Beberapa hari yang lalu DailySocial menulis bahwa jajaran pimpinan Yahoo! Asia Tenggara mengalami pergantian atau lebih tepatnya perputaran untuk meningkatkan pelayanan mereka di Asia Tenggara, strategi tersebut memang masuk akal karena Yahoo! memang menjadi salah satu pemain yang berjaya di Asia.
Seperti yang dikutip dari Tempo Interaktif, Budi Putra, yang merupakan Country Editor Yahoo! Indonesia, mengatakan saat ini Yahoo! menguasai pasar di Singapura, Malaysia, Indonesia dan Vietnam.
Salah satu yang menonjol adalah konten yang berbau berita selain layanan Mail dan Messenger. Saya jadi teringat artikel DailySocial kemarin yang membahas bahwa Yahoo! gagal mengakuisi KapanLagi. Sepertinya memang Yahoo! meyadari bahwa dari segi konten mereka berada di depan, dan ingin terus mengembangkan serta mempertajam keunggulan mereka.
Tidak hanya untuk Asia, keinginan Yahoo! untuk memperkuat konten juga terlihat di luar Indonesia, akhir bulan kemarin, seperti yang diberitakan oleh The New York Times, Yahoo! merekrut sekitar selusin jurnalis dari media konvensional maupun media online dan membuka biro di Washington untuk memperkuat konten orisinil mereka serta meningkatkan popularitas situs berita mereka.
Saya sendiri melihat bahwa selain Mail dan YM, konten berita Yahoo! memang salah satu yang banyak digemari oleh konsumen, beberapa teman saya malah bilang, bahwa kalau ada berita heboh dan belum masuk ke Yahoo! News maka teman saya itu belum percaya akan kebenaran berita heboh tersebut. Meskipun agak bombastis, tapi kalau dipikir lagi, masuk akal juga, kredibilitas Yahoo! News memang layak dipercaya, bisa jadi salah satunya dikarenakan oleh kerjasama yang dilakukan Yahoo! News dengan berbagai kantor berita besar atau sumber berita yang kompeten untuk memberikan aggregasi berbagai berita untuk user mereka.
Masih dikutip dari Tempo Interaktif, Budi Putra juga menjelaskan bahwa layanan Yahoo News dan Yahoo Finance menjadi nomor satu di Singapura, sedangkan Mail dan Messenger di Indonesia dan Vietnam, lalu Homepage, Mail, News, messenger dan Finance di Malaysia.
Beberapa waktu yang lalu juga Yahoo! meluncurkan beberapa fitur yang menjadikan mereka semakin ramah pada social network-Facebook, yaitu meluncurkan fitur yang memungkinkan user untuk mengintegrasikan kontak mereka yang ada di Facebook dalam daftar kontak mereka di Yahoo! Serta fitur yang masih berhubungan dengan Facebook yaitu update status Facebook lewat Yahoo! Mail serta fitur yang memungkinkan anda untuk bisa melihat profile picture user lain jika mereka mengirim email dan mereka ini termasuk dalam kontak anda di Facebook.
Jadi penasaran dengan langkah Yahoo! selanjutnya, terutama untuk Indonesia, atau jangan-jangan apa yang dikatakan Rama bakal benar kejadian, bahwa Yahoo! akan mengakuisi startup lokal? Bagaimana pendapat anda?
Selain menarik, konten yahoo juga memiliki kredibilitas yang cukup baik.
Dan yahoo pun memiliki media pemasaran yang besar, yaitu applikasi yahoo messenger mereka!
Apakah Yahoo! memiliki konten original? bukankah Yahoo! dan juga Google! lebih cenderung menjadi agregator dari situs lain yang sudah ada? jadi ya tinggal bagaimana Yahoo! mau merangkul penyedia konten lokal š
btw, kenapa kapanlagi ya,
bukannya lebih pas detik atau kompas?
masih lebih sukses google, ayolah yahoo tingkatkanlah dirimu