10 April 2017

by Yoga Wisesa

Begini Caranya Microsoft Bisa Tahu Project Scorpio Sanggup Sajikan 4K Gaming Sejati

Dalam proses pengembangan Scorpio, peran tim pencipta game Forza Motorsport sangatlah krusial.

Ketimbang menyediakan hardware berspesifikasi tinggi, PlayStation 4 Pro memanfaatkan kombinasi teknik render dan fitur hardaware demi menyuguhkan game di resolusi UHD karena Sony tidak mau volume console jadi membengkak. Tentu saja arahan upscale itu belum memuaskan sebagian orang yang menginginkan 4K gaming sejati. Karena alasan inilah perhatian khalayak kini beralih ke Project Scorpio.

Mendekati pelepasannya yang dijadwalkan untuk dilakukan tahun ini, sang console maker akhirnya memajang Project Scorpio di Microsoft Store, dan membiarkan perwakilan Digital Foundry membeberkan sejumlah rincian mengenai spesifikasi sistem game baru tersebut. Di sana, Richard Leadbetter sempat menjelaskan kesanggupan Scorpio menjalankan demo Forza Motorsport di 4K. Dan mungkin Anda penasaran, bagaimana cara device itu melakukannya.

Leadbetter memberikan pemaparan di artikel Eurogamer terpisah. Senior director of console marketing Xbox Albert Penello memang belum mengonfirmasi metode Scorpio menangani game di 4K, namun dari gerak-geriknya, ia sangat percaya diri pada kapabilitas console. Informasi lebih lanjut datang dari anak perusahaan Microsoft, yaitu developer di belakang franchise Forza, Turn 10 Studios.

Untuk mendemonstrasikan kemampuan Scorpio, Turn 10 dan tim Xbox menggunakan ForzaTech. Software ini bukanlah Forza Motorsport 6 ataupun permainan Forza 7 yang belum diumumkan. Kedua tim juga diketahui mempunyai peran penting dalam pengembangan console, dan hasilnya mungkin tak hanya sesuai janji Microsoft, namun boleh jadi malah melampauinya.

Chris Tector selaku studio software architect Turn 10 menerangkan fungsi dari ForzaTech, yakni sebagai platform menguji fitur-fiftur semisal Direct3D 12 di PC hingga mencoba kemampuan Scorpio - terutama untuk menguji apakah hardware sanggup melakukan apa yang pengembang inginkan. Selain itu, ForzaTech juga merupakan wadah buat merealisasikan visi-visi Turn 10 dalam menggarap game Forza berikutnya.

Di sisi Microsoft sendiri, mereka telah menciptakan tool inovatif bernama PIX (atau Performance Investigator for Xbox). Tool ini bertugas merekam proses kerja dari GPU, dan dengan data yang telah diperoleh, Microsoft menggunakannya buat mendesain prosesor baru. PIX menyediakan data untuk dimasukkan ke emulator hardware, sehingga Microsoft bisa menakar kinerja Scorpio. PIX juga memberi keleluasaan pada developer buat men-tweak dan menyempurnakan engine permainan.

Penjabaran lengkap mengenai PIX dan ForzaTech, serta bagaimana elemen-elemen ini memengaruhi proses pengembangan Project Scorpio dapat Anda baca di Eurogamer. Console spesialis 4K gaming itu kabarnya akan meluncur di kuartal keempat tahun ini.