Gaming News

Bocoran Video Isyaratkan Eksistensi Red Dead Redemption 2 Versi PC

20 Dec 2018 | Yoga Wisesa
Betul bocoran atau sekadar video bohong yang meyakinkan?

PC dan Rockstar mempunyai hubungan yang tidak biasa. Tim developer yang terkenal berkat franchise Grand Theft Auto ini meluncurkan kreasi pertamanya di platform PC (saat itu mereka dikenal dengan nama DMA Design, cikal bakal Rockstar North), namun beberapa game buatan Rockstar malah hanya disediakan secara eksklusif di console, meski gamer PC sangat menginginkannya.

Satu seri yang menimbulkan dilema adalah Red Dead Redemption. Game pertamanya tidak pernah dirlis di komputer personal dengan alasan Rockstar mendesainnya dari awal buat console last-gen. Sekuelnya baru tersedia di bulan Oktober kemarin dan berhasil menjadi permainan paling fenomenal di tahun ini. Namun hingga sekarang, Rockstar sama sekali belum mengonfirmasi eksistensi versi Windows-nya.

Melihat kesuksesan Grand Theft Auto V dan bagaimana ada puluhan ribu pemain mengakses Grand Theft Auto Online setiap hari via Steam, sejumlah pakar dan analis berkeyakinan bahwa pada akhirnya RDR2 juga akan tersedia di PC, apalagi game action-adventure baru itu dikembangkan dengan menggunakan teknologi GTA5 sebagai basisnya. Rumor tentangnya jadi semakin panas setelah versi PC sempat disebutkan situs retail, di LinkedIn, serta muncul di app companion.

Kali ini beredar sebuah rekaman ‘off-screen‘ yang menunjukkan konten dari Red Dead Redemption 2 PC. Durasinya cukup singkat, hanya 26 detik, namun mengekspos hal-hal krusial. Video aslinya sudah diturunkan, namun channel Reupload Deleted Videos mengungahnya kembali. Berdasarkan komentar, banyak orang percaya bahwa video tersebut merupakan rekaman sungguhan. Silakan Anda simak sendiri di bawah.

Hal pertama yang membuat orang meyakini keaslian video tersebut adalah gerakan kursor mouse dan respons tombol di menu pause. Rekaman dimulai dengan memperlihatkan Arthur Morgan di kota Valentine. Kemudian video di-pause, dan sesaat pemain menavigasi sejumlah pilihan di sana. Selanjutnya, ia segera masuk ke setting display – pilihan lainnya meliputi kendali, kamera, audio dan general.

Menu display menunjukkan elemen-elemen khas PC. Anda bisa menentukan mode tampilan (misalnya fullscreen atau windowed), refresh rate, fitur grafis seperti FXAA dan VSync, serta opsi kualitas shader, tekstur, bayangan hingga jarak pandang.

Semuanya terlihat meyakinkan, namun tentu saja ada beberapa aspek yang menimbulkan keraguan. Pertama, mengapa pembuat video hanya menampilkan menu display? Dan kedua, untuk versi PC, setting grafis di sana terasa terbatas. Sebagai komparasi, bagian opsi grafis GTA5 PC bahkan menampilkan konsumsi memori video. Mereka yang berpikiran positif mungkin akan bilang, ini hanyalah versi belum jadi. Semoga benar begitu…

Via PC Gamer.