25 December 2021

by Galih

Benchmark Awal GPU Intel Arc Tunjukkan Performa Menjanjikan

Intel bisa langsung menjadi rival baru bagi NVIDIA dan AMD nantinya.

Intel saat ini memang tengah bersiap untuk meluncurkan GPU pertamanya yang diberi nama Intel Arc. Intel memang tidak memberikan banyak informasi mengenai GPU pertamanya ini selain rumor bahwa GPU tersebut nantinya akan bersaing dengan GPU high-end seperti NVIDIA RTX 3070 dan AMD Radeon RX 6700 XT.

Mendekati perkenalan resminya yang kemungkinan besar akan dilakukan pada gelaran CES 2022 Januari mendatang, hasil benchmark dari GPU Intel tersebut ternyata sudah mulai muncul di jagat maya. Salah satunya yang ditemukan dan diunggah oleh akun Twitter @Tum_Apisak.

Dalam cuitan tersebut, Apisak hanya memberikan caption "Intel(R) Xe Graphics" dengan foto hasil benchmark terhadap kartu grafis Intel DG2 tersebut di game Ashes of the Singularity beserta dengan link ke lama web resminya.

Sayangnya, hasil benchmark tersebut cukup mencurigakan karena banyak informasi mengenai kartu grafis tersebut yang tidak ditampilkan. Kemudian entah mengapa benchmark yang dilakukan tersebut hanya menggunakan pengaturan grafis medium di resolusi 1080p.

Padahal dalam data benchmark yang terpampang, tertulis bahwa pengetesan dilakukan dengan prosesor Intel Core i9-12900k yang merupakan prosesor tertinggi gen 12 milik Intel. Prosesor tersebut ditandemkan dengan RAM 32 GB yang seharusnya cukup untuk melakukan benchmark di kualitas grafis tertinggi dengan resolusi 4K sekalipun.

Kemudian game Ashes of Singularity yang digunakan juga cukup mencurigakan karena game ini bukan game yang umum digunakan untuk benchmark. Apalagi untuk melakukan tes terhadap GPU, Ashes of Singularity sendiri merupakan game yang lebih condong ke beban CPU (CPU-bound).

Image credit: Apisak on Twitter

Namun terlepas dari semua hal yang mencurigakan tersebut, GPU Intel misterius tersebut memperlihatkan performa yang cukup meyakinkan. Dari tabel performa yang disertakan oleh Apisak diperlihatkan bahwa kartu grafis ini punya skor performa di atas RTX 3070 Ti dan bahkan berada sedikit di bawah RTX 3080 Ti.

Hasil pengetesan tersebut tentu sejalan dengan rumor yang ada pada GPU Intel ini. Sehingga kemungkinan besar GPU intel Arc Alchemist ini akan langsung masuk ke pasar persaingan GPU high-end melawan NVIDIA dan AMD. Semoga saja nantinya Intel dapat memberikan harga yang menarik untuk membuat fans yakin untuk beralih ke GPU baru tersebut.