Mobile
for SEO
Mobile

Pakai App Ini, iPhone X Anda Bisa Mengambil Foto Selfie dalam Wujud 3D

14 April 2018Glenn Kaonang

Tanpa hardware tambahan, hasilnya masih cukup bagus meski dibandingkan dengan kamera yang secara khusus diciptakan untuk keperluan ini

Secanggih apa sistem kamera TrueDepth milik iPhone X sampai-sampai harus mengambil porsi yang cukup besar di bagian atas perangkat? Kalau kata startup bernama Bellus3D, cukup canggih untuk menyaingi kinerja kamera pemindai wajah 3D-nya yang dihargai $500.

Sebagai buktinya, mereka merilis aplikasi bernama FaceApp, yang memungkinkan pengguna iPhone X untuk mengambil foto selfie dalam bentuk model 3D. Hasil scan-nya ini bisa dilihat dari segala arah, dengan detail yang cukup tinggi dan efek pencahayaan yang realistis.

Proses scanning-nya hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik selagi pengguna melihat ke arah kamera depan iPhone X dan menoleh ke kiri serta kanan. Selama prosesnya, lebih dari 250 ribu titik data 3D akan diambil guna membuat rekonstruksi wajah pengguna secara tiga dimensi.

Kalau dibandingkan kamera bikinan Bellus3D sendiri, detailnya memang masih kalah, mengingat kamera itu bisa mengambil dua kali lipat lebih banyak titik data 3D dari wajah pengguna. Kendati demikian, capaian ini cukup mengesankan mengingat iPhone X yang bersangkutan sama sekali tidak memerlukan bantuan hardware tambahan.

Selesai di-scan, hasilnya bisa dibagikan ke Facebook. Selebihnya, kegunaannya masih perlu dipertanyakan, meski Bellus3D melihat potensi penerapannya di bidang AR, VR maupun ranah lain seperti ranah medis.

Bagi yang tertarik, FaceApp sekarang masih berstatus beta, dan Anda harus lebih dulu mendaftar di situsnya kalau mau mencoba. Perilisan publiknya bakal menyusul dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: The Verge dan Bellus3D.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV