Facebook tampaknya tengah bersiap meluncurkan fitur baru di layanan utamanya. Jejaring sosial raksasa itu mengonfirmasi sedang menguji sebuah fitur yang memungkinkan pengelola fan page untuk membuat lowongan pekerjaan dan menerima aplikasi dari pelamar. Sebuah langkah baru yang berpotensi menyaingin jejaring sosial Linkedln yang selama ini dikenal sebagai tempatnya pencari kerja dan profesional.
Adanya fitur baru tersebut pertama kali dijumpai oleh Techcrunch yang menyadari adanya menu tab berlabel “Jobs” di fan page miliknya. Di dalam halaman tersebut pengelola dapat membuat lowongan kerja baru yang kemudian dapat dibagikan ke timeline fan page untuk dilihat oleh para penggemarnya.
Sementara itu di sisi pengguna, mereka bakal menemukan tombol Apply Now di daftar lowongan yang cocok baginya. Jika selama ini proses pengisian aplikasi lamaran terkesan rumit dan panjang, Facebook membuatnya lebih mudah dengan mengambil informasi yang telah tercantum dalam profil masing-masing pelamar. Setelah dirasa benar dan lengkap, pengguna dapat langsung mengirimkan aplikasi ke pengelola fan page.
Selain itu, pengelola fan page atau pencari karyawan dapat mengiklankan lowongan yang mereka buka di platform yang sama dengan harapan lowongan tampil lebih sering di lini masa. Seperti kampanye iklan lainnya, iklan juga dapat dioptimasi agar tertuju pada target pengguna tertentu yang dinilai cocok dengan deskripsi pekerjaan dan jenis bisnis yang dikelola.
Facebook mengatakan bahwa pengujian ini baru dapat dijumpai oleh sejumlah kecil pengguna.
“Berdasarkan perilaku pengguna yang kami amati, banyak perusahaan kecil yang memasang informasi lowongan di Facebook Page mereka. Sekarang kami menguji pada admin Page perusahaan untuk mengunggah daftar lowongan kerja dari bermacam kandidat,” tutur juru bicara Facebook.
Sumber gambar header Pauwr.