4 January 2016

by Glenn Kaonang

Axis Vidius Ialah Drone Termungil yang Dilengkapi Kamera

Juga dilengkapi kemampuan livestream via Wi-Fi

Tahukah Anda kalau drone terkecil di dunia hanya sebesar uang logam? Tim pengembangnya, Axis Drones, ternyata masih belum puas dengan pencapaian yang sudah tergolong gila tersebut. Lalu bagaimana caranya mereka bisa menciutkan ukuran drone lebih lagi?

Well, kali ini bukan itu tujuannya. Mereka tak lagi mengincar rekor drone termungil, akan tetapi pindah haluan ke gelar lain yang justru lebih bergengsi: drone terkecil yang dilengkapi kamera. Yup, inilah Axis Vidius. Ukurannya sedikit lebih besar ketimbang Aerius, akan tetapi ia rupanya membopong sebuah kamera.

Namun mengingat dimensinya begitu kecil di angka 4,3 x 4,3 x 2,5 cm, kemampuan merekamnya pun cukup terbatas. Vidius hanya bisa merekam video sekaligus mengambil gambar dalam resolusi 420p. Dan lagi baterainya juga cuma bisa bertahan sekitar 5 - 7 menit setelah di-charge selama 20 menit.

Di balik keterbatasannya tersebut, Vidius masih bisa memberikan sejumlah kejutan. Di antaranya adalah kemampuan livestreamingvia Wi-Fi, lalu pengguna juga dapat mengendalikannya dengan smartphone atau tablet kalau mau, dimana pengguna akan mendapatkan tampilan kamera dari sudut pandang orang pertama.

Lalu apa sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan dari Axis Vidius? Kalau Anda tinggal di AS atau negara yang memiliki perundangan serupa, Anda tak perlu mendaftarkan drone ini ke FAA (Federal Aviation Administration) berkat bobotnya yang tidak sampai 250 gram.

Pre-order untuk Axis Vidius saat ini sudah dibuka; pengguna bisa memesannya seharga $75, sedangkan harga retail-nya nanti akan naik menjadi $95. Paket penjualannya mencakup controller, charger serta baling-baling cadangan.

Sumber: Engadget.