9 March 2022

by Glenn Kaonang

Blizzard Akan Umumkan Game Mobile Warcraft pada Bulan Mei

Sebelum menyingkap game mobile Warcraft pertamanya, Blizzard akan lebih dulu meluncurkan expansion buat Hearthstone dan World of Warcraft

Dalam laporan finansial terbarunya yang diterbitkan bulan lalu, Activision Blizzard mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk merilis game mobile Warcraft tahun ini. Tanpa perlu menunggu lama, kini giliran Blizzard sendiri yang mengonfirmasi kabar tersebut secara langsung lewat sebuah posting blog.

Dikatakan bahwa Blizzard saat ini tengah bersiap untuk meluncurkan game Warcraft pertama yang sepenuhnya dirancang untuk perangkat mobile. Sayang sekali pengumumannya cuma sebatas itu, dan Blizzard baru akan menjawab rasa penasaran kita pada bulan Mei mendatang.

Hal ini tentu tidak mencegah publik berspekulasi dan membayangkan seperti apa bakalannya adaptasi dari universe Warcraft di smartphone dan tablet. Kalau info-info yang beredar selama ini akurat, sepertinya proyek Warcraft versi mobile ini memang sudah dikerjakan cukup lama oleh Blizzard.

Pada November 2018, Kotaku melaporkan bahwa Blizzard sedang mengerjakan game Warcraft yang terinspirasi Pokemon Go. Lalu di tahun 2021, pimpinan Activision Blizzard, Bobby Kotick, sempat bilang bahwa Blizzard tengah mengembangkan lebih dari satu "free-to-play Warcraft experiences" untuk platform mobile. Dan sekarang kita tahu ada setidaknya satu game mobile Warcraft yang akan Blizzard umumkan Mei nanti.

Peluncuran game mobile ini baru satu bagian dari rencana besar Blizzard untuk masa depan franchise Warcraft. Dalam posting blog yang sama, Blizzard turut mengungkap rencana-rencana spesifiknya buat World of Warcraft maupun Hearthstone.

Untuk World of Warcraft, Blizzard bilang bahwa mereka bakal menyingkap expansion barunya pada tanggal 19 April mendatang. Kita tahu expansion terakhirnya yang berjudul Shadowlands sudah sampai di chapter final, jadi sangat masuk akal bagi Blizzard untuk kembali merilis expansion anyar dalam waktu dekat. Sayang lagi-lagi Blizzard lebih memilih untuk tutup mulut soal detailnya.

Beralih ke Hearthstone, Blizzard berniat mengumumkan expansion baru pertamanya untuk tahun 2022 pada 15 Maret mendatang. Ini merupakan yang pertama dari tiga expansion yang sudah Blizzard rencanakan akan rilis tahun ini. Tidak lama setelah itu, Blizzard juga akan menjabarkan perubahan yang mereka terapkan pada set kartu utama (core set) Hearthstone tahun ini.

2022 sepertinya bakal jadi tahun yang sibuk buat Blizzard. Selain terus mengembangkan franchise Warcraft, mereka tentu juga bakal disibukkan dengan proses akuisisi yang dilakukan Microsoft terhadap perusahaan induknya. Proyek-proyek baru mereka yang belum rampung pun masih banyak, mulai dari Overwatch 2, Diablo IV, sampai Diablo Immortal, belum lagi IP baru yang sedang mereka kembangkan menjadi sebuah game survival AAA.