Bikin NFT dengan Perangkat Samsung S22 Ultra, Cerita Singkat dari Randy Danistha 

Selain spesifikasi paling tinggi di kelasnya, S22 Ultra menghadirkan S Pen layaknya seri Note terdahulu

Tren NFT juga ternyata dimanfaatkan oleh pabrikan smartphone, salah satunya adalah Samsung yang menghadirkan salah satu NFT artis yang menjadi narasumber untuk berbagi pengalaman menggunakan perangkat S22 Ultra dalam salah satu acara yang diadakan Samsung bersama dengan rekan media. 

Samsung sendiri memang dalam proses mempromosikan perangkat flagship mereka yaitu Galaxy S22 5G Series yang belum lama ini diperkenalkan. Proses pemesanan telah dijalankan dan Samsung bersiap untuk menggelar consumer launch alias penjualan umum bagi konsumen mereka, mulai 4 Maret 2022 ini. 

Untuk membahas spesifikasi dan keunggulan perangkat ini sepertinya sudah cukup. Apalagi untuk flagship seperti seri S yang memang diarahkan untuk memberikan pengalaman serba tertinggi dari prosesor sampai dengan desain. Yang menjadi menarik bagi saya adalah kehadiran Randy Danistha yang menjadi narasumber untuk membagikan pengalamannya dalam berkarya NFT dengan perangkat S22 Ultra. 

Randy Danistha dikenal sebagai musisi band Nidji yang beberapa waktu ke belakang aktif juga di komunitas NFT. Saya sendiri juga sempat melihat karya Randy di marketplace berbasis Tezos. Sebagai informasi, saya sendiri kolektor art di blockchain Tezos. 

Mulai dari pengambilan foto yang didukung spesifikasi tinggi, Randy menceritakan bahwa foto yang didapatkan bisa menghasilkan kualitas yang baik. Foto ini jika diperlukan dalam berkarya nantinya akan di-convert ke dalam aplikasi untuk membuat karya seni piksel. Randy sendiri memilih untuk membuat pixel art dengan perangkat S22 Ultra. 

S22 Ultra hadir menjadi semacam penerus seri Note yang sempat ‘hilang’. Karena ‘meminjam’ desain dari Note maka ia memiliki dukungan S Pen. Dan dukungan S Pen ini juga menjadi keunggulan penting dalam proses membuat karya NFT. Randy mengatakan bahwa karena ia berkarya piksel maka dukungan S Pen membantu dalam membuat karya seni yang butuh detail. Karena berupa seni piksel jadi terkadang sulit jika hanya menggunakan jari saja. 

Karya Randy yang dibuat dengan S22 Ultra memang belum di-minting atau belum tersedia di marketplace. Ia mengatakan bahwa saat ini sedang mengumpulkan agar jumlah karyanya agak banyak dan nanti baru di-minting bersamaan. Bisa jadi karya Randy akan berupa seri atau PFP (Profile Picture) jadi memang biasanya akan lebih seru jika sudah ada beberapa karya yang masuk seri tersebut. 

Menurut Randy, Selain dukungan kamera dan S Pen, S22 Ultra juga bisa mendukung bentuk karya NFT lain berbasis gambar tetapi juga misalnya musik atau konten lain karena memang perangkatnya sudah mendukung. 

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memang menjadi perangkat paling tinggi untuk seri S. Selain dua varian lain yaitu S22 dan S22 Plus, embel-embel Ultra menjadikan perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang semuanya paling atas di seri S. 

Layar lebih besar yaitu 6.8 inci dengan resolusi QHD+. Dukungan kamera yang juga tertinggi yaitu tambahan kamera ekstra 10MP untuk telephoto dan kemampuan 10x Zoom. Ini menjadi pelengkap dari 3 kamera lain yaitu 108MP wide camera, 12 MP kamera ultra wide, 10 MP telephoto camera untuk 3x zoom serta kamera depan 40Mp. 

Dukungan baterai juga paling tinggi, S22 Ultra hadir dengan baterai 5.000 mAh yang didukung pengisian cepat 45W lewat kabel serta 15W untuk nirkabel. Sedangkan prosesor, ketika seri S telah menggunakan prosesor Snapdragon 8 Ge 1 yang merupakan prosesor paling tinggi dari Snapdragon yang tersedia di pasar Indonesia. 

Untuk lebih lengkap tentang S22 5G series bisa cek link ini dan ini

Dalam mendukung penjualan untuk konsumen umum seri S22 5G, Samsung sendiri mengambil tema #MyNewRules, menghadirkan beberapa brand ambassador dari berbagai bidang untuk bercerita tentang pengalaman mereka dengan menggunakan perangkat ini sesuai bidangnya. Mulai dari film, bisnis sampai model. 

Dari semua public figure yang digunakan Samsung ini, bagi saya yang paling pas adalah yang berhubungan dengan NFT. Karena ini tren yang tidak bisa tidak diperhatikan di Indonesia. Dan bagi para kreator, NFT bisa sangat masuk dalam tema #MyNewRules karena menjadi saluran baru bagi kreator untuk mempublikasi karya mereka dan membuka peluang mendapatkan revenue karena karyanya dibeli oleh kolektor. 

Informasi tambahan tentang consumer launch Galaxy S22 Series 5G

Samsung akan mulai menjual Galaxy S22 5G series secara umum yang diawali dengan consumer launch mulai dari 4 sampai 27 Maret 2022. Di gelaran ini Samsung akan membuka 7 titik yang menggelar acara consumer launch. Yang pertama akan hadir di Kota Kasablanka dan Central Park Jakarta pada tanggal 4-6 Maret 2022.

Anda yang ingin melihat dulu tampilan seri S22 terbaru atau ingin langsung membeli bisa bersiap untuk hadir di titik-titik tersebut. Siapa tau ada promo menarik yang bisa Anda peroleh. Informasi tamabahan bisa kunjungi tautan ini.