Dark
Light

Bantu Pendidikan Indonesia Dengan Menjadi Donatur Lewat Give2Education

2 mins read
March 21, 2014

Semua pasti sepakat bahwa pendidikan itu penting bagi siapa saja. Bagi yang mampu, menempuh pendidikan terasa mudah dicapai, namun bagi yang kurang atau tidak mampu sama sekali, tentu sangat patut dibantu. Membantu sesama perihal pendidikan, itulah konsep serta misi yang diusung oleh situs baru bernama Give2Education – sebuah platform online yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif menjadi donatur pendidikan.

Digagas oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF), Give2Education diluncurkan secara resmi pada Kamis (20/3) kemarin. “Hingga akhir tahun 2013, terdapat lebih dari 100 juta orang di Indonesia yang menggunakan internet secara aktif. Melihat hal ini, PSF berupaya memberikan wadah bagi masyarakat untuk berbagi semangat kebaikan dengan cara yang cepat, aman, dan mudah diakses melalui portal donasi Give2Education,”  ujar Nenny Soemawinata, Managing Director PSF di sela-sela acara peluncuran di bilangan Senayan, Jakarta Selatan.

Give2Education memang bisa disebut sebagai portal sumbangan yang memiliki fokus pada bidang pendidikan. Secara singkat, calon donatur bisa memilih empat kategori sumbangan yang disediakan oleh Give2Education. Ke-empat kategori itu ialah; Help to Improve Student Life, Help Create Study Environment, Help Build Student Facilities, dan terakhir Help Provide Informal Education.

Kategori Help to Improve Student Life berupa sumbangan untuk biaya sekolah, asrama, seragam, dan buku. Untuk Help Create Study Environment penyumbang memberikan fasilitas-fasilitas asrama dan fasilitas kesehatan siswa. Lalu, untuk kategori Help Build Student Facilities penyumbang bisa membantu menyediakan perlengkapan perpustakaan serta laboratorium sains. Sebagai pelengkap, jika ingin membantu perlengkapan ekstrakurikuler seni, alat musik dan olahraga, calon penyumbang bisa masuk ke dalam kategori Help Provide Informal Education.

Namun jangan salah kira, sumbangan yang diberikan seluruhnya dalam bentuk uang. Maka dari itu, di setiap kategori tadi akan disertai pula biaya atau harga untuk membeli fasilitas maupun keperluan yang dibutuhkan tersebut. Misalnya, untuk keperluan seragam, nantinya akan ditampilkan sejumlah harga seperti harga kemeja seragam, sepatu, topi, dan lain sebagainya.

Donasi dilakukan sepenuhnya lewat sistem online. Dalam hal ini Give2Education memanfaatkan metode melalui berbagai jalur pembayaran seperti Kartu Kredit, BCA KlikPay, dan juga PayPal. Sebagai portal donasi, Give2Education menjanjikan sikap yang transparan perihal aliran dana yang masuk. Ketika ditemui DailySocial, Nenny mengungkapkan Give2Education secara insiatif akan terus memberikan laporan baik secara publik maupun personal dari setiap penyaluran donasi pendidikan.

Give2Education melengkapi satu lagi situs crowdfunding yang berada di Indonesia. Konsep yang diusungnya akan sejalan dengan startup yang juga bergerak di bidang yang kurang lebih sama yakni AyoPeduli. Bedanya, AyoPeduli memiliki fokus bakti sosial yang lebih lebar dibandingkan dengan Give2Education. Namun, Give2Education sendiri dinaungi oleh sebuah yayasan besar yang telah memiliki nama yang besar pula, sehingga tingkat jaminan pengelolaan dana publik seharusnya jauh lebih terjamin.

[ilustrasi foto: Flickr | US Pacific Command]

Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs.
Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%;
Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly;
Huge resources: Quickly access the content, news and images you’re interested in;
Free: 100% free to download and use.
Download Baidu Browser  http://goo.gl/WKlc5i

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

SparxUp DevClass 2014 Hadirkan Diskusi Produk, UX, UI, dan Pemasaran Online

Next Story

Seagate Luncurkan Hard Drive Eksternal Generasi Kedua Super Tipis ‘Seagate Backup Plus Slim’

Latest from Blog