Dark
Light

Bagaimana Nasib SMS Empat Tahun Mendatang?

1 min read
December 11, 2012

Beberapa waktu yang lalu kita merayakan ulang tahun SMS (Short Messaging Service) yang ke-20. Meskipun penggunaan SMS memang sudah melambat dan mulai digantikan oleh pengiriman pesan melalui data seperti yang dilakukan oleh aplikasi seperti BlackBerry Messenger, WhatsApp dan sebagainya, ternyata SMS masih menjadi primadona bagi media pengiriman pesan. Setidaknya itu yang diestimasikan oleh Portio Research.

Dalam perhitungannya, Portio Research menampilkan bahwa meskipun melambat jumlah pengiriman SMS masih akan bertambah setiap tahunnya. Hal itu akan berlangsung hingga tahun 2015. Di tahun 2016, atau empat tahun dari sekarang, jumlah pengiriman SMS akan mulai menurun. Tahun ini Portio Research menghitung bahwa total SMS yang dikirimkan di seluruh dunia mencapai angka 8,6 triliun, sementara tahun 2016 diperkirakan jumlahnya mencapai 9.5 triliun.

Di Indonesia sendiri, SMS tetap menjadi media pengiriman pesan yang populer dengan harga yang relatif semakin terjangkau, dengan harga di kisaran Rp 125-150 per SMS. Dengan masih mendominasinya feature phones ketimbang smartphone, SMS masih belum akan pudar dalam waktu cepat.

Berikut adalah cuplikan perhitungan jumlah SMS yang dikirimkan per tahun hingga tahun 2016:

Previous Story

Ini Dia Daftar Game Sosial Facebook yang Paling Populer di Tahun 2012

Next Story

Filter Foto Twitter Telah Hadir Untuk Pengguna iOS dan Android

Latest from Blog

Don't Miss

Updated: AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Update: Ada perubahan data dari hasil survei sesuai rilis yang

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri