26 September 2016

by Yoga Wisesa

Betterspot Jaga Keamanan, Kebebasan dan Anonimitas Anda Saat Menjelajahi Internet

Betterspot kompatibel ke perangkat ber-platform Windows, Ubuntu, OS X, Android, iOS, sampai Blackberry.

Dengan semakin banyaknya perangkat pintar dan internet of things, kebutuhan akan keamanan juga turut meningkat. Penggunaan VPN atau virtual private network memang merupakan jalan keluar paling masuk akal, tapi tak jarang mereka malah menimbulkan masalah baru, khususnya layanan-layanan gratis: melanggar privasi hingga menjual bandwith user. Jadi apa solusi terbaik untuk kita?

Startup asal British Columbia bernama Betternet hadir buat berikan jawabannya. Kreasi baru mereka ini sederhana tanpa disertai 'efek samping' yang merugikan pengguna. Betternet memperkenalkan Betterspot, sebuah router virtual private network untuk segala device dan platform, diramu demi mengamankan kegiatan surfing Anda di internet sekaligus membuka website-website yang di-block.

VPN memungkinkan user mengakses konten-konten yang dibatasi (oleh pemilik situs ataupun ISP) serta menutup alamat IP dan lokasi Anda. Tim Betternet Technologies sudah berkiprah lebih dari lima tahun dalam menyediakan servis ini ke 40 juta pengguna lebih di dunia, dan mereka melihat satu tantangan besar: memastikan app VPN bekerja di platform serta lokasi berbeda. Maka dari itu, developer mengambil pendekatan hardware dipadu servis premium.

Dikemas dalam wujud balok mungil, Betterspot mengusung teknik VPN dan jaringan Tor, kompatibel ke perangkat-perangkat Windows, Ubuntu, OS X, Android, iOS, Blackberry dan lain-lain. Premisnya simpel namun krusial. Berkatnya, Anda mendapatkan akses penuh di internet, kemerdekaan mengunjungi seluruh channel (terutama video), serta tidak lagi perlu merasa cemas gerak-gerik Anda diawasi. Betternet bilang, dengan mendukung Betterspot, Anda juga mendukung gerakan kebebasan berinternet.

Betterspot menyuguhkan kemudahan dalam pemakaian, dan Anda tidak perlu menyambungkannya secara manual karena prosesnya berlangsung otomatis. Ketika Anda mengunjungi website, VPN segara aktif. Kadang kita tidak bisa menginstal app atau mengonfigurasi setting VPN di sejumlah perangkat, tapi Betterspot memberikan Anda keleluasaan untuk melakukannya. Developer berjanji akan terus meng-update Betterspot secara berkala; dan berkatnya, tidak ada lagi kendala buat menikmati Netflix, Hulu dan Spotify di manapun Anda berada.

Betterspot disajikan berupa produk 'sekali beli' dan juga layanan berlangganan. Tim Betternet membundelnya bersama paket VPN premium gratis selama setahun. Tapi tanpa layanan berbayar, router tetap bisa bekerja dengan memanfaatkan jaringan Tor.

Produk ini bisa Anda pesan di situs crowdfundingKickstarter mulai seharga CAD$ 130 atau kisaran US$ 100. Proses distribusi kabarnya akan dilakukan bulan Januari 2017.