Layanan online marketplace Blibli hari ini (16/6) mengumumkan secara resmi kerja sama mereka dengan pihak NIKE Indonesia untuk menjadi official partner online store produk NIKE. Dengan adanya kerja sama ini, pihak Blili juga meluncurkan toko online khusus NIKE di situs belanja mereka. Bersamaan dengan itu, pihak Blibli juga mengumumkan logo baru yang kini terpampang di situsnya dengan tagline “Big Choices Big Deals” yang juga baru.
CEO Blibli Kusumo Martanto menegaskan bahwa kerja sama yang terjalin dengan NIKE ini bertujuan untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen Blibli, khusunya yang gemar berolahraga. Menurut Kusumo, karakteristik para online shopper dewasa ini adalah ingin belanja online yang dapat memberikan ragam tawaran dan pilihan menarik.
Di samping itu, konsumen Indonesia juga sebenarnya sudah mampu mengenali barang yang akan dibeli dengan mencari informasi melalui internet terlebih dahulu. Berdasarkan data APJII 2014, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta orang dan 34 persen dari mereka cenderung mencari informasi di Internet mengenai jasa atau produk yang akan dibeli. Namun kenapa NIKE?
Kusumo menjelaskan, “Pertama kita lihat dari kategorinya dulu, yaitu sport yang menunjukkan growing sangat bagus dan ini juga sesuai dengan lifestyle orang-orang muda yang jadi konsumen kami juga. Kedua, sebenarnya kita sudah lama menjual produk NIKE (asli), hanya saja tidak langsung dari NIKE Indonesia.”
“Kita juga melihat bahwa NIKE ini adalah salah satu brand (olahraga) yang sangat kuat, terkenal dengan inovasinya, dan juga memiliki product quality yang bagus. Dari sana kita mulai approach mereka (NIKE Indonesia) dan mendapat sambutan yang baik, karena selama ini mereka juga ternyata memonitor kita,” jelasnya.
Melalui keterangan persnya, Commercial Director NIKE Indonesia Juan Evangelista mengatakan, “Kami melihat Blibli sebagai situs mal online yang berkembang pesat selama empat tahun ini, sehingga kerja sama ini akan mendukung distribusi NIKE lebih menyebar, bahkan ke pelosok daerah di mana toko offline kami tidak ada.”
Kusumo juga mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama ini para penjual NIKE yang sebelumnya sudah bergabung tidak akan dikesampingkan. Munurut Kusumo, justru dengan adanya kerja sama ini kedua belah pihak akan dapat saling melengkapi produk dari NIKE itu sendiri.
Rebranding dan target tahun ini
Bersamaan dengan peluncuran toko online khusus NIKE di Blibli, pihak blibli juga mengumumkan rebranding logo dan juga tagline Blibli itu sendiri. Kini logo biru Blibli memiliki warna yang lebih terang dan juga terdapat icon keranjang belanja di samping tulisan Blibli. Selain itu, tagline yang diusung oleh Blibli juga berganti dari yang semula “Anytime, Anywhere Shopping” menjadi “Big Choices Big Deals”.
Kusumo menjelaskan, “Tiga tahun berdiri dan berjalan, kami melihat ini adalah waktu yang tepat untuk refresh brand kami. […] Bisa dilihat dari warna biru yang kami gunakan saat ini, kalau dulu lebih corporate, sekarang birunya lebih cantik. Kemudian kami juga tambahkan icon [dot] com dan icon keranjang belanja di samping dengan tujuan agar orang langsung mengenali bahwa ini situs belanja online.”
Lebih jauh, Kusumo juga mengungkapkan bahwa di awal tahun ia dan tim Blibli selalu memiliki target yang ingin diraih untuk tahun ini. Meskipun tak diungkapkan secara pasti, namun Kusumo berharap bahwa tahun ini growth Blibli dapat meningkat 6 kali lipat dari sebelumnya.
–
Disclosure: DailySocial dan Blibli berada di bawah payung induk perusahaan yang sama