14 March 2024

by Wiku Baskoro

Bikin Caption Atau Cari Ide Untuk Konten Jadi Lebih Mudah dengan Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Series 

Tips singkat menggunakan AI dalam membantu membuat konten

Sebagai sebuah perangkat flagship, Samsung Galaxy S24 Ultra membawa spesifikasi kelas atas. Mulai dari prosesor Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy sampai dengan kemampuan kamera kelas atas zoom optical 3x sampai 5x serta 200MP kamera utama. Tetapi yang tidak kalah seru dari perangkat ini adalah kehadiran Galaxy AI. 

Galaxy AI melengkapi perangkat Galaxy S24 Ultra menjadi sebuah perangkat ultimate untuk membuat konten. Tidak hanya hasil video atau foto yang bisa diambil dengan kualitas flagship tetapi fitur AI-nya mendukung pembuatan konten secara maksimal.

Ada banyak fitur AI yang bisa mendukung membuat konten, berikut tips untuk menggunakannya secara cepat dan maksimal. 

Web Asssist untuk buat caption media sosial lebih cepat

Fitur ini adalah semacam ‘hidden gem’ karena benar-benar bisa membantu dalam membuat konten dan memudahkan karena prosesnya jadi cepat. 

Jadi skenarionya, misalnya kita akan membuat caption untuk posting sosial media terkait produk Galaxy S24 Ultra, sedangkan sebelumnya kita sudah menulis tentang perangkat ini. 

Dengan fitur Web Assist, kita tidak perlu lagi menulis ulang untuk membuat caption posting media sosial. Caranya mudah: 

  • Cukup gunakan browser Samsung (bawaan perangkat) 
  • Buka artikel yang sudah kita tulis
  • Ketika artikel sudah tebuka, tap logo Galaxy AI yang ada di tengah bawah (biasanya loasinya di atas tombol home virtual)
  • Setelah logo Galaxy AI di-tap, maka nanti akan muncul dua pilihan: Summarize (merangkum artikel dari web) atau Translate (menerjemahkan artikel dari web)
  • Pilih Summarize karena kita akan merangkum artikel untuk menjadikannya caption di media sosial
  • Tunggu prosesnya (tidak memakan waktu lama) dan voila, rangkuman artikel sudah ada
  • Tap ikon ‘copy’ 
  • Tempelkan (paste) di body caption postingan media sosial Anda
  • Edit jika dibutuhkan

Memudahkan bukan? Kini kita tidak perlu lagi menulis ulang untuk membuat caption, cukup merangkum dari tulisan yang sudah pernah kita buat. Menghemat waktu sehingga kita bisa fokus untuk membuat konten yang menarik. 

Circle to Search with Google untuk cari inspirasi 

Fitur Circle to Search with Google juga bisa digunakan untuk membantu membuat konten. 

Misalnya saja kita sedang ingin membuat konten tertentu dan sedang mencari inspirasi dengan menjelajah internet, buka Instagram, scrolling timeline, sambil cari ide untuk konten kita. 

Dan pada satu video kita menemukan sesuatu yang menarik, misalnya saja patung di kota tertentu. Nah, untuk dengan mudah mencari informasi tentang patung tersebut, caranya mudah:

  • Saat scrolling timeline media sosial, tekan dan tahan button ‘home’ (virtual button yang ada di bawah)
  • Nantinya akan muncul tampilan Search with Google
  • Lingkari konten atau gambar yang ingin Anda cari
  • Dalam waktu sekejap saja, hasil pencarian akan muncul
  • Anda bisa scrolling untuk mendapatkan informasi terkait yang sedang Anda cari dan dapatkan inspirasi tambahan untuk membuat konten

Menariknya fitur Circle to Search di Galaxy S24 Ultra ini adalah, kita bisa mengaksesnya dari konten mana aja, apakah dari image galeri, situs web, bahkan social media termasuk juga video. Ketika memutar video, nantinya akan ter-pause dengan sendirinya sehingga memudahkan untuk melingkari objek yang ingin dicari infonya. 

Lupa lokasi saat mau posting media sosial? Jangan bingung, Circle to Seach with Google di Galaxy S24 Ultra bisa membantu. 

Caranya hampir mirip dengan tips di atas, saat mau posting media sosial dan lupa nama lokasi tempat, Anda tinggal buka foto dari lokasi yang Anda datangi. Tekan dan tahan button home virtual, lalu lingkari objek di foto Anda. Google akan memberikan beberapa hasil pencarian, dari situ Anda tinggal mencari yang paling sesuai dan masukkan nama lokasinya ke caption media sosial Anda. 

Bikin teks rapih dengan Note Assist

Tips selanjutnya dalah yang berhubungan dengan catat mencatat atau tulis menulis. Aplikasi Notes di Galaxy S24 Ultra sudah dilengkapi dengan fitur AI. Ketika Anda mencatat untuk membuat blog post, atau menyusun daftar sederhana untuk jadwal shoting konten, Note Assist akan bisa membantu merapihkan catatan. Caranya mudah:

  • Buka aplikasi Notes di Galaxy S24 Series lalu mulai menulis
  • Setelah selesai, tap ikon Galaxy AI di bagian bawah (atas home button virtual)
  • Nantinya akan ada beberapa pilihan menu, Anda bisa merapihkan catatan, merangkum, mengkoreksi ejaan atau menerjemahkan
  • Drag dan pilih teks mana yang ingin dirapihkan
  • Pilih menu yang susai, misalnya merapihkan catatan

Dengan fitur ini, Anda bisa fokus mencatat banyak hal penting tanap perlu memikirkan kerapihan catatan. Galaxy AI bisa merapihkannya dengan cepat. 

Itu tadi beberapa tips sederhana tetapi berguna untuk Anda yang sedang ingin membuat konten dan membutuhkan bantuan AI untuk mempercepat dan mempermudah. Samsung Galaxy S24 Series adalah paket lengkap untuk teman membuat konten, dari spesifikasi perangkat keras sampai dengan AI sudah ada di perangkat ini.

Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB). Info: Samsung.com/id.