Dark
Light

Undangan Untuk Mencoba BBM Android Versi Beta Beredar di Kalangan Internal BlackBerry

1 min read
August 2, 2013

Beberapa bulan lalu tidak lama setelah peluncuran BlackBerry Z10, Research In Motion mengkonfirmasi akan segera meluncurkan aplikasi BlackBerry Messenger untuk Android. Satu hal yang kurang adalah tanggal rilisnya, kita bertanya-tanya kapan akhirnya RIM berkenan untuk meluncurkannya.

Berdasarkan berita terbaru yang saya dapat di TechRadar.com, versi beta aplikasi ini telah tersedia namun untuk kalangan internal di BlackBerry. Untuk mencobanya ada syarat: Anda harus mendapatkan undangan oleh individu-individu beruntung yang bekerja di Research In Motion.

“BlackBerry Messenger beta untuk Android adalah program yang sangat terbatas. Kini aplikasi ini masih bisa dibilang eksklusif untuk kawan-kawan dan keluarga para staf yang mendapat ‘undangan’”. Begitulah komentar perusahaan ini pada TechRadar.

Setengah dekade lalu, BlackBerry Messenger (BBM) dan fitur push-email adalah senjata utama RIM dalam memasarkan smartphone mereka. Beberapa tahun berlalu, fungsi bisnis BlackBerry beralih menjadi sebuah gaya hidup. Indonesia adalah bukti hidup bahwa Research In Motion pernah mencengkram erat khalayak pecinta gadget nusantara. Namun ketenaran mereka kian pudar karena mulai serbuan handheld Android dan aplikasi-aplikasi chat multiplatform seperti Whatsapp, LINE dan lain-lain.

Salah satu langkah menarik yang mereka lakukan untuk menghadapi gempuran layanan chat adalah mengakhiri keesklusifitasan BBM dan meluncurkan (dan mungkin fitur push-email canggih mereka) di platform lain. Namun tentu hal ini bukanlah berita buruk untuk pengguna BB sendiri, terutama para pemilik BlackBerry Z10, karena akhirnya mereka bisa berkomunikasi dengan bukan hanya sesama pengguna BlackBerry saja.

Sebelumnya Research In Motion menjanjikan akan segera merilis BBM Android di tengah tahun ini, tetapi kemudian memverifikasi klaimnya dan mengatakan, “Layanan ini memang akan dirilis di musim panas di negara kami. Namun pengguna di Amerika Serikat baru akan bisa menggunakannya paling lambat bulan September.”

Berdasarkan perkiraan saya, perilisan aplikasi ini di Amerika Utara mungkin juga menjadi peluncuran versi internasionalnya. Atau setidaknya begitulah harapan kita semua. TechRadar sendiri menebak bahwa RIM akan merilis versi AS-nya di Google Play pada masa titik uquinox musim gugur negara itu, kurang lebih tanggal 22 September.

Sumber: Techradar dan AndroidCentral

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

JFDI.Asia to Select 12 Teams From 300 Applicants to its Third Boot Camp Program

Next Story

Browsing Aman di Bulan Ramadhan dengan Halalgoogling

Latest from Blog

Don't Miss

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri