Dark
Light

Bertubuh Mungil, Cisor Suguhkan Suara 10 Kali Lebih Bertenaga Dari Speaker Portable Lain

1 min read
December 29, 2016

Speaker portable lahir karena meningkatnya permintaan konsumen terhadap perangkat musik buat digunakan di luar ruangan atau untuk menemani mereka dalam perjalanan. Demi memenuhinya, produk umumnya didesain agar bertubuh mungil dan beberapa dari mereka juga dibekali fitur-anti air. Tapi tak bisa dipungkiri, volume tubuh seringkali memengaruhi performa.

Kendala inilah yang kabarnya berhasil disingkirkan oleh Damson Audio. Beberapa tahun silam, perusahaan asal Yorkshire itu mengajukan sebuah terobosan di ranah suara lewat produk bernama Cisor. Orang-orang yang telah menjajalnya mengakui bahwa Cisor merupakan salah satu speaker portable terbaik. Bermaksud menyajikannya ke lebih banyak orang, kali ini developer menggunakan platform crowdfunding buat memasarkannya.

Sistem yang diusung perangkat ini membuatnya berbeda dari speaker portable lain. Ketika speaker tradisional mengandalkan cone buat mengubah gelombang jadi suara sehingga bisa didengar telinga kita, Cisor memanfaatkan teknologi incisor diffusion, yaitu menggunakan permukaan benda sebagai ‘cone‘. Lewat teknik tersebut, Cisor mampu menghidangkan jangkauan suara sangat luas, dari mulai serendah 30Hz (efeknya ialah bass yang dalam) hingga setinggi 15KHz.

Damson Cisor 1

Efek lainnya adalah, Cisor mampu menyuguhkan suara lebih kuat sepuluh kali lipat dibanding device sekelas. Kombinasi dari dua unit sanggup mengisi ruang seluas 42 meter persegi dengan suara stereo. Tambatkan ia di kaca mobil via mount, maka seluruh kendaraan Anda berubah jadi speaker berjalan – suaranya terdengar baik di sisi luar maupun dalam. Menariknya lagi, permukaan berbeda (misalnya kaca, kayu dan logam) menghidangkan karakteristik bunyi yang distingtif pula.

Damson Cisor 2

Alasan Damson susah-susah mengadopsi teknologi ini adalah keterbatasan speaker portable biasa dalam menyajikan bass dan nada tinggi. Itu sebabnya sistem Hi-Fi memanfaatkan unit subwoofer terpisah. Walaupun solusi ini diandalkan banyak produsen, pemakaian terus-menerus membuat cone kehilangan kemampuan amplifikasinya. Akibatnya, kualitas musik lama-kelamaan jadi berkurang.

Teknologi incisor diffusion Damson di Cisor menggantikan peran kumparan yang tertambat di magnet pada speaker tradisional, bertugas ‘mengarahkan’ frekuensi ke area bawah menuju permukaan. Selanjutnya, gelombang disebar di sana.

Cisor mempunyai tubuh berbentuk tabung yang tersusun atas kombinasi material aluminium, silikon serta ABS, dengan dimensi 78×58-milimeter dan bobot 320g. Baterai build-in di sana memberikan waktu playback hingga enam jam, bisa diisi ulang via port USB type-C.

Damson Cisor bisa Anda beli seharga mulai dari US$ 50 di Indie Gogo (bundel bersama mount dijajakan di US$ 70).

Previous Story

Asah Keberanian di 5 Game Petualangan Android Ini

Next Story

Tips Startup dalam Menyikapi Persaingan

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Huawei Umumkan Sederet Perangkat Baru, Beberapa di Antaranya Merupakan Debut di Kategori Anyar

Event MWC 2022 yang tengah digelar di kota Barcelona dibanjiri

10 Speaker Portabel Pilihan untuk Dijadikan Kado Tahun Baru

Libur akhir tahun sudah hampir tiba, dan sebagian besar dari