Dark
Light

Barteria Membawa Konsep Barter ke Sektor Marketplace

1 min read
June 5, 2015

Barteria suguhkan marketplace untuk barter / Shutterstock

Tukar menukar barang atau barter dulu pernah menjadi salah satu sarana transaksi yang populer di masyarakat. Perlahan tapi pasti kegiatan barter mulai ditinggalkan sejak masyarakat mengenal uang sebagai alat pembayaran. Barteria memiliki pandangan lain terhadap kegiatan barter ini. Barteria mencoba menyuguhkan layanan semacam marketplace yang diperuntukkan untuk kegiatan barter dan mulai mengenalkan istilah BOD (Barter On Delivery) sebagai salah satu mekanisme transaksinya.

Terlihat sedikit mengherankan memang ketika sudah ada alternatif kemudahan transaksi keuangan dengan sistem payment gateway yang canggih Barteria malah maju dengan konsep barter yang terkesan agak primitif.

Kepada tim Dailysocial pihak Barteria mengungkapkan alasan mengapa mereka berani maju dengan mengedepankan konsep barter dengan balutan teknologi. Menurut mereka barter dapat menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan perputaran beli-jual-beli baru yang selama ini kerap terjadi di masyarakat.

Pihaknya mencoba menyasar komunitas-komunitas yang fokus pada hobi dan koleksi. Dalam Komunitas seperti ini, klaim Barteria, barang hanya berputar dari pemilik ke pemilik lainnya. Untuk itulah Barteria optimis layanannya ini mampu menjadi salah satu alternatif yang menarik di industri e-commerce.

Barter dan nilai tukar

Berbicara barter tentu tak bisa lepas dari penentuan nilai tukar yang terdapat pada barang. Kedua belah pihak harus sepakat bahwa barang yang ditukar harus memiliki nilai yang sesuai dan pantas. Mengantisipasi hal ini tim Barteria mengungkapkan pihaknya telah menyediakan kolom khusus yang berisikan taksiran nilai tukar nominal suatu barang, sehingga pengguna dapat menyesuaikan kisaran harga barang yang ingin ditukar.

Untuk kenyamanan penggunanya, Barteria menyarankan mereka menggunakan konsep barter on delivery (BOD), sebuah istilah hasil modifikasi cash on delivery yang menggambarkan saat pembeli dan penjual sepakat untuk ketemuan dan membayar di tempat. Hal ini di sarankan Barteria untuk memastikan barang yang dipajang dan barang yang ditukar memiliki taksiran nilai yang sesuai dan pantas.

Untuk menambah rasa aman bagi penggunanya Barteria juga mengabarkan sedang menyiapkan konsep sistem deposit. Sebuah sistem yang dirancang untuk memberikan jaminan bagi mereka yang ingin melakukan transaksi barter jarak jauh.

Di tengah semakin maraknya persaingan di sektor marketplace konsep yang ditawarkan Barteria terbilang cukup unik dan berani. Barteria hadir dengan di bawah bendera alternatif dan membawa konsep barter yang kurang populer di masyarakat. Itu artinya tim Barteria harus siap berjuang ekstra keras untuk merancang strategi dengan menyediakan fitur-fitur yang menarik untuk mendapatkan perhatian dari pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Rakuten Belanja Online Bermitra dengan Indomaret untuk Kemudahan Pembayaran

Next Story

Telkomsel dan Pemkab Banyuwangi Rilis Aplikasi ‘Banyuwangi in Your Hand’

Latest from Blog

Don't Miss

Blibli rayakan ulang tahun ke-12

Ulang Tahun ke-12, Blibli Hadirkan Program “Blibli Annive12sary”

Dengan persaingan yang semakin ketat, eksistensi sebuah e-commerce di Indonesia
TikTok Shop

TikTok Shop Tingkatkan Fitur dan Fasilitas Menjelang Tahun Ketiganya di Indonesia

TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi saat