Dark
Light

Pengguna iOS dan Android Akan Bisa Gunakan BlackBerry Messenger

by
2 mins read
May 15, 2013

Salah satu berita yang cukup mengejutkan hadir dalam acara BlackBerry Live 2013. Acara ini bukan hanya menjadi ajang pengenalan perangkat BlackBerry Q5 tetapi yang lebih ‘heboh’ adalah diumumkannya BlackBerry Messenger (BBM) yang akan tersedia untuk pengguna iOS dan Android.

BlackBerry memutuskan akan menyediakan layanan pesan andalan mereka untuk multi platform, nantinya BBM tidak hanya eksklusif untuk pengguna perangkat BlackBerry tetapi juga akan bisa digunakan untuk pengguna iOS dan Android (iOS 6 ke atas dan Android 4.0 ICS ke atas).

Kapan aplikasi ini akan tersedia untuk dua platform ini? BlackBerry mengatakan bahwa musim panas tahun ini (waktu AS) pengguna iOS dan Android telah bisa mengunduh aplikasi ini (akan bergantung pula pada persetujuan toko aplikasi masing-masing).

BBM yang akan ada di iOS dan Android juga dikatakan akan memiliki pengalaman yang sama dengan BBM untuk perangkat BlackBerry, meski pada peluncuran awalnya baru menyediakan layanan pesan dan grup, nantinya akan pula ditambahkan fitur suara, berbagi layar, dan BBM Channel (yang baru diumumkan pada acara BlackBerry Live).

Banyak pihak mempertanyakan keputusan BlackBerry ini, beberapa komentar datang pula dari pengguna smartphone tanah air, salah satunya adalah pertanyaan tentang apakah dengan dirilisnya BBM untuk platform lain ini justru menghilangkan alasan konsumen untuk membeli perangkat BlackBerry?

BBM memang menjadi salah satu ‘senjata’ andalan BlackBerry, namun dengan kian pesat tumbuhnya aplikasi pesan lain, dengan berbagai inovasi yang dihadirkannya, bisa jadi BBM menjadi semakin ketinggalan. Keputusan ini bisa saja menjadi salah satu strategi BlackBerry untuk mengedepankan perangkat dan sistem operasi BlackBerry 10 dan menyampaikan pesan BB 10 bukanlah hanya tentang BBM tetapi juga berbagai fitur lain yang ada di perangkat dengan sistem operasi BB 10.

Menegaskan keputusan BlackBerry ini, Presiden dan CEO BlackBerry, Thorsten Heins, juga mengatakan bahwa BB 10 sangat kuat dan mereka percaya diri bahwa BBM bisa menjadi layanan pesan yang independen.

Beberapa layanan pesan yang ada di pasar telah mengarahkan layanannya menjadi platform, dimana pengguna tidak hanya bisa berkirim pesan tetapi juga bermain game dan melakukan pembelian item digital. Apakah BBM juga nantinya akan dibawa ke arah ini? Apakah akan adanya BBM sticker atau integrasi yang mendalam dengan aplikasi termasuk game (baik yang ada di BB 10 atau Android) dengan merilis fitur semacam game center? Masih belum bisa dipastikan.

Menarik juga untuk melihat apakah BlackBerry akan melakukan monetisasi untuk BBM, karena kini tidak lagi eksklusif di platform BlackBerry tentunya layanan BBM harus membentuk ‘ekosistemnya’ sendiri.

Saat ini ada 60 juta pengguna aktif perbulan di BBM dengan lebih dari 51 juta pengguna aktif perhari yang terhubung secara rata-rata satu dan setengah jam setiap hari. Pengguna BBM mengirimkan dan menerima lebih dari 10 miliar pesan tiap hari, dan hampir setengah dari pesan BBM dibaca dalam 20 detik setelah diterima.

Dalam acara yang sama BlackBerry juga mengumumkan BBM Channels (saat ini masih dalam tahap beta) yang nantinya direncanakan tersedia juga dalam aplikasi BBM untuk iOS dan Android. BBM Channels ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan brand, entitas bisnis, selebritis dan grup yang menarik bagi mereka. BBM Channels rencananya akan tersedia pada perkembangan BBM untuk iOS dan Android selanjutnya (diperkirakan tahun ini) bersamaan dengan fasilitas pesan suara dan video).

Tentunya kita harus menunggu seperti apa aplikasi BBM untuk iOS dan Android ini nantinya, seperti yang diumumkan bahwa detail aplikasi ini akan diumumkan berdekatan dengan peluncurannya. Jika persetujuan oleh Apple App Store dan Google Play diberikan, aplikasi BBM ini akan tersedia secara gratis di toko aplikasi masing-masing.

Fitur BBM untuk iOS dan Android pada tahap awal nantinya adalah seperti berikut:

  • The immediacy of BBM chats
  • Multi-person chats
  • Voice note sharing
  • BlackBerry Groups, where BBM users are able to set up groups of up to 30 people and share calendar, photos, files and more

Sumber: BlogBlackBerry, TheNextWeb dan TheVerge

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Perangkat BlackBerry 10 ‘Warna-Warni’ Hadir Juli di Indonesia (Updated)

Next Story

BlackBerry Messenger Bakal Hadir untuk iOS dan Android, Apa Untungnya untuk BlackBerry?

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi