Dark
Light

Berbagai Rilis dari Google

2 mins read
March 12, 2010

Setelah meluncurkan fitur penambahan arah untuk para pengguna sepeda pada aplikasi Google Maps, yang merupakan fitur yang bisa cukup membantu para pengguna sepeda lalu meluncurkan fasilitas iklan di versi Mobile YouTube yang bisa jadi merupakan salah satu efek dari akuisi AdMob oleh Google beberapa waktu lalu yang membuat Google mulai memasuki permainan iklan versi mobile. Kini Google meluncurkan 3 fitur di masing-masing layanan yang berbeda mereka.

Yang pertama adalah fitur baru di aplikasi Google Docs, Apps Script. Fitur Apps Script ini bisa ditemukan di aplikasi Google Docs, Spreadsheet. Google juga telah menyiapkan Apps Script Gallery yang akan memudahkan user untuk mengadopsi contoh template spreadsheet yang bisa digunakan pada berbagai fungsi berbasis spreadsheet, seperti menyusun kontak relasi, jadwal pemutaran film, dan lain-lain.

Anda bisa menemukan fitur ini dengan membuka Spreadsheet di Google Docs, kemudian klik Insert dan pilih Script. Atau anda bisa melihat video demo yang saya ambil dari blog Google.

Yang kedua adalah fitur Google Reader Play. Jika anda pernah mencoba Google Page Flip, sebuah aplikasi dari Google yang tersedia di Google Labs, yang memberikan pengalaman membaca konten dari Google Reader dalam versi lain, yang membuka halaman berikutnya tinggal mengklik panah di bagian kiri dan kanan layar dan konten yang sedang anda lihat akan bergeser, kini Google meluncurkan Google Reader Play, yang hampir mirip dengan Google Page Flip namun lebih kaya dalam segi tampilan untuk konten visual.

Aplikasi yang masih dalam pengembangan di Google Labs ini, memberikan cara baru dalam membuka konten yang menarik bagi user, mengkustomisasinya sesuai dengan preferensi user. Menggunakan aplikasi ini tidak memerlukan  sign-in, kecuali jika anda ingin membuat personalisasi atas apa yang ingin anda baca.

Aplikasi ini mungkin lebih cocok untuk konten yang fokus pada foto atau video dan sedikit teks, saya mencobanya untuk artikel yang fokus pada teks, dan kurang nyaman untuk membaca teks dari konten yang saya baca, tapi untuk konten video atau foto, akan lebih nyaman.

Anda bisa mencoba Google Reader Play di link ini atau anda bisa melakukannya secara manual di Google Reader dengan mengklik tanda panah kecil di sebelah nama subscription anda dan pilih view in Reader Play.

Dan yang ketika adalah fitur yang berhubungan dengan salah satu aplikasi populer yang telah diakuisi Google, Blogger. Blogger adalah tentang kemudahan, bagi user yang suka menulis dan membutuhkan blog, banyak aplikasi yang ada di dunia internet, salah satunya adalah blogger, dan bagi user yang fokus pada konten dan tidak mau dipusingkan dengan pengaturan layout, bisa memilih aplikasi Google yang satu ini. Sistem penambahan gadgets yang mudah dan telah disediakan hampir semua jalur-jalur instalasinya adalah beberapa kemudahan yang ada di Blogger.

Kini, setelah perjalanannya selama 10 tahun, Google melakukan eksperimen dalam cara mereka memberikan fasilitas pada user untuk bermain-main dengan templates blog.

Blogger in Draft, nama ‘permainan’ baru ini yang menyediakan beberapa kemudahan serta variasi template untuk eksperimen blog anda. Anda bisa mendapatkan 15 templates profesional baru dan akan terus bertambah, kustomisasi blog, mulai dari layout yang berisi pengaturan grid kolom, pengaturan background, yang memungkinkan anda merubah warna background blog anda serta ratusan free profesional images dari iStockphoto, serta berbagai kustomisasi warna, huruf, dan lain-lain. Semuanya bisa dilakukan dengan proses klik serta drag n drop, yang tetap menjadi ciri blogger, yaitu kemudahan.

Bagi beberapa orang yang saya minta pendapatnya tentang perbedaan aplikasi blog lain misalnya WordPress dengan Blogger, salah satunya adalah jumlah templates baik gratis maupun berbayar yang masih jauh lebih banyak dimiliki oleh WordPress. Pilihan tentang templates memang menjadi salah satu point penting yang memungkinkan WordPress untuk menjadi populer selain kemudahan dalam melakukan kustomisasi templates dengan lebih leluasa secara menyeluruh yang bisa dilakukan di WordPress.

Apakah Blogger in Draft bisa membuat Blogger menjadi lebih mudah untuk di otak-atik? Saya sendiri lebih menyarankan anda untuk mencobanya sendiri di link ini. Saya sendiri telah mencobanya dan meski proses kustomisasi yang ada di Blog in Darft ini mirip dengan Weebly, tapi harus saya akui memang prosesnya sangat mudah dan instan.

Berikut demo video tentang Blogger in Draft yang saya ambil dari blog Google atau anda bisa membaca rilis lengkap di link ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Let’s Rock Your Firefox!

Next Story

Sedikit Update UI di Twitter

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan