Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Build Ayaka Genshin Impact Terbaik Serta Senjata, Komposisi Tim, dan Tips untuk Patch 2.0

28 July 2021Daniel Hamiaz

Ayaka merupakan salah satu karakter yang paling ditunggu kehadirannya semenjak tahap Beta Testing.

Kamisato Ayaka atau yang lebih dikenal dengan Ayaka merupakan karakter terbaru Genshin Impact pada patch 2.0. Ayaka merupakan salah satu karakter yang memang ditunggu-tunggu oleh pemain, bahkan sejak Genshin Impact belum rilis resmi.

Bagi Anda yang punya Ayaka atau tertarik untuk mendapatkan Ayaka, Anda bisa simak penjelasan mengenai Ayaka versi Hybrid berikut ini :

sumber: Genshin Impact

Overview

Ayaka didesain sebagai main DPS Cryo dengan senjata Sword. Walaupun senjatanya Sword,gameplay Ayaka terasa seperti karakter Catalyst. Hal ini disebabkan karena Ayaka dapat memberikan damage Cryo terus menerus dan range serangannya yang cukup jauh dibandingkan karakter Sword pada umumnya.

Sebagai main DPS Cryo, sumber damage terbesar Ayaka terletak di Elemental Burstnya. Normal Attack, Charged Attack, dan Elemental Skill-nya memiliki damage yang relatif kecil bila dibandingkan dengan Elemental Burst-nya. Berikut ini adalah kelebihan & kekurangan Ayaka :

Kelebihan :

  • Gameplay Ayaka cukup mudah untuk dieksekusi.
  • Damage Elemental Burst yang sangat tinggi.
  • Alternate Sprint yang memudahkan eksplorasi.
  • Crit damage sebagai Ascension Stat.

Kekurangan :

  • Kebutuhan energi Ayaka cukup besar.
  • AoE (Area of Effect) Elemental Burst yang relatif kecil.
  • Alternate Sprint bisa menggangu posisi saat pertarungan.
sumber: Genshin Impact

Artefak

Artefak terbaik: 4 set Blizzard Strayer

Karena Ayaka adalah karakter Cryo, ia memiliki akses untuk Cryo Resonance yang memberikan crit rate. Artefak terbaik Ayaka adalah 4 set Blizzard Strayer. Artefak tersebut memberikan crit rate tambahan. Dengan demikian, maka Anda dapat memfokuskan untuk memperbesar crit damage Ayaka.

Apabila Anda tidak punya 4 set Blizzard Strayer yang bagus, maka artefak alternatif Ayaka adalah kombinasi antara:

  • 2 set Gladiator’s Finale
  • 2 set Shimenawa Reminiscence
  • 2 set Blizzard Strayer

Main stat yang harus dicari :

  • Sands: atk%
  • Goblet: cryo damage bonus
  • Circlet: crit rate / crit damage

Untuk sub stat, yang diprioritaskan adalah :

  1. Crit rate / crit damage
  2. Atk%
  3. Energy Recharge
  4. Elemental mastery
sumber: Genshin Impact

Senjata

Bagian senjata akan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Senjata terbaik: Mistsplitter Reforged

Senjata F2P terbaik: Blackcliff Longsword

Kedua senjata tersebut memiliki kesamaan, yaitu sub stat crit damage. Untuk senjata terbaik Ayaka dipegang oleh Mistsplitter Reforged. Selain memberikan baseattack besar dan crit damage, senjata tersebut juga memberikan elemental damage bonus yang mendongkrak damage keseluruhan Ayaka.

Untuk kategori senjata F2P terbaik, Blackcliff Longsword merupakan senjata terbaik untuk Ayaka. Namun kekurangan senjata tersebut adalah efek pasif yang sangat tergantung situasi dan hanya bisa didapatkan melalui penukaran Starglitter di toko Paimon.

Senjata Alternatif:

  • Primordial Jade Cutter
  • Freedom-Sworn
  • Summit Shaper
  • Aquila Favonia
  • The Black Sword

Senjata F2P Alternatif:

  • Amenoma Kageuchi
  • The Flute

Komposisi Tim

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu kelemahan Ayaka adalah cakupan area Elemental Burst yang relatif kecil. Sedangkan sebagian besar damage Ayaka terletak di Elemental Burst.

Ayaka sangat kuat apabila melawan musuh statis yang tidak melakukan banyak pergerakan, seperti Primo Geovishap, Pyro dan Cryo Regisvine. Namun akan sangat sulit untuk mengenai Elemental Burst ke arah musuh yang melakukan banyak pergerakan seperti Geovishap Hatchling dan Geovishap.

Maka dari itu, Ayaka sangat direkomendasikan bermain dalam freeze team. Komposisi tim ini menyelesaikan permasalahan AoE Burst Ayaka yang kecil dengan membekukan musuh.

Sumber: honeyhunterworld.com

Salah satu contoh komposisi tim : Ayaka, Mona, Kazuha/Venti, Diona

Idealnya freeze team terdiri dari Ayaka, satu karakter Cryo lain, satu karakter Hydro dan satu karakter fleksibel.

Satu karakter Cryo lain berfungsi sebagai baterai energi untuk Ayaka, Karakter yang direkomendasikan adalah Diona. Selain memberikan banyak partikel energi, Diona juga memberikan shield dan heal untuk tim.

Alternatif karakter Cryo lain adalah Rosaria dan Kaeya. Untuk Chongyun, tidak terlalu direkomendasikan sebagai baterai, karena cooldown Elemental Skillnya yang cukup panjang.

Karakter Hydro yang direkomendasikan adalah Mona. Selain untuk membekukan musuh, Mona dapat meng-amplifydamage yang dihasilkan oleh Burst Ayaka.

Alternatif karakter Hydro yang lain adalah Xingqiu. Untuk Barbara, karakter ini tidak terlalu direkomendasikan. Karena untuk membekukan musuh, Ayaka harus benar-benar dekat dengan musuh yang akan dibekukan.

Karakter terakhir bisa diisi oleh karakter support atau karakter Anemo. Karakter Anemo berfungsi untuk menurunkan resistance musuh (dengan bantuan artefak Viridiscent Venerer). Karakter Anemo yang direkomendasikan adalah Kazuha dan Venti. Keduanya sama-sama memiliki crowd control yang kuat.

Kapankah memakai Kazuha atau Venti? Anda bisa memakai Kazuha apabila Anda membutuhkan bonus damage dan Anda bisa memakai Venti apabila Anda membutuhkan lebih banyak Energi untuk satu tim.

Alternatif karakter Anemo yang lain adalah Sucrose. Selain Karakter di atas, Anda juga bisa memakai Bennet sebagai support.

Alternatif komposisi tim : Ayaka, Xingqiu, Sucrose, Rosaria

Catatan: Melt team untuk Ayaka tidak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan adanya internal cooldown (ICD) yang ada pada reaksi melt. Dan juga jika tidak memakai freeze team, maka besar peluang musuh untuk keluar dari AoE Burst Ayaka.

sumber: Genshin Impact

Tips & Tricks

Berikut ini adalah beberapa tips saat bermain Ayaka :

  • Charged Attack Ayaka cukup unik jika dibandingkan dengan karakter Sword lainnya. karena bersifat auto target. Charged Attack-nya bahkan dapat mengenai Burst dari Venti, padahal hal tersebut sulit dilakukan oleh karakter sword lainnya.
  • Ayaka bisa dimainkan sebagai sub DPS untuk freeze team Ganyu. Ia dapat berperan sebagai baterai energi untuk tim tersebut.
  • Elemental Skill Ayaka akan mementalkan musuh berukuran kecil. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai mini Crowd Control.
  • Sebelum mengeluarkan Elemental Burst, terlebih dahulu gunakan sprint untuk mengenai musuh, untuk mengaktifkan talenta pasif yang akan menambah Cryo Damage Bonus sebesar 18%.
  • Untuk Energy Recharge, 120% sudah terbilang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan energi Ayaka.
sumber: Genshin Impact

Penutup

Ayaka bisa dibilang salah satu DPS dengan gameplay unik dan damage besar. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan alternate sprint Ayaka, mungkin membutuhkan waktu untuk dapat menguasai permainannya. Apabila dibandingkan dengan sesama DPS Cryo bintang 5 lain, yaitu Ganyu dan Eula, Ayaka jelas terasa sangat unik. Sedangkan dari segi Damage yang dihasilkan, Ayaka masih dapat mengimbangi mereka berdua.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV