Dark
Light

Betulkah Nintendo Berencana Membuat Versi Baru Console N64?

1 min read
July 25, 2017

Dalam pembahasan lebih dalam mengenai SNES Classic Editionconsole ‘retro modern’ yang Nintendo siapkan sebagai penerus NES mini – saya sempat bilang bahwa kecil kemungkinan perusahaan Jepang itu berencana meluncurkan versi baru dari sistem permainan Nintendo 64. Saat itu alasan saya ialah karena N64 tidak memiliki koleksi permainan selegendaris Super Nintendo.

Tapi bisa jadi asumsi saya tersebut keliru. Dua bulan sebelum tanggal peluncuran SNES Classic Edition, terdengar kabar soal gerak-gerik Nintendo melakukan ‘remaster‘ pada N64 agar dapat dinikmati para gamer muda. Sumber informasinya adalah pengajuan paten sejumlah controller yang dilakukan Nintendo ke European Union Intellectual Property Office, salah satunya menampilkan ‘Nintendo 64 controller‘.

Info ini berhasil diperoleh seorang user NeoGAF, dan melihat data-data yang ia lampirkan, keabsahannya terlihat cukup meyakinkan. Pengajuan tersebut memiliki nomor 016991325, dilakukan belum lama ini pada tanggal 20 Juli 2017. Dengan masuk ke situs EUIPO, Anda bisa melihat ilustrasi familier: unit gamepad dari console N64. Sebelumnya, langkah serupa sempat Nintendo lakukan sebelum mereka resmi mengumumkan NES serta SNES Classic Edition.

Controller N64

Berpedoman dari cara produsen menyajikan versi mini Nintendo Entertainment System dan console penerusnya, besar kemungkinan ‘N64 Classic’ mengusung wujud yang lebih mungil, juga dilengkapi controller wired serta port-port klasik. Anda juga tak bisa menambah jumlah game (semoga dugaan ini salah), dan harus puas dengan koleksi permainan yang sudah ditentukan Nintendo.

Melihat NES dan SNES Classic Edition, Nintendo kemungkinan membundelnya bersama 20 sampai 30 judul permainan, menyajikan judul-judul kebanggaan mereka di era console 64-bit itu seperti Mario Kart 64, Super Mario 64, The Legend of Zelda Ocarina of Time hingga Majora’s Mask.

Nintendo N64 dilepas pertama kali di tahun 1996 dan segera menjadi pesaing utama Sony PlayStation serta Sega Saturn. Saat itu, beberapa reviewer memujinya sebagai console game paling canggih, dan juga mengacungkan jempol pada desain unit controller-nya. Hingga Nintendo menghentikan dukungannya pada perangkat ini, N64 telah terjual sebanyak 32,93 juta unit.

Meskipun indikasi kehadiran ‘N64 Classic Edition’ cukup kuat, perlu diingat bahwa boleh jadi, pengajuan paten tersebut tidak memiliki kaitan dengan pelepasan versi anyar Nintendo 64. Siapa tahu, Nintendo bermaksud menyediakan controller ala N64 untuk Switch. Apalagi sejauh ini, sang perusahaan hiburan asal Jepang itu sama sekali belum membuat pengumuman…

Via TechRadar.

Previous Story

Tiga Kesalahan Kecil yang Wajib Dihindari Founder Startup

Next Story

Microsoft HoloLens 2 Bakal Dibekali Prosesor Khusus untuk Artificial Intelligence

Latest from Blog

Don't Miss

Qualcomm Umumkan Snapdragon G Series

Qualcomm Technologies mengumumkan portofolio terbaru yaitu Snapdragon G Series, yang
Pengisi suara Mario, Charles Martinet

32 Tahun Jadi Pengisi Suara Mario, Charles Martinet Pensiun

Tidak banyak pengisi suara yang sangat ikonik yang sampai selalu