6 February 2022

by Galih

Laporan Terbaru Sebut Blizzard Tengah Kerjakan Warcraft Mobile

Game ini akan menjadi proyek mobile selanjutnya setelah Diablo Immortal.

Blizzard dan game mobile sebelumnya memiliki rekam jejak yang buruk saat mereka mencoba membawa Diablo ke platform lewat Diablo Immortal pada 2018 silam.

Para fans Blizzard yang tidak menduga langkah radikal tersebut langsung memberikan reaksi negatif besar-besaran baik saat acara Blizzcon 201 berlangsung maupun setelahnya lewat dunia maya.

Empat tahun berlalu, dan Blizzard kembali menggemparkan industri video game saat mereka diakuisisi oleh Microsoft beberapa waktu lalu. Dan kelihatannya Blizzard telah belajar dari Diablo Immortal untuk masalah game mobile mereka.

Maka dari itu Blizzard tidak lagi membuat pengumuman besar-besar untuk game mobile mereka selanjutnya yang dipercaya adalah Warcraft Mobile. Keberadaan game ini bahkan baru diketahui lewat laporan finansial kuartal empat 2021 Blizzard.

World of Warcraft: Shadowland | Blizzard

Dalam laporan tersebut, Blizzard disebut tengah merencanakan konten besar baru untuk franchiseWarcraft pada tahun 2022 ini. Blizzard juga menjanjikan pengalaman baru untuk World of warcraft dan Hearthstone.

Terakhir, Blizzard juga menyebut bahwa mereka akan menghadirkan konten yang benar-benar baru untuk Warcraft Mobile kepada para pemain untuk pertama kalinya.

Blizzard diprediksi akan mengumumkan Warcraft Mobile ini berdekatan dengan perilisan Diablo Immortal yang direncanakan tahun ini. Berita baiknya, game ini diduga tidak akan semahal Diablo Imortal karena tidak membutuhkan waktu pengembangan yang serumit Diablo Immortal.

Informasi-informasi tersebut pada akhirnya membuat para fans berspekulasi bahwa game Warcraft Mobile ini bukanlah game yang benar-benar baru seperti Diablo Immortal -- melainkan sebuah port mobile dari game Warcraft mereka sebelumnya.

Blizzard juga masih berhak memberikan label "all-new experience" untuk Warcraft Mobile-nya karena memang ini adalah pertama kalinya seri Warcraft akan datang ke platform mobile.

Terlebih lagi, meskipun Blizzard berencana untuk membawa game Warcraft klasik mereka. Blizzard tetap harus mengubah banyak hal agar game-nya dapat dijalankan di platform mobile.

Terutama untuk masalah kontrol game-nya yang harus benar-benar diatur ulang untuk menyesuaikan kontrol yang bisa dilakukan lewat smartphone.

Namun, Blizzard juga memiliki ruang untuk membuat game Warcraft Mobile ini sebagai seri spin-off dengan model permainan baru yang lebih sesuai dengan platform mobile.