Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

PMWL 2020 East Season Zero League Finals: Bigetron RA Juara Asia

10 August 2020Akbar Priono

Bigetron RA berhasil menjadi juara Asia setelah melalui momen dramatis di ronde akhir babak League Finals PMWL 2020 Season Zero - East Region.

Tanggal 6 sampai 9 Agustus 2020 menjadi ujian puncak bagi tim Bigetron Red Aliens. Pertandingan kini memasuki babak League Finals, setelah Zuxxy Luxxy dan kawan-kawan melalui maraton pertandingan babak League Play selama 3 pekan berturut-turut. Sebagai ujian terakhir, skill, konsistensi, serta stamina pemain Bigetron RA kembali diuji melalui 24 ronde pertandingan yang dilakukan pada 4 map PUBG Mobile.

Namun demikian, Bigetron RA membuka hari dengan suasana yang buruk setelah mereka terkena Too Soon di peringkat 16 tanpa satupun Kill di Ronde pertama. Sebagai juara dunia, Bigetron RA menunjukan kualitasnya dengan kembali bangkit setelah itu. Mereka segera amankan peringkat 5 di ronde 2, bahkan langsung dapat Chicken Dinner di ronde 3.

Selama 2 hari pertandingan, Bigetron RA berhasil mempertahankan konsistensinya dengan sangat baik. Too Soon sempat kembali terulang, tetapi mereka langsung mencuat lagi, amankan Chicken Dinner ataupun posisi top 3 dengan perolehan Kill yang banyak. Sampai pada hari terakhir, keadaan menjadi sangat menegangkan bagi Bigetron RA, dan 4 tim lainnya yang berada di posisi top 5.

Perolehan poin antar 5 tim tersebut sangatlah tipis. Bigetron RA memang mengisi peringkat 1 setelah 23 ronde pertandingan, dan total 280 poin yang dikumpulkan. Tetapi, RRQ Athena punya 274 poin di peringkat 2, OR Esports punya 273 poin di peringkat 3, U Level Up Esports punya 253 poin di peringkat 4, dan Box Gaming punya 234 poin di peringkat 5.

Sumber: Youtube PUBG Mobile Indonesia
Tabel klasemen setelah pertandingan ronde ke-23 di babak League Final PMWL 2020 Season Zero – East Region. Sumber: Youtube PUBG Mobile Indonesia

Dengan perbedaan poin yang begitu ketat, pertandingan ronde 24 di map Erangel, menjadi sengit nan dramatis, terutama bagi tiga tim pengisi posisi top 3. Bigetron RA dan RRQ jadi main cenderung pasif di awal-awal, berusaha menghindari pertarungan, seraya berharap dapat skor dari Placement Point, begitupun dengan Bigetron RA. Tapi keadaan sudah berat bagi Bigetron RA sejak Circle ke-2, gara-gara posisinya yang malah menjauh dari tempat mereka berdiri. Bukan hanya itu saja, jalur rotasi mereka juga susah, dicegat oleh banyak tim yang siap melahap Microboy dan kawan-kawan.

Awalnya mereka bisa rotasi dengan cukup aman, tapi jelang Circle ke-5, Bigetron RA jadi sangat terdesak setelah TeamIND mencegat pergerakan mereka, ditambah kehadiran RRQ Athena yang menembaki mereka dari kejauhan sebagai pihak ketiga. Ryzen jadi korban pertama setelah berhasil menyergap satu pemain TeamIND. Korban dari tim Bigetron RA terus berjatuhan, Zuxxy tumbang, Microboy pun tumbang. Luxxy berpikir cepat, memanfaatkan kemelut dan berhasil kabur demi mengamankan Placement Point.

Jelang Circle ke-6, secercah harapan muncul bagi Indonesia setelah RRQ.Athena ditumpas oleh tim U Level Up. Kini tinggal OR Esports penghalang terakhir Bigetron RA mendapatkan juaranya. Tapi ternyata, keadaan OR Esports juga sedang terjepit karena pertempuran dengan T1 dari Korea Selatan. T1 yang menghadapi situasi dengan tenang berhasil membungkam pemain OR Esports satu per satu, sampai tinggal menyisakan 2 orang saja.

T1.ZZP bermain sangat cemerlang, dan tenang pada momen ini. Bertarung satu lawan dua, pertama ia lempar Frag Grenade ke arah OR.Viru yang sedang sembunyi di balik mobil. Frag Grenade mendarat indah di wajah Viru, ia pun terkena Knock. ZZP beralih ke target kedua, yaitu OR.Gill yang sedang tiarap. ZZP dengan mata tajam berhasil menemukan Gill. Pemain terakhir OR Esports itu tidak siap dengan serangan, ZZP membungkam Gill, menghentikan perjuangan OR Esports yang juga membuat harapan Bigetron RA semakin cerah.

Menariknya Luxxy juga terbungkam setelah OR Esports dimusnahkan T1. Namun Luxxy bisa beristirahat dengan sangat tenang, karena BOX Gaming yang berada di peringkat 5 hampir tidak mungkin mengejar perolehan poin Bigetron RA. BOX Gaming mendapat Chicken Dinner, namun akumulasi poin Bigetron RA tetap tidak terkejar.

Bigetron RA pun menjadi juara PMWL 2020 Season Zero – East Region, dan resmi memegang tahtanya sebagai tim terbaik di Asia. Walau bukan menjadi juara dunia, namun ini menjadi perolehan yang sangat membanggakan bagi Bigetron RA dan Indonesia. Ini mengingat apa yang dikatakan oleh shoutcaster andalan komunitas PUBG Mobile Indonesia, Florian George atau Wolfy, soal level kompetisi di Asia yang cenderung lebih berat dibanding tingkat dunia.

Kemenangan ini memberikan Bigetron RA total hadiah sebesar 100.000 dollar AS. Selamat kepada Bigetron RA! Mereka kembali berhasil menunjukkan diri tim terbaik di tingkat kompetisi tertinggi. Kalau di Asia saja hampir tidak ada yang bisa menghentikan mereka, mungkin Bigetron RA juga bisa menjadi juara dunia PMWL tingkat internasional tetap diadakan pada tahun ini.

Play video

7 May 2021

HYBRID CUP Tarkam Series - PUBG Mobile Squad

NGABUBURIT sambil main PUBG Mobile buat dapetin uang tunai sebesar Rp. 500000! Kira-kira siapa yang akan menjadi pemenangnya ya? . . . Follow IG: ...

Others from #HybridTV