Dark
Light

Baru di Google Docs: Fitur Terjemahan

1 min read
July 28, 2010

Setelah beberapa penambahan fitur seperti, konversi teks dari file PDF dan Gambar di Google Docs, lalu kemudahan berbagai dokumen, kemudahan untuk melihat file .doc dan berbagai fitur lain, kini Google Docs menambahkan fitur baru lagi yang berhubungan dengan terjemahan dan smartquotes.

Dari blog mereka, Google mengatakan bahwa kini penguna bisa menerjemahkan dokumen yang sedang Anda kerjakan ke dalam lembar kerja baru di Google Docs. Jadi kini ketika Anda sedang membuat naskah atau tulisan di Google Docs dan ingin menerjemahkan naskah itu ke berbagai bahasa, ada 53 pilihan bahasa, Anda cukup menuju ke menu ‘Tools’ lalu pilih ‘Translate document’, setelah Anda melakukan pilihan bahasa, nantinya Google Docs akan membuka lembar kerja baru yang menampilkan hasil terjemahan dari naskah yang sedang Anda buat.

Selain itu Google juga menambahkan sebuah fitur yang berhubungan dengan smartquotes. Saat ini, ketika Anda mengetikkan karakter tanda kutip (dalam bentuk regular quote), maka Google Docs secara otomatis akan merubahnya menjadi tanda kutip dalam bentuk koma (‘), yang dinamakan fitur smartquotes. Untuk contoh bentuk tanda kutip ini bisa dilihat di blog Google Docs.

Kini, jika Anda tidak menginginkan hasil tanda kutip dari fitur smartquotes ini, Anda bisa merubahnya menjadi regular quote dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl Z (Cmd Z di Mac), Google juga nantinya akan menambahkan fitur yang akan memungkinkan pengguna untuk secara permanen menonaktifkan smartquotes.

Saya mencoba kedua fitur ini, dan untuk fitur terjemahan di Google Docs, berjalan dengan baik, meskipun hasil terjemahan Google memang tidak memberikan hasil terjemahan yang maksimal, tapi fitur ini cukup menarik, dan cukup membantu di tahap awal terjemahan, terutama untuk mengerti berbagai bahasa yang tidak populer.

Namun proses membuka lembar kerja baru berarti pengguna harus menambah tab, mungkin jika Google bisa menambahkan fitur preview dari hasil terjemahan sebelum membuka lembar kerja baru akan lebih menarik.

Dengan berbagai produk yang tersebar, sebagian sudah saling terintegrasi, sepertinya kita tinggal menunggu waktu saja untuk semua produk Google ini benar-benar saling terintegrasi secara penuh. Anda pengguna Google Docs? Bagaimana pendapat Anda tentang fitur baru ini?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Seesmic Web Menambah Fitur Baru Termasuk Terjemahan Bahasa Indonesia

Next Story

Cari Tempat Kos di Bandung, Cek Kost-e.com

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan