27 February 2017

by Bambang Winarso

BlackBerry Mercury Diresmikan dengan Nama KEYone

BlackBerry KEYone menjadi salah satu bintang di ajang MWC 2017, segera dirilis pada bulan April

Belum lama ini BlackBerry resmi mengumumkan bahwa pihaknya telah menjalin kesepakatan hak lisensi global dengan pabrikan asal Tiongkok, TCL. Dalam kesepakatan itu, BlackBerry akan melepaskan campur tangannya dalam proses pengembangan, perakitan dan penjualan ponsel-ponsel berlabel BlackBerry. Itu sebabnya mengapa di ajang CES 2017 lalu, TCL-lah yang memamerkan ponsel pintar berkode Mercury kemudian diresmikan akhir pekan kemarin di ajang MWC 2017. Tapi dalam peresmian tersebut, ternyata smartphone diluncurkan dengan nama lain, yakni BlackBerry KEYone.

BlackBerry KEYone barangkali merupakan ponsel asli buatan BlackBerry sebelum TCL datang mengambil hak lisensinya. Hal ini tercermin dari desain KEYone yang kental akan warisan BlackBerry berupa keyboard fisik yang selama ini menjadi ciri khas mereka. TCL tampaknya tak melakukan banyak perubahan meski wujud KEYone tak banyak membawa identitas mereka.

BlackBerry KEYone mengemas layar 4,5 inci dengan resolusi 1620 x 1080 dan mempunyai kepadatan piksel di 434ppi serta aspek rasio 3:2. Perangkat dibangun dari bingkai aluminium dengan tektur soft touch di bagian belakang. Di bagian inilah bersemayam kamera 12MP dengan sensor Sony IMX378 dengan ukuran pixel 1.55 micron yang kemudian dilengkapi kamera depan 8MP handal.

Untuk menjamin kamera dan Android Nougat 7.1 di dalamnya berjalan mulus, TCL membenamkan chipset Snapdragon 625 seperti Moto G5 Plus dan grafis Adreno 605 yang secara default mendukung pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 3.0. Teknologi ini menjamin pengguna mendapatkan separuh dari kapasitas baterai 3.505mAh dapat terisi hanya dalam waktu 36 menit pengisian.

Tiba ke bagian paling penting, yaitu keyboard di mana meski berbentuk fisik, komponen ini mampu merespon gesture sentuhan. Keyboard juga mendukung flick typing dan pemindai sidik jari yang dibenamkan di tombol interval serta lebih dari 52 fungsi shortcut seperti tombol “M” untuk membuka peta atau “I” untuk membuka pesan masuk.

Di samping sejumlah fitur-fitur standar seperti WiFi, Bluetooth, USB tipe C dan 4G LTE, ponsel juga mengusung berbagai aplikasi keamanan seperti FIPS 140-2 Full Disk Encryption, Android For Work, Google Play for Work dan BlackBerry Hub.

BlackBerry KEYone dijadwalkan rilis pada bulan April dengan banderol di kisaran $549 USD.

Sumber berita BlackBerry, dan BlackBerryMobile.