1 October 2018

by Ayyub Mustofa

Bethesda Buka Fase Testing Beta untuk Fallout 76 Mulai Akhir Oktober 2018

Akses testing beta ini dibuka lewat kode khusus bagi mereka yang telah melakukan pre-order

Seri Fallout adalah seri dengan cerita yang berlatar dunia pasca kiamat. Jadi ketika Fallout 76 diumumkan berupa game online bertema survival, saya tidak kaget. Mereka yang menyukai Fallout sebagai seri game single player mungkin kecewa, namun kita tidak bisa memungkiri bahwa latar pascakiamat dan survival adalah dua hal yang sangat cocok dipadukan.

Layaknya game online lain pada umumnya, Bethesda akan mengadakan masa testing beta terlebih dahulu sebelum merilis Fallout 76 secara publik. Masa tes tersebut dinamai “Break-It Early Test Application” (B.E.T.A.), dan akan dimulai pada akhir bulan Oktober 2018 nanti. Lebih tepatnya tanggal 23 Oktober untuk Xbox One, disusul oleh versi PC dan PS4 di tanggal 30 Oktober.

Fallout 76 | Sumber: Bethesda

Akses ke B.E.T.A. hanya tersedia bagi para pemain yang melakukan pre-order Fallout 76. Mereka akan mendapat kode khusus yang bisa diaktifkan di situs resmi Bethesda, namun syaratnya terlebih dahulu mereka harus memiliki akun Bethesda.net. Selain itu para tester juga harus berusia 18 tahun ke atas.

Menurut Bethesda, tujuan utama melakukan B.E.T.A. adalah untuk melakukan stress test dan melihat apa saja hal yang bisa “merusak” Fallout 76. Karena itu mereka tidak akan membuka server B.E.T.A. selama 24 jam, melainkan hanya empat hingga delapan jam sehari. Harapannya dengan demikian para tester bisa berkumpul pada waktu yang sama dan memberikan beban maksimal pada server.

Fallout 76 | Sumber: Bethesda

Bethesda tidak memberi tahu berapa lama periode B.E.T.A. ini akan berjalan. Tapi jarak antara dimulainya B.E.T.A. dengan tanggal rilis Fallout 76 itu sendiri tidak begitu jauh. Fase B.E.T.A. seharusnya tidak akan berlangsung lebih dari tiga minggu, karena Fallout 76 akan dirilis pada tanggal 14 November 2018. Progres yang dicapai oleh pemain di versi beta akan dapat ditransfer ke Fallout 76 versi penuh. Akan tetapi pemain tidak bisa memperoleh Trophy atau Achievement, sehingga ada kemungkinan mereka harus mengulang kembali misi-misi tertentu nantinya.

Kabar terbaru dari Bethesda, client untuk Fallout 76 versi beta ini akan memakan ruang hard disksebesar kurang lebih 45 GB. Client versi beta berbeda dengan versi penuhnya, jadi nanti setelah B.E.T.A. berakhir maka para pemain harus melakukan download ulang di console. Ini berbeda dengan versi PC, karena nantinya client versi beta itu akan berubah menjadi versi penuh lewat update ketika B.E.T.A. berakhir.

Sumber: Gematsu, VGR.