murah. Salah satu NFT yang terkenal menggunakan Polygon saat minting adalah Ghozali Everyday.

Kalau Anda mengikuti akun Twitter Gary Ongko, CEO dari BOOM Esports, Anda pasti sudah tahu bahwa beliau sudah jump in ke dunia NFT. Jadi menurut saya, karena ia sudah punya pengalaman dengan dunia NFT, bisa diprediksi NFT dari BOOM Esports ini akan menarik untuk dibeli atau termasuk juga untuk investasi. Kita tinggal menunggu saja semoga art atau desain dari NFT BOOM bisa sangat menarik dan memang layak untuk dikoleksi.

Utilitas dari NFT BOOM Esports ini juga bisa tergambar dari penjelasan yang resmi di web mereka, misalnya saja para pemegang NFT BOOM Esports nanti bisa mendapatkan akses prioritas untuk jersey bertanda tangan pemain BOOM, lalu merchandise drops, whitelist untuk rilis NFT berikutnya. BOOM juga akan menghadirkan akses Discord private serta AMA dengan para pemain BOOM dan termasuk juga live streams latihan mereka.

Potensi utilitas NFT untuk organisasi esports memang cukup besar, setidaknya dari sisi engagement yang merupakan pelebaran dari engagement konvensional. Tanpa NFT beberappa hal di atas sebenarnya bisa dilakukan dengan kartu anggota biasa, namun dengan NFT prosesnya bisa lebih seamless karena bermodalkan akses wallet crypto. Pendataan siapa yang punya akses istimewa juga lebih mudah karena semua aktivitas pembelian NFT tercatat di blockchain, jadi ketika ingin memberika drop atau hadiah ke pemnang NFT, tinggal share via wallet address.

Dan satu yang pasti, kalau dengan kartu anggota, kartu anggotanya tidak bisa diperjualbelikan, tetapi dengan NFT, penggemar bisa menggoleksi beberapa NFT, bisa hold untuk akses utilitas atau investasi, dan jika art dari NFTnya bagus dan unik, nilainya bisa naik untuk mendapatkan keuntungan tambahan ketika dijual.

Sebagai salah satu penikmat NFT, saya sendiri sebenarnya menunggu kehadiran organisasi esports lokal yang masuk ke NFT. Bukan hanya tertarik mengkoleksi tetapi ingin tahu bagaimana strategi pendekatan mereka ke ekosistem web3. Kalau melihat dari rencana dan fasilitas atau utilitas yang ingin dihadirkan BOOM Esports di NFT, cukup menarik. Kita tinggal menunggu saja, semoga desain atau art NFT dari BOOM ini memang benar-benar layak untuk dikoleksi.