Dark
Light

Banyak Peningkatan, Prosesor Exynos Terbaru dari Samsung Akan Hadir di Smartphone Terbaru 

1 min read
December 14, 2023

Perkembangan smartphone terus menghadirkan peningkatan pada performa perangkat. Salah satu bagian terpenting yang ada di smartphone adalah prosesor, sebagai ‘otak’ dari komputasi yang menjadi dapur dari performa perangkat. 

Prosesor yang handal, dikombinasikan dengan elemen spesifikasi lain akan menjadikan perangkat bisa digunakan dalam banyak skenario, mulai dari produktivitas, gaming dan juga fotografi. 

Samsung juga punya perhatian akan hal ini, pabrikan ternama ini juga mengembangkan prosesor mereka sendiri yang diberi nama Exynos. Beragam produk premium dan flagship ditenagai dengan prosesor ini dan menjadi salah satu dari banyak perangkat terbaik dikelasnya. 

Perkembangang Exynos ini kini memasuki babak penting karena sudah diperkenalkan secara bertahap dari sisi kemampuannya. Exynos 2400 Mobile Processor yang merupakan generasi terbaru flagship mobile processor Samsung tengah diuji untuk segera hadir menjadi tenaga utama smartphone Samsung. 

Kemampuan ray tracing yang meningkat

Beberapa keunggulan utama dari prosesor Exynos 2400 dengan Xclipse 940 GPU berdasarkan AMD RDNA™ 3 architecture terbaru ini antara lain adalah berhubungan dengan kemampuan ray tracing, peningkatan performa dan yang berhubungan dengan AI.

Exynos 2400 dari kemampuan ray tracing disebutkan Samsung dalam sebuah demo, prosesor ini mampu menghadirkan peningkatan ray tracing yang mumpuni, untuk bermain game jadi semakin real dan semakin imersif. Beberapa efek optikal yang hadir bisa diproses untuk dihantarkan pada konten yang maksimal seperti global illumination, reflection dan shadow rendering. 

Peningkatan performa 

Sedangkan dari sisi peningkatan performa, Exynos 2400 processor membawa peningkatan 1.7x di CPU performance serta peningkatan cukup signifikan 14.7x boost di AI performance jika dibandingkan dengan  Exynos 2200. 

Dukungan akan tool AI yang semakin baik 

Yang ketiga berhubungan dengan AI. Samsung memperkenalkan tool AI terbaru yang akan hadir di perangkat smartphone yang akan datang. Menggunakan prosesor Exynos 2400 yang mampu melakukan proses text-to-image AI generation dengan hasil yang baik. 

  • Meski tidak berhubungan langsung tetapi prosesor tetap punya peranan penting yaitu hadirnya teknologi baru Samsung Zoom Anyplace yang berbasis 200-juta pixel image sensor. Dengan sensor ini, pengguna akan bisa menghasilkan foto terbaik dalam mode zoom termasuk 4x zoom pada objek bergerak. 

Peningkatan teknologi yang ada di prosesor buatan Samsung yaitu Exynos 2400 ini menjadi menarik dan membuat exited untuk menunggu smartphone terbaru apa yang akan menggunakan prosesor ini. Dengan peningkatan kemampuannya, tentu saja perangkat yang akan dirilis nanti akan bisa menjadi pilihan smartphone untuk diincar.

Samsung-Galaxy-Tab-A9-dan-A9+-5G-Kids-Edition.-2
Previous Story

Samsung Hadirkan Tablet Aman untuk Anak, Galaxy Tab A9 Series Kids Edition

Merasakan-Seharian-Penuh-dengan-Samsung-Galaxy-A34-5G
Next Story

Samsung Bakal Hadirkan Galaxy AI: Gabungan AI On Device dan Cloud

Latest from Blog

Don't Miss

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang

Samsung Bagikan Life Hack Agar Gen Z Makin Produktif dengan Galaxy Tab S9 FE 

Sejak diperkenalkan pada kuartal keempat tahun 2023 silam, Galaxy Tab